Amalan Menjelang Puasa, Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan

Amalan Menjelang Ramadhan Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan
Ilustrasi Amalan Menjelang Ramadhan. Foto: Ist/Net

Amalan menjelang puasa merupakan suatu hal yang dapat anda lakukan sebelum bulan ramadan tiba. Bahkan dengan anda melakukan amalan-amalan tersebut, maka Allah akan mencatatnya sebagai amalan baik dan mendapatkan pahala asalkan anda ikhlas dan lillah dalam melaksanakannya.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi amalan menjelang bulan suci juga mempunyai keistimewaan yang sayang untuk anda lewatkan. Meskipun beberapa amalan tersebut tidak wajib untuk anda laksanakan, akan tetapi bisa mendekatkan diri kepada Allah Ta’alla.

Beberapa Amalan Menjelang Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Amalan menyambut puasa nyatanya mempunyai keutamaan yang luar biasa bagi siapapun yang melaksanakan. Pasalnya, Ramadhan sendiri adalah suatu event yang selalu dinanti-nanti umat muslim karena banyak pahala yang akan dilipat gandakan. Lalu apa saja amalan tersebut? Mari kita simak bersama penjelasannya.

Segera Menuntaskan Hutang Puasa

Tentunya amalan menjelang puasa ini memiliki hukum yang wajib. Mengenai hal ini, tentunya anda harus menggantinya sesuai dengan jumlah hari yang telah ditinggalkan saat bulan puasa.

Hal ini juga sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 184:

Melakukan Puasa Sunah pada Bulan Syaban

Puasa pada bulan Syaban ini memanglah bukan amalan yang wajib. Akan tetapi, Baginda Nabi Muhammad SAW memperbanyak puasa pada bulan ini.

Dengan anda melakukan amalan ini, maka bisa melatih diri atau sebagai pemanasan. Agar kelak saat bulan suci Ramadhan tiba, tubuh yang anda ajak puasa tidak kaget.

Saling Maaf dan Memaafkan

Saling memaafkan menjadi amalan menjelang puasa yang sangatlah perlu anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk mensucikan dari banyaknya kesalahan kepada sesama. Bukan hanya itu saja, akan tetapi perlu sekali untuk anda suci lahir dan batin.

Suci secara batin, artinya anda terhindar dari sifat dendam juga fikiran buruk lainnya. Sedangkan suci secara lahir, berarti anda menjaga kesehatan dan kebersihan.

Hendaknya umat muslim saling memaafkan sebelum datangnya bulan suci ini. Dengan demikian, kita akan menjalankan bulan Ramadhan dengan ringan tanpa ada hambatan.

Selalu Bertaubat Kepada Allah

Bukan hanya itu saja amalan menjelang puasa, akan tetapi bertaubat selalu menjadi hal yang sangat utama. Hendaknya semua umat muslim menyambut Ramadhan dengan taubatan Nasuha, menghidupkan bulan Ramadhan, juga selalu mempersiapkan diri untuk berpuasa.

Hanya dengan bertaubat, maka anda bisa menjalankan dan memaksimalkan pahala saat datangnya bulan suci ini. Allahumma Aamiin.

Mempelajari Ilmu Agama Islam

Hal baik yang bisa anda lakukan saat hendak Ramadhan adalah dengan mempelajari ilmu agama. Amalan menjelang Ramadhan ini juga bisa memberikan banyak pahala dan wawasan mengenai Islam.

Ilmu sangat utama yang harus anda ketahui sebelum beramal dan berkata. Hal ini juga menjadi salah satu syarat bisa diterimanya amal setelah ikhlas (Mutaba’ah). Maka dari hal itu, memperdalam ilmu mengenai bulan suci adalah amalan yang baik dan penting.

Memperbanyak Berdoa Kepada Allah Ta’alla

Amalan menjelang puasa yang selanjutnya adalah memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Bukan hanya mendapatkan banyak pahala, akan tetapi doa-doa terbaik itu juga akan kembali kepada anda sendiri.

Persiapan untuk menyambutnya, alangkah lebih baiknya jika anda berdoa untuk bisa dipertemukan dan melakukan amalan kebaikan pada bulan suci tersebut.

Mengikuti Kajian atau Kultum

Meskipun sedang dalam masa pandemi seperti ini, bukan berarti kita tidak bisa mengikuti beragam kajian mengenai Ramadhan dan ilmu agama lainnya. Bahkan saat ini seperti anda bisa dengan mudah untuk mengikutinya.

Adanya smartphone dan media sosial bisa anda manfaatkan untuk melakukan salah satu amalan menjelang Ramadhan tersebut. Bahkan pada saat ini juga banyak aplikasi yang mendukung untuk anda bisa melakukan hal tersebut.

Salah satunya adalah YouTube. Meski jarang yang melakukan kajian di masjid atau mushola, dengan adanya YouTube tersebut, anda tetap akan mendapatkan pahala.

Nah, beberapa penjelasan mengenai amalan menjelang puasa ini bisa membantu anda untuk selalu berbuat kebaikan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)