Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita JabarWagub Jabar Dorong RS Sidawangi Jadi Rumah Sakit Umum Syariah

Wagub Jabar Dorong RS Sidawangi Jadi Rumah Sakit Umum Syariah

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau rumah sakit Sidawangi di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (18/3/2021).

Rumah sakit milik pemerintah provinsi Jawa Barat ini merupakan RS khusus penyakit paru.

Pada kesempatan itu, Uu berharap RS Sidawangi tak hanya melayani pasien penyakit paru saja, namun juga melayani penyakit umum lainnya.

“Kami berharap bisa jadi RS umum yang bisa melayani berbagai keluhan penyakit masyarakat,” ujar Uu.

Menurutnya, RS Sidawangi sangat potensial untuk dikembangkan apalagi luas lahannya mencapai 10 hektar.

“Sekarang RS Sidawangi sudah punya unit Medical Check Up (MCU) dan Poli Kandungan dan Kebidanan, kedepan harus ada juga poli-poli lainnya, tidak hanya poli paru-paru saja,” jelasnya.

Pihaknya pun mendorong RS Sidawangi menjadi rumah sakit berbasis syariah dengan nuansa religius.

“Nanti pelayanan pasien laki-laki oleh dokter laki-laki, begitupun pasien perempuan diperiksa oleh dokter perempuan,” katanya.

Ia pun mendukung jika RS Sidawangi menjadi rumah sakit syariah, karena memang sejalan dengan program Jabar Juara Lahir dan Batin.

“Ini baru ada di Indonesia, rumah sakit umum bersyariah. Jadi ada hal-hal yang secara spesifik akan diberlakukan sesuai dengan syariat Islam,” ungkap Uu.

Pihak pemprov lanjut Uu akan mengembangkan RS Sidawangi dengan menggelontorkan anggaran Rp 600 miliar untuk pembangunan.

“Namun karena ada refocusing anggaran selama pandemi COVID-19, dana yang tersalurkan baru Rp 40 miliar,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -