Kamis, Desember 2, 2021
BerandaGaya HidupWisata Tebing Keraton, Nikmati Berbagai Spot Foto yang Instagramable

Wisata Tebing Keraton, Nikmati Berbagai Spot Foto yang Instagramable

Wisata Tebing Keraton cukup populer sehingga memiliki banyak pengunjung, Terletak di daerah Dago Bandung, kawasan ini termasuk wisata lokal yang saat ini cukup viral melalui media sosial.

Tebing Keraton atau bisa kita kenal dengan Bukit Keraton. Merupakan salah satu bukit yang memiliki tebing terjal menghadap langsung pada area Taman Hutan Raya Juanda Bandung.

Menariknya lagi, kawasan wisata ini memiliki background Gunung Tangkuban Perahu yang sangat eksotis. Tebing Keraton merupakan destinasi wisata baru dengan keindahan yang sangat luar biasa.

Maka tidak jarang para pengunjung menyebut area Bukit Keraton sebagai bukit Instagram. Dengan banyaknya pengguna sosial media yang memposting foto destinasi wisata ini pada Instagram.

Destinasi Wisata Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton merupakan salah satu objek wisata alam kota Bandung yang akhir-akhir ini cukup viral di media sosial. Hal ini tentunya mampu menarik perhatian para wisatawan.

Baca Juga: Curug Panoongan Tasikmalaya, Cocok untuk Berenang dan Instagramable

Destinasi wisata satu ini memang sangat mempesona, sehingga sangat cocok bagi para pengunjung yang gemar berburu foto. Tebing Keraton sebenarnya hanyalah sebuah bukit yang terletak pada atas bukit yang cukup curam.

Akan tetapi, bukit tersebut terdapat pemandangan hutan pinus yang sangat mempesona. Wisata Tebing Keraton berlokasi pada ketinggian kurang lebih 1200 mdpl.

Sehingga, membuatnya mempunyai suhu udara yang sangat sejuk dan nyaman untuk tempat bersantai.

Tidak hanya wisatawan lokal, akan tetapi wisatawan asing pun banyak yang mengunjungi Tebing Keraton ini, karena keindahan alamnya yang mempesona.

Baca Juga: Kampung Bunga Matahari Cianjur, Obyek Wisata Baru yang Instagramable

Pesona Wisata Tebing Keraton

Pada saat mengunjungi Tebing Keraton Bandung, maka anda akan merasa puas dengan keindahan alam yang tempat ini tawarkan. Selain itu, para pengunjung dapat mengambil spot foto yang sangat bagus, yang bisa anda upload langsung pada akun media sosial anda.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan wisata ini adalah pada bagi hari dan sore hari. Mengapa demikian? Pasalnya pada pagi hari para pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise yang sangat indah.

Begitu pula saat sore hari, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan sunset yang tidak kalah menakjubkan meskipun tertutup dengan pepohonan pinus yang membuat sinarnya semakin nampak semburat mempesona.

Baca Juga: Cireong Natural View Farming, Wisata Instagramable Baru di Ciamis

Tebing Keraton menyajikan hamparan luas patahan Lembang. Daya tarik utama destinasi wisata Bandung ini adalah pemandangan indah berupa hamparan hutan, serta perbukitan hijau yang berselimut kabut tipis yang sangat spektakuler.

Dari atas tebing para pengunjung dapat mengabadikan moment melalui pengambilan foto dengan latar belakang hutan nan asri.

Karena jika terlihat dari atas, maka deretan pohon pinus yang mana membentuk Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menjulang itu terlihat seperti permadani terhampar hijau. Nampak sangat cantik dan Instagramable.

Sejarah Wisata Tebing Keraton

Mengenai sejarah dari destinasi wisata satu ini, awal mulanya memiliki sebutan Tebing Keraton bukan Tebing Keraton seperti yang populer saat ini.  Pada awalnya, destinasi wisata ini dikenalkan oleh para komunitas sepeda.

Akan tetapi sejak tahun 2014, semakin banyak orang yang mengunggah foto Tebing Keraton pada media sosial, sehingga membuatnya semakin terkenal. Hal ini semakin menarik perhatian banyak kalangan untuk mengunjungi objek wisata alam ini.

Tips Berkunjung ke Tebing Keraton

Pada saat berkunjung ke Tebing Keraton Bandung, anda memang belum dapat menginap di tempat tersebut. Pasalnya, pada kawasan wisata ini belum terdapat penginapan, karena lokasinya yang berada di tengah hutan.

Oleh karena itu, bagi anda yang berkunjung ke destinasi wisata ini, disarankan untuk menginap di Dago Bandung.

Selain itu, karena lokasinya yang berupa perbukitan yang cukup curam, serta membutuhkan perjalanan yang cukup panjang, maka disarankan bagi anda untuk tidak membawa serta anak kecil.

Oleh karena itu, hingga saat ini pengunjung Tebing Keraton adalah orang-orang dewasa demi keamanan saat berwisata. Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan saat berkunjung ke wisata Tebing Keraton adalah wisatawan tidak boleh menuruni atau pun menaiki bukit demi keselamatan bersama.

Selain itu, penting bagi anda untuk menghindari berkunjung di musim penghujan. Karena, hal ini berpengaruh terhadap keadaan jalan yang harus anda lewati.

Tertarik berkunjung ke Wisata Tebing Keraton, anda dapat datang ke kawasan Tahujaran Djuanda, desa Ciburial, Bandung Utara. Tepatnya pada kampung Ciharegem Puncak RW 11. Dengan tiket masuk sebesar Rp 11.000 per orang. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -