Aplikasi Android Sinar, Alat Baru Mempermudah Pengurusan SIM

Aplikasi Android Sinar, Alat Baru Mempermudah Pengurusan SIM
Ilustrasi aplikasi android sinar. Foto : Ist/net

Aplikasi android sinar bisa dikatakan sebagai pengembangan pengurusan SIM online Tahun 2019 lalu. Sejak tahun 2019 lalu sudah ada pengurusan SIM secara online, kemudian kali ini Polri kembali merilis aplikasi android yang berna nama “sinar”. Sinar inilah yang nantinya akan mempermudah masyarakat dalam mengurus SIM, baik itu membuat atau memperpanjang.

Saat itu  masyarakat hanya bisa mengaksesnya melalui khusussim.koriantas.polri.go.id/devregistrasi/. 

Sinar sendiri nantinya akan mengakomodir proses memperpanjang dan pembuatan SIM melalui ponsel. Sehingga, orang yang memohon dapat melakukannya di manapun. Seperti itu kata kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan identifikasi lalu lintas polri komisaris besar.

baca juga: Aplikasi Ebook Reader Fitur Lengkap, Baca Buku Kapan Saja

Cara Menggunakan Aplikasi Android Sinar

Bila anda ingin melakukan pembuatan sim baru tentunya anda tetap diharuskan datang untuk melakukan ujian praktek. Namun, harus memiliki catatan lolos atau memenuhi persyaratan pada saat ingin melakukan registrasi online.

Selain itu, registrasi online menggunakan Sinar, juga dapat digunakan semua golongan. 

Sampai saat ini aplikasi Sinar masih belum masuk toko online ponsel android dan iOS, namuan rencananya akan rilis tanggal 12 April 2021 mendatang. 

baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 Untuk iOS/Android, Ini Daftarnya

Langkah-Langkah yang Harus Dipenuhi Saat Membuat SIM  Online

Langkah pertama, tentunya anda harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi android Sinar ini.

Kemudian, anda bisa meregenerasi nomor NIK. Face recognition, lalu pilih jenis SIM anda. Lakukan pembayaran PNBP SIM baru, lakukan ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal.

Jika telah lulus, anda akan mendapatkan kode QR. Anda bisa memilih satpas lalu pilih jadwal ujian praktek.

baca juga: Aplikasi Personal Trainer Gym, Solusi Peroleh Tubuh Sehat dari Rumah

Sedangkan Cara Mengurus dan Memperpanjang SIM 

Memperpanjang SIM bisa secara online melalui tahap-tahap berikut.

Langkah pertama tetap anda harus memiliki aplikasi sinar terlebih dahulu. Lalu melakukan verifikasi nomor HP (OTP) anda. Kemudian lakukan registrasi nomor NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie. Jangan lupa untuk verifikasi NIK dan SIM juga. Setelah itu pilih jenis SIM yang anda gunakan saat ini lalu pilih lokasi satpas terdekat. 

Anda juga perlu melakukan verifikasi hasil kesehatan dan psikolog. Kemudian isi rekening pengembalian atau pembatalan. Jangan lupa untuk pilih metode pengiriman.

Setelah itu anda bisa mengupload pas foto, beserta tanda tangan anda. Lakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim, lalu cek kembali SIM anda. Setelah itu ,dari pusat akan mengirim SIM anda kembali. Selanjutnya, SIM anda telah anda bisa terima kembali. 

Memang, korps lalu lintas kini sudah memastikan bahwa pembuatan dan memperpanjang SIM secara online, dengan menggunakan aplikasi android Sinar atau juga bisa disebut ‘SIM Nasional presisi”. 

Sejatinya aplikasi ini merupakan salah satu program kerja 100 hari kapolri jenderal listyo Sigit Prabowo. Aplikasi ini sendiri sudah terjadwal akan tampil pada tanggal 12 april 2021, Senin mendatang, dan dapat anda unduh melalui android atau ISO.

Aplikasi Sinar ini juga berbasis Mobile App, sehingga dapat anda unduh dalam play store. Ada juga layanan yang nantinya dapat secara online, seperti uji teori SIM. Layanan pemeriksaan psikologi melalui dapat melalui aplikasi E-ppsi, lalu layanan pemeriksaan kesehatan dapat melalui aplikasi E-Rikkes.

Tentunya, dengan hadirnya aplikasi seperti ini akan lebih membantu masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor untuk memperpanjang SIM. Hadirnya aplikasi tersebut juga dapat mengurangi jumlah orang yang akan terkena virus Corona, karena mereka dapat melakukan registrasi tanpa harus mendatangi kerumunan.  

Aplikasi android Sinar ini khusus untuk pembuatan SIM A dan C secara online. Mereka juga dapat melakukan ujian teori secara online. 

Penutup

Dengan hadirnya aplikasi ini masyarakat tentunya akan lebih terbantu. Aplikasi ini menyediakan layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang susunya merasa canggung dan bingung harus bagaimana jika SIM mereka harus perpanjang untuk pertama kalinya.

Penggunaan aplikasi ini juga sangatlah efisien. Aplikasi android Sinar ini mampu mempermudah proses pembuatan serta memperpanjang SIM anda. Awalnya proses pengerjaanya berjalan  dengan lama sekarang, dengan adanya aplikasi Sinar semua prosesnya dapat berjalan secara teratur dan cepat.

Jadi, anda sebentar lagi akan mendapatkan kemudahan dari Aplikasi android Sinar dalam memproses SIM nantinya. Semoga Polri dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi lainnya, demi dapat membantu masyarakat lebih banyak. (R10/HR-Online)