Aplikasi Ebook Reader Fitur Lengkap, Baca Buku Kapan Saja

Aplikasi Ebook Reader
Ilustrasi Aplikasi Ebook Reader. Foto: Ist/Net

Aplikasi ebook reader dapat menjadi pilihan tepat bagi anda yang memiliki kegemaran membaca. Sebagian besar orang mungkin membaca ebook pada perangkat tablet atau e-reader khusus.

Hal ini tentu lebih nyaman dibandingkan dengan mengeluarkan laptop setiap kali akan membaca beberapa halaman.

Bahkan semenjak kehadiran smartphone dengan layar yang lebar atau biasa disebut phablet, maka kita akan memperoleh kemudahan untuk menikmati beragam jenis konten digital. Salah satunya adalah membaca digital atau yang populer dengan istilah ebook.

baca juga: Aplikasi Jadwal Puasa Ramadhan 2021 Untuk iOS/Android, Ini Daftarnya

Pilihan Aplikasi Ebook Reader Terbaik

Kini ebook menjadi kian populer dengan kepraktisannya. Para penggemarnya tidak perlu lagi membawa banyak buku hanya untuk sekedar membaca dalam waktu luang.

Ebook membuat penggemarnya semakin leluasa untuk membawa buku sebanyak apapun hanya dalam genggaman tangan.

Namun untuk dapat membaca ebook secara lebih leluasa, tentu anda memerlukan adanya dukungan aplikasi yang cukup mumpuni.

Hal ini bertujuan supaya kegiatan membawa anda lebih mengasyikkan. Berikut ini akan kita ulas mengenai beberapa pilihan aplikasi ebook reader terbaik.

Sehingga dapat menjadikan membaca ebook anda menjadi lebih nyaman melalui perangkat yang anda gunakan. Ragam aplikasi tersebut antara lain:

baca juga: Aplikasi Sekuritas Terbaik di Indonesia

Moon + Reader

Pilihan aplikasi ebook reader yang pertama adalah Moon+ Reader. Aplikasi ini cukup populer yang terdapat pada layanan Google Play Store.

Moon+ Reader hadir dengan bekalan beragam jenis fitur serta dukungan file. Dengan demikian, menjadikan aplikasi Moon+ Developer ini memperoleh rating 4,5, serta telah digunakan lebih dari 226 ribu pengguna.

Pilihan Moon+ Reader free telah cukup mumpuni untuk berbagai keperluan membaca. Para penggiat literasi dapat highlight atau menandai teks yang mereka inginkan.

Selain itu, kecepatan membaca anda juga dapat terekam. Berapa lama waktu yang pembaca perlukan untuk menyelesaikan satu buku. Hal ini dapat terukur lewat aplikasi ini.

Keistimewaan dari aplikasi ebook reader satu ini adalah pengguna dapat membaca semua file buku digital yang terdapat pada format: FB2, PRC, CHM, CBZ, CBR, UMD, DOCX, EPUB, PDF, DJVU, AZW3, MOBI, WEBP, RAR, ZIP or OPDs, ODT, RTF, TXT, HTML, dan MD (MarkDown).

baca juga: Aplikasi Krealogi untuk UMKM, Revolusi Digital untuk Optimalkan Bisnis

Amazon Kindle

Pilihan aplikasi ebook reader terbaik selanjutnya adalah Amazon Kindle. Merupakan salah satu aplikasi pembaca buku digital yang cukup banyak penggemarnya.

Pada aplikasi ini terdapat salah satu toko ebook terbesar serta paling konsisten di internet. Selain itu, Amazon Kindle juga mempunyai beragam fitur membaca, sinkronisasi antar perangkat, dan juga beragam koleksi buku gratis.

Tampilan dari aplikasi ini penuh dengan iklan. Akan tetapi, bagian untuk membaca sebenarnya bebas dari adanya iklan. Terdapat pula beragam pengaturan kustomisasi ketika membaca.

Amazon Kindle merupakan pilihan yang sangat tepat untuk ketersediaan buku. Selain itu, anda juga dapat mendownload buku untuk penggunaan secara offline apabila anda perlukan.

Cool Reader

Cool Reader merupakan salah satu aplikasi ebook reader selanjutnya yang mampu membaca hampir semua format, termasuk komik digital. Apabila dalam user interface atau tampilan Moon+ Reader terkesan lebih bersih serta modern.

Untuk Cool Reader memiliki kesan klasik dan seperti rasa “kayu”. Melalui aplikasi Cool Reader dapat membaca semua file ebook atau buku digital dalam format EPUB atau non DRM, CHM, TCR, PDB, PRC, MOBI (non-DRM), PML formats, FB2, DOC, TXT, RTF, serta HTML.

Termasuk pula mengenai buku-buku yang memakai huruf bukan alfabet, misalnya aksara Jepang Korea, Mandarin, hingga autodetection of TXT file encoding (Shift_JIS, GBK, BIG5, EUC_KR).

EBookDroid

EBookDroid merupakan salah satu pilihan aplikasi pembaca buku digital gratis yang cukup baik. Aplikasi ini memiliki dukungan untuk berbagai jenis file yang paling umum. Seperti DJVU, PDF, FB2, CBR, XPS, CBZ (buku komik), EPUB biasa, RTF, MOBI, dan juga AWZ3.

EBookDroid memiliki tampilan yang cukup sederhana, akan tetapi sangat efektif. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan dukungan kamus, penyorotan teks, anotas,i serta banyak lagi.

Menariknya lagi, dalam aplikasi Ebook Reader satu ini juga memiliki pilihan plugin yang menambah fungsionalitasnya. Semuanya itu dapat anda nikmati secara gratis tanpa terganggu adanya iklan. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid