Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisTinjau Lokasi Bencana, Camat Cipaku Ciamis: Waspada Longsor Susulan

Tinjau Lokasi Bencana, Camat Cipaku Ciamis: Waspada Longsor Susulan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Camat Kecamatan Cipaku, Yayan MS, meninjau lokasi bencana ambruknya benteng pagar SDN 2 Mekarsari Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jumat (26/3/2021).

Yayan mengatakan, setelah mendapat laporan dari Pemerintah Desa Mekarsari, pihaknya beserta unsur lainnya meninjau langsung ke lokasi kejadian. 

“Berdasarkan laporan kronologi kejadian pada Kamis (25/03/2021) sore, Dusun Cigaru 1 RT 04, RW 11, Desa Mekarsari diguyur hujan yang sangat lebat dan disertai angin kencang,” katanya.

Baca Juga: Benteng SDN 2 Mekarsari Ciamis Ambruk, Timpa Rumah di Bawahnya

Akibat hujan angin tersebut, benteng pagar sekolah ambruk, serta satu unit rumah warga yang berada di bawahnya ikut rusak karena tertimbun material tanah longsor. 

“Selain itu, material tanah longsor tersebut juga menutupi saluran air. Sehingga bila tidak secepatnya ditangani berpotensi longsor susulan dan air bah,” lanjutnya. 

Atas kejadian tersebut, Pemerintah Kecamatan telah menyampaikan surat yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis. Surat tersebut agar bencana tersebut segera ditangani oleh Pemerintah Kabupaten. 

Selain itu, Yayan menginstruksikan kepada masyarakat agar mempercepat proses evakuasi material tanah longsor yang menutupi saluran air.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap bencana susulan, mengingat cuaca tidak menentu. Karena pada setiap musim penghujan yang dibarengi angin kencang sering terjadi bencana longsor dan pohon tumbang,” katanya. 

Yayan menambahkan, warga masyarakat harus senantiasa siaga supaya apabila terjadi bencana dapat segera mengambil tindakan yang tepat untuk menyelamatkan diri.

“Musibah yang dialami pihak sekolah maupun masyarakat, juga musibah bagi kami dan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu 

- Advertisment -