Rumah Rusak dan Dua Warga Luka Tertimpa Longsor di Ciamis

Tertimpa longsor di Ciamis
Rumah rusak tertimpa longsor di Kecamatan Rancah, Ciamis, Jawa Barat. Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menimbulkan bencana longsor. Akibatnya, dua rumah warga rusak dan dua warga terluka setelah tertimpa material longsor di Kecamatan Rancah dan Cikoneng, Ciamis.

Di Kecamatan Rancah, longsor terjadi pada Kamis (25/3/2021 sore. Tebing tembok longsor terjadi karena tidak kuat menahan guyuran air hujan, sehingga tanah menjadi labil. Peristiwa ini menimbulkan kerusakan 1 kamar tidur dan kamar mandi hingga jebol.

“Bencana longsor mengakibatkan 2 ruangan rumah warga jebol. Bahkan ada dua warga yang luka ringan karena tertimpa material longsor,” ujar Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada wartawan, Jumat (26/3/2021).

Sedangkan untuk Kecamatan Cikoneng, longsor terjadi di Dusun Sigung, Desa Nasol. Tebing dengan panjang 7 meter dan tinggi 3 meter ambruk sehingga mengancam rumah berada pada tepi tebing. Longsor tersebut mengancam dua rumah. Sehingga membuat pemerintah desa setempat meminta penghuni mengungsi sementara.

“Potensi longsor masih ada, jadi kami meminta penghuninya mengungsi ke rumah kerabatnya. Curah hujan masih cukup tinggi hampir setiap sore turun. Warga sudah melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsor,” jelasnya.

Tagana Ciamis mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Terutama bagi rumahnya yang dekat dengan tebing dan perbukitan, karena ada potensi tertimpa atau terbawa longsor, terutama wilayah Ciamis Utara.  

“Apabila kondisinya cukup mengancam alangkah baiknya langsung mengungsi ke kerabat terdekat. Paling penting adalah meminimalisir korban,” katanya.  (R9/HR-Online)

Editor: Dadang