Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruAdab Makan Sahur Berdasarkan Islam Membawa Pahala dan Keberkahan

Adab Makan Sahur Berdasarkan Islam Membawa Pahala dan Keberkahan

Adab makan sahur tentunya juga menjadi hal penting bagi semua umat muslim. Namun, pada kenyataanya juga banyak yang melupakan hal ini. Padahal jika kita mengamalkan adab ini, maka atas izin Allah kita akan mendapatkan pahala dan sahur juga akan menjadi berkah. Islam adalah agama yang Kaffah.

Jadi segala sesuatu yang Allah telah ciptakan pastinya mempunyai maksud juga tujuan tertentu. Bahkan semua aturan yang sudah Allah turunkan, juga ada tujuan dan pengajaran tertentu. Bulan Suci Ramadhan selalu menjadi bulan yang sangat dinanti-nanti banyak umat muslim.

Beberapa Adab Makan Sahur yang Harus Anda Ketahui

Pada bulan ini juga para umat muslim harus bangun di waktu sepertiga malam. Pasalnya mereka harus mempersiapkan sahur guna menjalan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari Muslim menjelaskan bahwa, “Makanlah sahur karena sungguh dalam sahur itu terdapat barokah”(HR. Bukhari Muslim).

Baca juga: Bangun Mepet ke Waktu Imsak, Ini 5 Menu Cepat Saji untuk Makan Sahur

Lalu apa saja, adab sahur yang benar sesuai dengan syariat agama islam? Mari kita simak penjelasannya dengan seksama.

Menyediakan Makanan dan Kurma

Umumnya, masyarakat Indonesia saat sahur makan makanan yang berat. Hal tersebut juga mempunyai tujuan bahwa jika waktu siang hari telah tiba bisa semakin kuat dalam menjalani ibadah puasa. Meskipun demikian, adab makan sahur yang Baginda Nabi ajarkan adalah makan kurma.

Rasulullah Muhammad telah bersabda: Sebaik-baik sahur bagi seorang mukmin adalah Kurma (HR. Abu Daud dan Ibnu Hibban). Jika memang anda kurang begitu puas karena hanya memakan kurma, maka anda bisa makan nasi juga kurma. Hal tersebut juga akan menjadi berkah meskipun anda hanya memakan satu butir saja. Sebelum makan alangkah lebih baiknya juga, jika anda berdoa terlebih dahulu.

Janganlah Berlebihan

Sungguh Allah itu tidak menyukai hal-hal yang berlebihan. Hal ini juga sudah terdapat dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 31 yang artinya: Duhai anak cucu Adam, pakailah pakaian kalian yang bagus saat memasuki masjid, makan dan minumlah akan tetapi jangan berlebihan. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan(QS. Al-A’raf ayat 31).

Sudah jelas bukan adab makan sahur yang satu ini? Meskipun kita tidak boleh makan dalam waktu satu hari, bukan berarti saat sahur anda harus makan dengan porsi yang banyak. Bukanya kuat tapi itu tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Makanlah secukupnya saja, karena adab makan yang sesungguhnya berhentilah sebelum kenyang.

Segera Mengakhirkan Makan Sahur

Perlu anda ketahui bahwa waktu yang paling terbaik untuk anda bersahur adalah pada waktu sepertiga malam terakhir. Hal ini penjelasannya terdapat dalam sabda Nabi SAW yang artinya: dari Anas, dari Zaid, ia berkata “Saat kami makan sahur bersama Baginda Rasul Muhammad SAW, dan setelahnya beliau langsung berangkat untuk menunaikan shalat. Saat bertanya berapa lama jarak antara Azan dan sahur? Baginda Nabi SAW menjawab, sama halnya dengan bacaan 50 ayat dalam Al-Quran (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi).

Baca juga: Bangun Terlambat Saat Sahur? Ini Rekomendasi Jenis Makanan yang Tepat

Sudah seharusnya adab makan sahur dari baginda Nabi Ini menjadi teladan untuk seluruh umat Islam. Apalagi kita adalah salah satu umatnya yang berharap dan berdoa semoga kelak di akhirat kita akan mendapatkan syafa’atnya. Allahumma Aamiin.

Memperbanyak Membaca Doa

Doa selalu saja menjadi hal yang sangat ampuh dan mujarab. Pada waktu sepertiga malam terakhir juga termasuk dalam waktu-waktu makbul Allah Ta’alla akan mengabulkan semua doa-doa hambanya. Bukan hanya itu saja, selain menjadi adab dari makan sahur yang Nabi Muhammad ajarkan juga waktu Allah mengampuni dosa-dosa manusia.

Mengenai hal tersebut bisa disimpulkan bahwa, waktu terbaik ini sangat sayang jika anda lewatkan.

Usahakan untuk Tidak Tidur Setelah Sahur

Jika memang anda makan sahur pada awal atau pertengahan waktu. Adab makan sahur yang seharusnya anda hindari adalah jangan tidur setelahnya. Alangkah lebih baiknya jika anda gunakan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya. Seperti halnya membaca Al-Quran ataupun membaca buku tentang ilmu agama lainnya.

Baca juga: Jangan Konsumsi Makanan Kemasan Saat Sahur!

Meskipun bernilai ibadah saat tidur pada bulan Puasa, namun hal yang demikian dapat mengganggu kesehatan tubuh anda, jika dilakukan secara terus menerus.

Beberapa adab makan sahur tersebut bisa kita amalkan bersama supaya kita bisa mendapatkan ridho juga pahala dari Allah Ta’alla. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 H, mohon maaf lahir dan batin! (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img