Toyota X Prologue Hadir Pekan Depan Lebih Menggoda, Ini Dia Infonya

Toyota X Prologue
Toyota X Prologue. Foto: autoexpress

Toyota X Prologue besutan perusahaan Jepang kabarnya akan meluncur pekan depan pada 17 Maret 2021 dengan Electric SUV murni. 

Tidak hanya perusahaan tersebut saja, namun Toyota melibatkan kemitraan dengan Subaru. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan pasti mengenai X Prologue. 

Kemungkinan mobil tersebut memakai platform e-TNGA, yakni kedepannya sebagai variasi meskipun sebelumnya e TNGA telah digunakan pada model Prius. Hadir dengan logo Toyota sebagai identitas mobil pada bagian tengah antara lampu bagian depan. 

Baca Juga : Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Tercatat NJKB RI Berbekal Dua Mesin

Sempat timbul pertanyaan publik apakah tampilannya nanti berbasis sama dengan Subaru Evoltis atau tidak. Hal ini karena adanya siluet garis yang berbeda pada garis lampu milik Toyota X Prologue. 

Siluet Toyota X Prologue Terbaru Dengan Platform E-TNGA

Teaser virtual X Prologue memang tidak lengkap. Hanya sebuah gambar lampu bagian depan dengan LED yang melintas pada hidung mobil. Hal ini tentu saja menimbulkan segudang rasa penasaran.

Sayangnya lagi, Toyota X Prologue bukanlah untuk pasar Asia maupun Indonesia, namun peluncuran tersebut untuk pangsa pasar Eropa. 

Secara visual memang Toyota X Prologue membawa desain yang sudah populer. Hal ini untuk deretan mobil listrik sekelasnya. 

Setelah menguak berita Toyota akan memasarkan mobil listriknya yakni pada Desember 2020, kini tinggal menunggu hari saja di mana ia akan meluncurkan motor tersebut. Apalagi berawal dengan teaser visualnya. 

Pihak Toyota juga mengungkapkan akan menjual sejuta unit mobil secara global. Hal tersebut mereka mulai pada tahun 2030. Tentu saja dengan 10 lini mobil listrik berbaterai terbaru buatannya. 

Baca Juga : Toyota C+pod EV, Mobil Listrik Mini Bertenaga dengan Desain Unik

Sesuai prediksi, Toyota menghadirkan mobil tersebut nantinya untuk bersaing dengan merek lainnya. Toyota turut aktif dalam berinovasi setelah perusahaan pesaingnya berlomba mengeluarkan mobil listrik. 

E-TNGA memang terpakai untuk mobil listrik sebagai SUV seukuran RAV4. Basis telah tersemat pada inovasi Toyota, Subaru, dan Lexus. Mereka akan bersamaan mengumumkan kepada publik pada pertengahan 2021. Toyota X Prologue berbekal konfigurasi penggerak roda bagian depan maupun belakang atau all wheel drive. 

E TNGA menghasilkan pembaharuan untuk powertrain listrik. Sebelumnya memang platform tersebut berwujud Lexus UX 300e yakni melalui TNGA C berasal dari Toyota C-HR. 

Menteri Perindustrian menegaskan bahwa Toyota memang menambahkan investasi pada Indonesia dengan nilai US$2 miliar. Apabila dalam rupiah mencapai 28 triliun sampai 2024. Kemungkinan dana tersebut nantinya untuk memproduksi mobil berbahan bakar listrik. 

Tampilan X Prologue Terbaru 

Pada sisi depan terlihat sekilas memakai headlight LED, berpadu dengan daytime running light LED di atasnya. Sedangkan desainnya nampak ada tumpukan garis pada sejalur bumper bagian depan. 

Pada bagian kap mesin Toyota X Prologue terlihat lebih rendah dan pendek dari mobil listrik sekelasnya. Kelebihannya, Toyota telah menyiapkan teknologi baterai sendiri untuk menyuplai energi pada mobil listrik miliknya. Bahkan kabarnya menjadi tenaga yang terbesar di jajaran mobil listrik lainnya.

Baca Juga : Toyota Rush Model 2021 Hadir dengan 7 Kursi dan Fitur Kamera Mundur 

Bagaimana dengan Subaru? Subaru sendiri meski terlibat dengan pengembangan tersebut, pihaknya juga akan meluncurkan X Prologue sesuai versinya sendiri.

Namun jika anda lihat dari sisi X Prologue, kemungkinan menggunakan bahasa desain EV Concept seperti yang sudah Subaru perkenalkan dahulu. Bahkan ia akan memakai Evoltis untuk SUV. 

Selanjutnya akan hadir portofolio mengenai X Prologue dengan tampilan menawan serta memberikan kenyamanan tersendiri untuk pengendara. 

Namun prediksi lain yang mengarah pada RAV 4, Toyota akan memberikan perbedaan X Prologue pada overhang depan maupun belakang dan jarak sumbu lebih panjang dari sebelumnya. 

Interior yang tampil nantinya terkesan lebih premium dan berkelas. Sehingga pengendara betah mengendarainya. Sesuai dengan gambar yang beredar, mobil terbaru ini berwarna merah sehingga terlihat modis dan menawan. 

Mengenai spesifikasi secara detail memang belum ada informasi lebih lanjut. Begitu juga dengan harga pasaran mobil tersebut. Harganya masih misterius mengingat kehadirannya belum resmi melenggang ke pasaran.

Harapannya, mobil X Prologue menjadi mobil yang berperforma terbaik dengan desain tampilan berkelas. Sehingga menjadi magnet tersendiri untuk penggemar otomotif. 

Kita tunggu saja informasi selanjutnya saat waktu peluncuran Toyota X Prologue. Sehingga dapat mengetahui secara pasti mengenai harga maupun tampilan mewahnya. Hal yang pasti, inovasi dari Toyota ini sangat menarik untuk dimiliki. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto