Yamaha TMAX 20th Anniversary Limited Edition, Produksi 560 Unit Saja

Yamaha TMAX 20th Anniversary
Yamaha TMAX 20th Anniversary. Foto: Ist/Net

Yamaha TMAX 20th Anniversary edisi spesial bakal meluncur 560 unit saja. Skutik matik Yamaha TMAX tersebut membawa desain lebih khas dan warna berbeda dari motor sekelasnya. 

Menurut kabar yang beredar saat ini, motor tersebut memakai bodywork terbaru berbahan karbon tempa. Motor telah diperkenalkan sejak tahun 2001 yang memberikan pengalaman mengaspal lebih baik pada pengendara. 

Performa tenaga dengan sistem penyalur CVT yang tersemat pada motor tersebut. Dari 560 unit, nantinya memiliki tanda khusus individu untuk setiap pemiliknya. 

Bocoran Spesifikasi Yamaha TMAX 20th Anniversary Edisi Terbaru

Sejak peluncurannya 20 tahun silam, Yamaha TMAX berada di hati para pecinta Scooter dengan penjualan mencapai 300.000 unit di seluruh Eropa. Bahkan Yamaha menyebutkan bahwa motor tersebut paling laris di dunia. 

Inilah alasan mengapa pada ulang tahun ke-20 ini, Yamaha menghadirkan TMAX 20th Anniversary kembali dalam balutan terbaru. Selain itu, sebagai penghormatan kepada skuter paling sukses serta ikonik pada industri roda dua. 

Yamaha memberikan peningkatan pada sisi eksterior yang sangat detail. Motor tersebut berspakbor depan, pelindung panas knalpot bahan serat karbon komposit, dan memiliki side panel. Hasil bodywork serat karbon efek camo digital lebih terlihat unik dan mewah. 

Bahkan Yamaha menambahkan highlight berwarna kuning pada samping body maupun fender pada Yamaha TMAX 20th Anniversary. Pelek berwarna lebih kontras bronze sehingga menampilkan status premium padanya. 

Otomatis pada layar digital tengah dashboard turut tersemat indikator tambahan. Bersama dengan mode, waktu, jarak, tachometer, serta speedometer juga ada peningkatan. Hal ini pada pencahayaan terbarunya. 

Intinya, beberapa keunggulan Yamaha TMAX 20th Anniversary nantinya lebih pada jok, grip pemanas, bodi agresif, cruise control, electric screen, sein depan LED, Smart Key keyless operation, Traction Control System, D mode, serta panel instrumen monotone TFT. 

Jok motor berbahan premium dengan pola berbeda dan unik. Karena jok menawarkan fitur yang menghangatkan pengendara. Sedangkan pada sisi stang juga memberikan rasa hangat meski pada suhu dingin. Aksen kuning pada jok motor melebar sampai ke jahitan. 

Dapur Pacu

Yamaha TMAX 20th Anniversary tidak memiliki perbedaan mekanis. Mesin yang tersemat padanya berkapasitas 560cc yang menghasilkan 46,9tk pada 7500 rpm. Sedangkan torsinya 55,7 Nm pada 5250 rpm. 

Bahkan dari jajaran produk skutik Yamaha, hanya motor tersebut yang berbekal teknologi YCC-T. Dengan fitur unggulan seperti cruise control, membuat motor tersebut menjelajah dengan kecepatan 50-140 km/jam. Sehingga perjalanan anda semakin menyenangkan. 

Baca Juga : Yamaha X Ride 155 Bakal Hadir Tantang Honda ADV 150

Sedangkan Traction Control System menekan resiko ban selip sehingga anda dapat melakukan manuver pada jalan yang terjal maupun licin dengan nyaman. 

Yamaha TMAX berbekal D Mode. D mode tersebut berupa T mode dan S mode. Hal ini memungkinkan anda melakukan perpindahan mode berkendara dari T mode yang perjalanan lebih santai atau S Mode berkendara lebih sporty. 

Sedangkan rem Yamaha TMAX 20th Anniversary tersebut menggunakan double cakram dengan ukuran diameter 267 mm pada bagian depan dan ukuran 282 mm cakram tunggal pada bagian belakang. Motor telah lulus standar Euro 5 dan akan diperkenalkan bersamaan pembukaan pemesanan online. 

Keistimewaan Yamaha TMAX Terbaru

Perbedaan yang lebih menonjol pada peningkatan Yamaha TMAX sekarang ini memang terletak pada eksteriornya. Namun beberapa spesifikasi yang membedakannya yakni sebagai berikut. 

  • Kursi dan pegangan dengan pemanas khusus
  • Bodywork dengan serat karbon tempa
  • Warna lebih eksklusif dan mewah
  • Mesin Yamaha TMAX 20th Anniversary 560 cc sesuai standar EURO 5
  • Cruise Control
  • Electric Screen
  • LED depan flashers
  • Adanya sistem kontrol traksi dan D mode
  • Rangka terbuat dari aluminium ringan.
  • Desain bodi lebih minimalis dan agresif
  • Operasi tanpa kunci Smart Key
  • Ruang penyimpanannya lebih besar
  • Menggunakan sistem penguncian dudukan tengah
  • Suspensi tipe sepeda motor dengan settingan optimal
  • Panel instrumen TFT

Harga Yamaha TMAX Terbaru

Menurut kabar yang beredar, motor tersebut dengan harga banderol 14.699 poundsterling. Jika dirupiahkan, seharga 293 jutaan. Motor tersedia eksklusif lewat sistem pemesanan online. Sedangkan portal pemesanan akan mulai aktif pada 31 Maret 2021. 

Bagi anda yang ingin memesan Yamaha TMAX 20th Anniversary, anda dapat melakukan pemesanan mulai tanggal yang sudah ditentukan. Anda dapat mengikuti perkembangan informasi selanjutnya melalui situs resmi Yamaha. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto