VinFast VF e34, Mobil Listrik Pertama Vietnam Spesifikasi Unggulan

VinFast VF e34 sebagai Mobil Listrik Pertama Vietnam
Ilustrasi VinFast VF e34. Foto: Ist/Net

VinFast VF e34 sebagai bukti nyata perkembangan bidang otomotif Vietnam. Vietnam telah meluncurkan mobil nasional dengan varian terbaru.

Tentunya bukan hanya mobil biasa. Pabrikan otomotif VinFast meluncurkan mobil listrik untuk pertama kalinya.

Mobil listrik ini mengusung nama VF e34. Apabila melihat pada rancangan desain dari VF e34 tersebut, memiliki kesan yang tidak kalah menarik dengan SUV pabrikan Korea Selatan.

Banderolan Harga VinFast VF e34

Mobil listrik tersebut tersedia dengan harga VND 690 juta pada pasar domestiknya. Apabila dalam rupiah, maka menjadi seharga Rp 430 jutaan per unit. Dengan harga yang ditawarkan tersebut, tentunya termasuk ekonomis.

Baca Juga : Mobil Listrik KIA EV6 Perdana Dengan Platform E-GMP

Hal ini apabila dibandingkan dengan Hyundai Kona EV Signature di Indonesia. Hyundai Kona EV Signature ditawarkan dengan harga Rp 697 juta OTR Jakarta.

Perusahaan memberikan promo agar menarik minat pelanggannya. Terutama kepada konsumen yang melakukan pre-order sebelum 30 Juni 2021.

Konsumen akan menerima diskon sebesar VND 100 juta atau setara Rp 160 juta. Selain itu, juga akan mendapatkan gratis langganan baterai selama 1 tahun.

VinFast juga menerapkan garansi hingga 10 tahun bagi VF e34. Hal itu untuk menjamin kualitas produknya. Dengan harga yang ditawarkan tersebut, tentu terbilang murah.

Namun penjualan VF e34 tanpa menggunakan baterai. Sehingga penggunanya harus menyewa baterai seperti pada motor listrik.

Biaya penyewaan baterai 1,45 juta VND untuk setiap bulannya atau setara Rp 600 ribuan. Apabila dalam penggunaannya melebihi jumlah tersebut, maka harus membayar biaya tambahan 998 VND per km atau Rp 600 per km.

Spesifikasi VinFast VF e34

Mobil VinFast VF e34 dengan menggunakan tenaga motor listrik. Pada penggunaan baterai VF e34 42 kWh, tentu sangat tangguh. Selain itu, putaran arus listriknya mampu menghasilkan tenaga 110 kW atau 150 PS.

Sedangkan pada torsi puncaknya 242 Nm. Ukuran mobil listrik Vietnam ini dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.793 mm, dan tinggi 1.613 mm. Selain itu, ukuran wheelbase 2.611 mm.

Mobil VF e34 memiliki keseluruhan bobot tubuh 1.490 kg dan ground clearance mencapai 180 mm. Mobil ini menerima suspensi depannya MacPherson Strut. Dengan penopang roda bagian belakangnya menggunakan Torsion Bar.

Baca Juga : Bentley S2 Continental Flying Spur Klasik Menjadi Mobil Listrik Modern

Mengenai daya penggunaannya, tersemat baterai pack dengan kapasitas 42 kWh. Mobil VinFast VF e34 ini dapat menempuh jarak maksimal 300 km.

Untuk mengisi penuh baterai dari 0 persen hingga 100 persen pada saat di rumah, pengguna perlu membayar listrik 42 kWh. Kemampuan yang ada pada VinFast VF e34, tentunya hanya berbeda tipis dengan mobil Kona EV.

Untuk jarak tempuh mobil Hyundai, sebesar 345 km berdasar NEDC. Selain itu, 289 km lewat pengujian WLTP dalam sekalinya melakukan pengisian penuh dayanya.

Keuntungan Membeli VinFast VF e34

Apabila anda akan membeli mobil VF e34, maka mendapatkan beberapa keuntungan. Pengguna mobil VF e34 ini tidak akan mengalami risiko pada baterainya.

Hal itu menurut pendapat dari VinFast. Perusahaan akan siap menukar baterai secara gratis. Hal ini apabila pada kapasitas baterai maksimumnya melemah di bawah 70 persen.

Penggunanya juga akan terbebas dari biaya sewa baterai pada tahun pertamanya. Tentunya akan menjadi lebih hemat biaya mencapai VND 17,4 juta.

Namun konsumen hanya perlu membayar listrik setiap bulannya. Dengan biayanya VND 394.700 VND atau setara Rp 250 ribuan.

Setiap pembelian unitnya sudah termasuk adaptor. Sehingga pengguna dapat melakukan pengecasan di rumah. Pengisian pada stasiun umum harus membayarnya melalui aplikasi.

Mobil VinFast VF e34 lengkap dengan pengisian daya yang cepat. Sehingga hanya membutuhkan waktu 15 menit. Kemudian mobil ini dapat pengguna manfaatkan sejauh 180 km.

Pada pengisian daya normalnya membutuhkan waktu 8 jam. Untuk mengisi setrum mulai 0 persen sampai 100 persen.

Baca Juga : Mobil Listrik Paling Murah di Dunia, Harga Lebih Murah dari Motor Beat

Sedangkan pada Hyundai Kona EV perlu melakukan pengisian daya penuh dalam 54 menit. Dengan pengisian mulai nol sampai 80 persen di 100 kW.

Hal Menarik dari VinFast

Perusahaan VinFast akan menyiapkan infrastruktur pada mobil listriknya. Perusahaan tersebut sedang membangun sistem charging station seluruh negerinya.

Dengan target sampai akhir tahun 2021 dan ada sekitar 40.000 tempat pengisian mobil listrik. Terpasang sedikitnya pada 63 provinsi.

Kini telah hadir VinFast VF e34 sebagai mobil listrik pertama dari Vietnam. Mobil VF e34 yang terbilang cukup murah dan memiliki garansi hingga 10 tahun. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto