Usaha Laundry Kiloan dan Cara Memulainya Agar Cepat Berkembang

usaha laundry kiloan
Prospek usaha laundry kiloan. Foto: Ist/Net

Untuk memulai usaha laundry kiloan sebenarnya tidak sulit. Apalagi bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun karena banyaknya usaha laundry yang sudah lebih dulu, maka Anda perlu memiliki keunggulan agar bisa bersaing.

Mencuci pakaian menjadi salah satu aktivitas yang cukup melelahkan. Apalagi jika Anda melakukannya dengan cara manual, tentunya butuh waktu yang sangat lama. Baik mencucinya maupun menyetrika pakaian.

Melihat dari kendala tersebut, maka saat ini banyak bisnis laundry yang bermunculan dan laris menjadi langganan masyarakat. Orang-orang yang bekerja dan mahasiswa sering tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Karena itulah banyak orang yang membutuhkan jasa laundry untuk mengatasi masalah dalam hal mencuci pakaian kotor. Apalagi biaya jasa ini terbilang murah ketimbang haus repot dengan mencucinya sendiri.

Mungkin dari Anda ada yang memiliki keinginan untuk membuka usaha laundry, dalam artikel ini akan mengulas tips yang bisa membantu Anda untuk memulai usaha laundry kiloan.

Baca Juga: Meraih Sukses Usaha Laundry Kiloan dengan Strategi ATM

Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan

Terdapat banyak pilihan untuk jenis usaha laundry yang ada. Seperti laundry kiloan, laundry boneka, laundry sepatu dan yang lainnya. Jenis bisnis cucian baju ini termasuk yang populer dan banyak orang yang menjalankannya.

Jenis bisnis ini cukup menjanjikan karena jangkauan pasar pada laundry kiloan sangat luas dan universal. Hampir semua kalangan bisa Anda jadikan sebagai target pasar. Baik karyawan, buruh, pedagang, hingga mahasiswa.

Namun jika Anda memilih jenis bisnis ini tentunya harus dengan tingginya tingkat persaingan yang ada. Nah, berikut ini beberapa tips dan strategi cara memulai usaha laundry kiloan agar cepat berkembang.

Pilih Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan lokasi yang tepat. Carilah lokasi yang memungkinkan banyak mahasiswa maupun karyawan yang menjadi target pasar Anda.

Penentuan lokasi yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap penyediaan modal. Karena itu pastikan lokasi yang Anda pilih strategis, mudah untuk dijangkau, dan tidak mahal sewanya.

Baca Juga: Bisnis dengan Modal Kecil yang Menjanjikan untuk Para Pemula

Tentukan Harga

Harga merupakan salah satu hal penting yang sangat mempengaruhi bisnis kiloan. Terlebih lagi ketika sudah ada usaha laundry kiloan yang sama pada kawasan yang Anda gunakan untuk usaha.

Pastikan juga untuk harga jasa yang Anda tawarkan terjangkau dan tidak jauh dari harga pasaran. Untuk mempermudah dalam menentukan harga, ada baiknya jika Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Tingkatkan Mutu Pelayanan

Seorang pelanggan pasti sangat memperhatikan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Semakin baik mutu pelayananya, maka pelanggan akan semakin senang dan membuat mereka untuk datang kembali.

Selain itu, berikan juga pelayanan terbaik lainnya. Seperti mencuci pakaian dengan bersih dan rapi.

Perhatikan Waktu

Ketepatan waktu dalam menyelesaikan proses pengerjaan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha laundry kiloan. Sebagian besar dari pelanggan adalah orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang banyak.

Jadi jangan sampai Anda mengecewakan para pelanggan dengan membuat mereka menunggu lebih lama.

Hati-hati dengan Pakaian Pelanggan

Lakukan dengan hati-hari pada pakaian pelanggan layaknya merawat pakaian terbaik Anda. Hal tersebut harus Anda lakukan agar pakaian milik pelanggan tetap dalam keadaan baik dan tidak rusak.

Pastikan juga untuk warna tidak luntur. Jadi jangan campurkan pakaian berwarna dengan pakaian putih dan hindari hal-hal yang dapat merusak pakaian pelanggan.

Berikan Variasi Pelayanan

Bisnis yang Anda jalankan memang berupa usaha laundry kiloan. Tetapi ada baiknya jika Anda tidak berpatok pada satu jenis layanan saja. Sebenarnya pelanggan memiliki kebutuhan lain terkait dengan landry tersebut.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda menawarkan layanan lain. Seperti pelanggan bebas dalam memilih parfum yang kita gunakan. Anda juga bisa membuat beberapa paket layanan berdasarkan durasi pengerjaannya.

Pemasaran

Anda wajib melakukan teknik pemasaran yang tepat untuk membuat masyarakat lebih mengenal usaha Anda. Anda bisa melakukan pemasaran melalui sosial media dan menyebarkan brosur.

Promosi tersebut bisa Anda lakukan sebelum memulai usaha laundry. Bisa juga Anda melakukannya selama masa opening dengan memberikan diskon tertentu untuk lebih mengenalkan bisnis jasa Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai cara memulai usaha laundry kiloan Anda. Dengan beberapa langkah ini akan membuat bisnis Anda cepat terkenal sehingga lebih mudah berkembang. (R11/HR Online)

Editor: Jujang