Aplikasi Bayar Zakat Online, Praktis dan Mudah dengan Fitur Lengkap

Aplikasi Bayar Zakat Online
Ilustrasi Aplikasi Bayar Zakat Online. Foto: Ist/Net

Aplikasi bayar Zakat Online dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin menuaikan zakat saat pandemi saat ini. Membayar zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang telah memenuhi syarat di bulan Ramadhan.

Namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas, termasuk dalam membayar zakat.

Namun jangan khawatir, hal ini dapat anda atasi dengan memanfaatkan adanya aplikasi ada Android. Saat ini telah banyak tersedia, aplikasi untuk membayar zakat secara online .

Membayar zakat secara online menurut Direktur utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Arifin Purwakananta menyatakan hal tersebut hukumnya adalah sah.

baca juga: Manfaat Zakat Mal untuk Membersihkan Harta dan Membantu Sesama

Pilihan Aplikasi Bayar Zakat Online Terbaik

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang ke 4 serta menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan syariat Islam. Hukum zakat adalah wajib bagi setiap umat Muslim yang telah memenuhi syarat yang telah ditentuan.

Zakat juga merupakan bentuk dari ibadah seperti halnya sholat, puasa, dan yang lainnya. Pembayaran zakat biasanya ditunaikan menjelang hari raya Idul Fitri. Pada umumnya, masyarakat membayar kewajiban zakat fitrah langsung ke masjid terdekat.

Namun karena adanya pandemi Covid-19 yang membatasi setiap aktivitas masyarakat. Maka aplikasi bayar zakat online dapat menjadi solusi tepat bagi masyarakat.

Dengan adanya aplikasi ini sangat membantu orang-orang memiliki kesibukan tinggi atau pun untuk mengatisipasi penyebaran virus corona untu membayar zakat secara lebih mudah.

Adapun pilihan aplikasi bayar zakat online yang dapat anda manfaatkan antara lain:

baca juga: Zakat pada Zaman Rasulullah SAW Dikelola oleh Lembaga Pemerintahan

Kitabisa

Zakat yang anda bayarkan melalui aplikasi Kitabisa akan disalurkan ke sejumlah mitra. Seperti Rumah Zakat. Dompet Dhuafa, Badan Amil Zakat Nasional, dan sebagainya.

Bagi pengguna alikasi ini, terdapat menu bertulisakan “Tap Zakat” selanjutnya pilih lembaga mitra zakat Kitabisa, kemudian klik Zakat.

Sebagai contoh anda memilih mitra BAZNAZ, maka anda klik Tunaikan Zakat kemudian isi nominal zakat yang akan anda bayarkan selanjutnya pilih metode pembayaran.

baca juga: Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

DANA

Aplikasi bayar zakat online selanjutnya adalah DANA. Salah satu dompet digital yang memudahkan pengguna untuk membayar zakat secara online.

Selain membayar zakat fitrah, para pengguna dapat membayar zakat profesi melalui aplikasi ini. Hanya dengan klik fitur Dompet Dhuafa pada laman utama DANA. Selanjutnya pilih zakat yang akan anda bayarkan. Lalu, masukkan nominal serta klik Pay Zakat untuk membayar.

Amalin

Merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan pilihan zakat seperti zakat emas, zakat perdagangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakat profesi, zakat harta, hingga zakat pertambangan.

Melalui aplikasi bayar zakat online satu ini, zakat yang dibayarkan ole para pengguna akan disalurkan pada sejumlah organisasi pemberdayaan masyarakat, dakwah, pelayanan untuk dhuafa serta adokasi zakat.

Laman Resmi Baznas

Baznas memberi kesempatan bagi msayarakat untk mencoba layanan bayar zakat fritra secara online. Caranya cukup mudah, hany daengan mengunjungi situs https://baznas.go.id/bayarzakat. Selanjutnya isi formasi yang diperlukan. Seperti janis zakat hingga jumla nominal yang akan dibayarkan.

Berikutnya, pilih metode pembayarana yang akan anda gunakan. Lalu baca niat pembayaran zakat yang terdapat pada laman tersebut dan klik “lanjutkan pembayaran”. Proses terakhir, konfirmasi pembayaran dengan sesuai dengan panduan yang ada.

LinkAja

Pilihan aplikasi bayar zakat online selanjutnya adalah LinkAja. Salah satu dopet digital yang mempunyai layanan LinkAja Syariah, salah satunya berisi mengenai program Zakat dan Sedekah Berbasis Kelurahan.

Program ini dumulai dari area Jakarta yang berkeja sama dengan BAZIS DKI. Aplikasi ini mempunyai fitur LinkAja Berbagi.

Fitur ini berfungsi untuk memberikan donasi, sedekah serta zakat melalui lembaga yang bekerja sama dengan aplikas LinkAja. Seperti Amil Zakat Nasional (BAZNAZ), Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan lain sebagainya.

Tokopedia Zakat

Tidak hanya bermanfaat untuk pembelian barang, Tokopedia juga menyediakan layanan pembayaran zakat. Sama halnya dengan apliki sejenis lainnya, Tokopedia juga bekerja sama dengan sejumlah badan zakat seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, BAZNAZ dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin memanfaatkan aplikasi bayar zakat online satu ini, maka anda dapat klik Zakat Laly, kemudian masukkan jumlah zakat. Klik selanjutnya serta masukkan NPWP, lalu klik Bayar Zakat. (R10/HR-Online)