Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition Bakal Rilis 90 Unit, Ini Infonya

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition
Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition. Foto; Ist/Net

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition merupakan mobil sport versi khusus yang bakal rilis dalam waktu dekat bergaya bespoke dan menantang. 

Kali ini, mobil tersebut hanya akan diproduksi dalam jumlah 90 unit saja untuk konsumen terpilih di dunia. Penamaan Jarama mengambil dari sirkuit legendaris yang ada di Kota Madrid. Hal ini sebagai suatu penghormatan untuk sirkuit tersebut karena saat ini sudah tidak lagi digunakan untuk test drive. 

Pada tahun 2018 lalu, sirkuit tersebut digunakan untuk memacu GR Supra dan menjadi tempat pertama yang mengetahui tangguhnya performa kendaraan. Nah, itulah alasan mengapa Toyota menyematkan nama sirkuit tersebut ke mobil keluarannya. 

Mobil Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition Tampil Tangguh 

Generasi Toyota terbaru ini memang menjadi pusat perhatian publik. Lagi-lagi Toyota mendobrak pangsa pasar dengan menghadirkan Jarama. Meski faktanya mobil ini tidak benar-benar murni, memakai mesin dari BMW, serta memiliki basis yang mirip BMW Z4. 

Baca Juga : Toyota X Prologue Hadir Pekan Depan Lebih Menggoda, Ini Dia Infonya

Sebenarnya tidak ada tambahan berarti dari mobil Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition ini. Begitu juga aerokit serta part lainnya, lebih kepada Supra sebelumnya. Namun adanya perbedaan di eksterior yang lebih menawan. 

Mobil memiliki eksterior yang bersisi unik berwarna biru dengan garis melekuk halus. Bahkan bersanding dengan pelek yang mengkilap berukuran 19 inci warna hitam pekat. 

Pada sisi interior Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition memiliki jok Alcantara berwarna hitam dengan jahitan biru. Begitu juga pada setir jok dan konsol bagian tengah.

Semua telah terancang khusus sehingga lebih serasi dan elegan. Hal berbeda dari mobil ini, ada trim dasbor serat karbon dengan nomor produksi. Bahkan lengkap dengan siluet elektrik. 

Fitur

Fitur tambahan yang terdapat pada GR Supra Jarama memakai navigasi satelit dengan desain tampilan 3D. Kenyamanan pengendara semakin mengudara dengan 10 speaker audio terbaru.

Baca Juga : Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tercatat NJKB RI Berbekal Dua Mesin

Tersemat pula smartphone mirroring seperti Android Auto. Lengkap dengan paket Supra Safety untuk keselamatan pengemudi. Fungsi multimedia dengan touch screen TFT 8,8 inci.

Adaptive cruise control dengan fungsi stop and go. Sistem lampu depan yang adaptif, Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition menyesuaikan penerangan lampu depan sesuai sudut setir mobil. 

Performa Mesin

GR Supra Jarama memiliki performa terbaik menggunakan mesin BMW 6 silinder 3,0 liter yang berpadu transmisi otomatis dengan 8 percepatan.

Dengan penyematan mesin tersebut, tentu saja dapat menghasilkan tenaga sampai 335 hp dan torsi 500 Nm dari 1600rpm sampai 4500rpm. 

Kelebihan dari tenaga mesin miliknya, pengendara dapat melaju dari 0 km hingga 100 km/jam hanya dalam hitungan 4,3 detik saja. 

Pada Chassis Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition lebih berfokus pada kinerja track rasio emas dengan wheelbase yang lebih tangkas serta pengontrolan yang optimal. 

Namun hingga saat ini mengenai spesifikasi mobil tersebut masih belum jelas. Namun dalam waktu dekat akan segera diumumkan ke publik. Sedangkan pada sisi suspensi, peningkatan kualitas lebih optimal sehingga menunjukkan mobil sport sesungguhnya.

Diferensial aktif dan kemudi yang telah tersetel untuk melaju cepat serta bekalan rem sport pakem dengan kaliper depan aluminium dengan 4 pot. Pada sisi cakram memiliki ventilasi 348mm. 

Harga 

Menurut informasi, harga mobil tersebut akan berada pada harga termahal dari versi Special Edition. Bahkan harga banderolnya akan lebih dari 53.000 poundsterling. 

Baca Juga : Toyota C+pod EV, Mobil Listrik Mini Bertenaga dengan Desain Unik

Meski sebelumnya Toyota pernah merilis Supra Fuji Speedway, namun kenyataannya tidak dalam jumlah eksklusif. Versi baru Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition akan meluncur mulai bulan Maret ini di Eropa. 

Bakal ada edisi khusus penawaran di Eropa dengan kemungkinan l6 3.0 liter dengan hasil tenaga 335 hp atau 250 kilowatt daripada 382 hp atau 285 kW yang kabarnya ada di Amerika Serikat. Seperti Supras, tenaga bergerak ke bagian belakang secara otomatis dengan 8 percepatan. 

Sebegitu istimewanya Toyota GR Supra Jarama, banyak yang menantikan kehadiran mobil ini. Meski harganya cukup fantastis, namun hal tersebut sebanding dengan spesifikasi yang tersemat pada Jarama ini. 

Kita tunggu saja informasi selanjutnya mengenai informasi Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition terlengkapnya. Anda dapat mengetahuinya melalui situs resmi Toyota. Dengan tenaga yang handal, tentu saja varian kendaraan yang satu ini begitu mencuri perhatian. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto