Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Mudah dan Menjanjikan

usaha sampingan karyawan pabrik
Alternatif usaha sampingan karyawan pabrik. Foto: Ist/Net

Jenis usaha sampingan karyawan pabrik sebenarnya ada banyak sekali. Namun tak jarang kita bingung dalam memilihnya. Sesuai dengan namanya, menjalankan usaha sampingan tentunya tak boleh mengganggu jam kerja reguler sebagai seorang karyawan.

Apakah Anda merasa lelah menjalani pekerjaan sebagai karyawan pabrik? Ada rencana usaha tapi belum berani meninggalkan pekerjaan saat ini? Maka solusi terbaik adalah dengan mencari usaha sampingan.

Meski jenis usaha sambilan hanya menjadi penghasilan kedua, tapi kalau telaten kita lakukan tentunya bisa menjadi sumber yang tak kalah pentingnya. Berbagai usaha bisa kita lakukan kala libur atau menggunakan tenaga orang lain.

Terlebih untuk karyawan pabrik mungkin ada perbedaan menyangkut jam kerjanya. Ada yang harus mengikuti shift kerja agar pabrik tidak berhenti. Ada juga karyawan yang selalu masuk pagi saja.

Baca Juga: Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Mudah Tanpa Mengganggu Tugas Utama

Ragam Pilihan Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Ya, ada banyak pilihan dan solusi kalau Anda memang ingin menjalankan usaha sampingan. Sedangkan untuk jenis usaha sambilan tersebut ada banyak pilihan dari berbagai bidang yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Apalagi untuk target pasarnya juga bisa dengan memanfaatkan teman karyawan pabrik lainnya. Berikut ini berbagai rekomendasi usaha sampingan karyawan pabrik yang menguntungkan dan bisa Anda pilih.

Jualan Makanan

Bisnis makanan bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang menarik. Sebab selain mudah membuatnya, makanan juga banyak peminatnya. Usaha berjualan makanan tidak selamanya sulit dan kita bisa melakukannya.

Untuk mengatasi sejumlah kendala atau kesulitan, kita bisa menggunakan bantuan tenaga orang lain. Termasuk untuk memasarkan atau menjualkan makanan yang kita buat.

Kalau Anda mau lebih praktis lagi bisa dengan menjadi mitra dari franchise atau waralaba makanan yang ada. Mereka biasanya menyediakan stok kebutuhan jualan kita, dan nanti kita tidak terlalu repot untuk mencari bahan-bahannya.

Baca Juga: Peluang Usaha Sampingan di Rumah yang Menghasilkan untuk Penulis

Jualan Online

Seiring berkembangnya media online yang semakin pesat bisa kita jadikan celah tempat usaha. Dengan memanfaatkan berbagai platform yang ada, maka kita bisa menjajakan barang dagangan sebagai usaha sampingan karyawan pabrik.

Kita bisa ikut menjadi penjual melalui berbagai media sosial yang ada. Seperti Facebook atau Instagram. Kita juga bisa memanfaatkan beberapa platform marketplace Indonesia terpopuler untuk membuka lapak.

Pekerjaan yang kita lakukan pun akan lebih mudah sebab bisa kita jalankan kapan saja. Kita bisa menjual produk pada hari liburan atau saat kita tidak bekerja di pabrik atau pas tidak sedang giliran shift.

Kalau usaha jualan online sudah ramai, kita bisa meminta bantuan kerabat untuk menanganinya. Bukan mustahil juga jika usaha semakin besar dan menguntungkan, kita bisa resign untuk menghandel usaha jualan ini.

Laundry

Untuk usaha sampingan karyawan pabrik yang juga menarik adalah membuka jasa laundry. Bisnis ini cocok untuk Anda yang ingin membuat usaha sambilan yang tidak terlalu berat namun menghasilkan.

Pekerjaan usaha ini terbilang cukup mudah karena kita bisa menggunakan alat untuk melakukannya. Ya dengan mesin cuci kita bisa memproses baju konsumen hingga siap.

Kita tinggal melakukan kontrol terhadap mesin tersebut hingga pakaian akan cepat selesai. Rekomendasi supaya usaha Anda bisa berjalan sukses adalah dengan menentukan lokasi usaha.

Contoh lokasi yang bagus seperti yang dekat kampus, kos-kosan, atau sekitar pabrik. Dengan banyaknya teman karyawan yang membutuhkan layanan ini, maka usaha akan berkembang dan menjadi penghasilan yang tidak kecil.

Agen Pulsa dan Layanan lainnya

Alternatif usaha sampingan karyawan pabrik yang juga menjanjikan adalah berjualan pulsa. Bisnis ini cocok untuk Anda yang mau melakoni usaha dari balik layar tapi tidak menjual barang.

Dengan menjadi seorang agen pulsa dan layanan lainnya Anda bisa memanfaatkan teman karyawan lainnya yang tentunya sangat membutuhkan pulsa. Dengan memanfaatkan keluhan terhadap kebutuhan pulsa, kita bisa mencari celah sebagai usaha.

Kita juga dapat menawarkan pulsa lainnya, seperti pulsa listrik dan telepon, top up game, dan masih banyak lainnya. Dengan memanfaatkan peluang ini, Anda bisa mendapat penghasilan lebih dari yang kita dapatkan sebagai karyawan pabrik.

Itulah beberapa pilihan usaha sampingan karyawan pabrik yang menjanjikan. Dengan potensi keuntungan dan kemudahannya, waktu luang yang ada bisa kita manfaatkan untuk menjadi uang. Tentunya tanpa mengganggu waktu kerja utama. (R11/HR Online)

Editor: Jujang