Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Ubah PDF ke Word
Ilustrasi Ubah PDF ke Word. Foto: Ist/Net

Ubah PDF ke Word dapat anda lakukan dengan mudah melalui perangkat Android. Terdapat beberapa cara yang bisa anda coba untuk melakukan hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Portable Document Format (PDF) merupakan software besutan Adobe sejak tahun 1993. PDF menjadi salah satu format yang paling nyaman bagi anda yang sedang menyelesaikan tugas akhir.

Selain nyaman, PDF juga dapat anda buka melalui perangkat Android secara mudah. Akan tetapi, menyalin atau mengutip tulisan PDF memang sedikit ribet.

Jika anda harus menyalinnya secara manual, hal ini tentunya akan memerlukan waktu lama. Maka jalan satu-satunya adalah dengan mengubah format PDF menjadi WORD. Hal ini bertujuan agar anda dapat menyalin sumber referensi sesuai dengan yang anda perlukan.

Baca Juga: Cara Mematikan Antivirus McAfee, Mampu Tingkatkan Kinerja Smartphone

Cara Ubah PDF ke Word Melalui Ponsel

File PDF menjadi salah satu format dokumen yang paling sering digunakan. Hal ini karena file PDF mempunyai beberapa kelebihan yang tidak terdapat pada Word.

Menggunakan file PDF memungkinkan anda untuk memasukkan beragam konten. Seperti konten video, objek tiga dimensi, serta beragam format lainnya, termasuk grafik serta teks.

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, ada kesulitan untuk mengedit atau menyalin file PDF. Tidak mungkin anda harus mengetik ulang isi materi format PDF ke dalam format Word.

Maka sebagai solusi yang cepat dan tepat, anda dapat mengubah file PDF menjadi Word. Langkah ini dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa cara untuk ganti PDF ke Word melalui HP, antara lain:

Cara Ubah PDF ke Word dengan Google Docs

Apabila anda menggunakan akun Google, maka Google tidak hanya berfungsi sebagai search engine. Akan tetapi, juga mempunyai fitur Google Docs yang sangat membantu.

Baca Juga: Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone, Berikut Pilihan Caranya

Berikut cara praktis ubah file PDF menjadi Word dengan menggunakan Google Docs, antara lain:

  1. Masuk dalam akun Google, kemudian ke Google Drive
  2. Upload dokumen PDF ke Google Drive serta tunggu hingga proses selesai
  3. Setelah proses upload selesai, klik kanan pada file PDF yang akan anda convert. Lalu pilih Open With Google Docs.
  4. Proses berikutnya, kemungkinan susunan sudah mengalami perubahan, maka anda dapat perbaiki dan save sebelum proses convert.
  5. Selanjutnya untuk merubah file PDF ke Word, maka anda dapat klik file, selanjutnya download as Microsoft Word (.docx)

Namun untuk mengubah format PDF ke Word, langkah penting yang perlu anda lakukan adalah mengunduh aplikasi pembuka PDF terlebih dahulu pada smartphone anda. Anda dapat menggunakan aplikasi PDF Converter. Berikut cara praktisnya:

  1. Unduh PDF Converter pada HP
  2. Pilih tanda “+” lalu pilih file PDF yang akan anda convert menjadi Word
  3. Selanjutnya tunggu proses konversi selesai
  4. Berikutnya anda dapat membuka file tersebut pada aplikasi Ms Word HP.

Cara Ubah PDF ke Word Menggunakan WPS Office

Adapun cara ganti file PDF menjadi Word dengan menggunakan WPS Office adalah:

  1. Langkah pertama, buka WPS Office terlebih dahulu, selanjutnya buka file PDFnya.
  2. Berikutnya masuk ke menu Spesial Features serta klik PDF to WORD.
  3. Buka file PDF pada Microsoft Office. Apabila muncul pop up klik OK, hingga document terbuka dengan sempurna.
  4. Selanjutnya anda dapat langsung mengedit dokumen. Kemudian anda tinggal save dengan ekstensi WORD yang anda inginkan yaitu doc atau docx.

Baca Juga: Aplikasi Google Workspace Siap Menunjang Aktivitas WFH Saat Pandemi

Cara Ubah File PDF ke Word dengan Adobe Acrobat

Cara berikutnya, anda dapat konversi semua pekerjaan anda kemudian simpan ke dalam dokumen Word yang mudah untuk anda baca serta perbaharui. Berikut langkahnya:

  1. Langkah pertama, buka file pada Acrobat
  2. Klik pada menu Ekspor PDF yang terdapat pada panel kanan
  3. Pilih Microsoft Word sebagai format ekspor anda, kemudian pilih dokumen Word.
  4. Langkah selanjutnya, klik Ekspor. Apabila PDF yang berisi teks yang terpindai, maka Acrobat akan jalankan pengenalan teks dengan otomatis.
  5. Berilah nama file Word sesuai dengan yang anda inginkan. Lalu simpan pada folder pilihan.

Dengan mengikuti berbagai cara ubah file PDF ke Word melalui perangkat Android, harapannya dapat mempermudah anda dalam menyelesaikan berbagai tugas yang anda kerjakan. Melalui format Word, selanjutnya anda dapat mengedit serta memperbaharui data yang penting.