Wisata Leuwi Pamipiran Ciamis yang Mempesona dan Menyegarkan

Wisata Leuwi Pamipiran Ciamis
Wisata Leuwi Pamipiran Ciamis tempat baru yang mempesona. Foto: Dadang/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Satu lagi wisata baru di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Yakni Wisata Leuwi Pamipiran di Tanjungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat ini menyuguhkan air jernih yang menyegarkan untuk berenang atau sekadar bermain air.  

Leuwi merupakan bagian sungai yang cukup dalam dan luas. Leuwi Pamipiran berada pada aliran Sungai Cipanyeuseuhan, kaki Gunung Sawal. Tempatnya sangat unik dan menarik layaknya sebuah kolam, terdapat pembatas batu berukuran besar menyerupai sebuah tembok.

Suasananya sangat nyaman dan sejuk. Tempat ini cocok untuk tujuan liburan akhir pekan, sekadar untuk refreshing otak dan tubuh. Wisata Leuwi Pamipiran ini cocok untuk tempat swafoto dengan latar belakang menarik.

Untuk menuju lokasi wisata ini jaraknya sekitar 40 menit menggunakan sepeda motor. Namun untuk menuju lokasi harus berjalan kaki sekitar 100 meter lebih dari parkiran. Leuwi Pamipiran baru buka sekitar 2 bulan lalu, tapi saat ini masih dalam penataan.

Pengunjung yang datang cukup banyak terutama pada akhir pekan, banyak warga yang mengetahuinya melalui media sosial.  Saat ini pengelola belum menerapkan tiket, hanya ada kotak sumbangan.

Penanggung Jawab Wisata Leuwi Pamipiran Ciamis Tatang menjelaskan wisata tersebut kini pengelolaannya oleh Pokdarwis Bubuai Ligar Desa Tanjungsari.

“Nama pamipiran ini ada ceritanya, dulu orang tua ketika mau menyeberang ke wilayah sebelah harus mipir kalau dalam bahasa Indonesia itu ke pinggir,” ucap Tatang, Minggu (28/3/2021).

Tatang mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penataan. Ke depan, selain wisata alam, akan ada tambahan wisata edukasi dan wisata religi. Mengingat, ada makam tokoh penyebar agama Islam pertama wilayah tersebut.

“Mudah-mudahan ke depan penataannya lebih baik lagi. Kami mohon dukungannya dari semua pihak. Wisata Leuwi Pamipiran ini sangat berpotensi jadi wisata unggulan di Ciamis,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang