Aplikasi Google Stack Pemindai Dokumen Terbaru, Ini Informasinya

Aplikasi Google Stack
Aplikasi Google Stack. Foto: newsbeezer.com

Aplikasi Google Stack merupakan aplikasi Android untuk memindai atau scanner dokumen dengan menawarkan fitur sortir dan pengkategorian berkas. 

Stack merupakan aplikasi terbaru besutan Area 120 yang merupakan inkubator in house milik Google. Stack menggunakan kamera ponsel untuk scanner. 

Google memanfaatkan platform kepintaran DocAl dalam membuat layanan Stack. Sehingga mewujudkan layanan untuk membantu pengguna agar dokumen menjadi lebih teratur. 

baca juga: Aplikasi Dokkes Presisi Resmi Diluncurkan Kapolri, Ini Fungsinya

Kinerja Aplikasi Google Stack Dengan Dukungan Al

Stack mengadopsi teknologi DocAl untuk menganalisis dokumen. Dengan kemampuan Artificial Intelligence, mendukung pengkategorian secara otomatis. 

Menurut informasi dari pengembang aplikasi tersebut yakni Christopher dan Matthews, aplikasi canggih ini telah dimiliki Google. Bahkan mereka bergabung dengan Google beberapa tahun lalu. 

Bervisi komputer serta pemahaman bahasa Google, memudahkan pembelajaran bagi siswa sekolah menengah. Tampaknya aplikasi ini berguna bagi beberapa pengguna. 

Stack mampu memindai nota, kartu identitas, perbankan, dan secara otomatis tersemat nama. Dengan sendirinya, aplikasi merekomendasikan kategori yang tepat kepada pengguna. 

baca juga: Aplikasi Android Sinar, Alat Baru Mempermudah Pengurusan SIM

Selain itu, aplikasi ini dapat memindai struk belanja, slip gaji, tagihan, dan berbagai jenis dokumen lainnya. Aplikasi Google Stack semakin canggih dengan akses informasi berupa total pembayaran maupun tanggal jatuh tempo yang tercantum dalam dokumen pindai. 

Pencarian dokumen yang cepat dapat dilakukan dengan judul, namun juga dari teks dokumen secara keseluruhan. Sehingga pengguna tidak kebingungan mencari file. 

Anda juga bisa mengaktifkan integrasi Google Drive untuk menyimpan semua berkas anda di Cloud. Hal ini memberikan kemudahan kepada anda sehingga anda tidak akan kehilangan berkas jika aplikasi dimatikan. 

baca juga: Aplikasi Google Workspace Siap Menunjang Aktivitas WFH Saat Pandemi

Stack Berbekal Kunci Keamanan

Stack memiliki fitur keamanan yang dapat mengunci dokumen sehingga berkas dapat diakses dengan sidik jari. Penggunaan teknologi keamanan maupun sign in pada aplikasi Google Stack yang sangat canggih melindungi dokumen anda.

Bahkan terdapat perlindungan ganda pada ponsel yakni dengan cara pemindai wajah dan sidik jari dalam membuka aplikasi ini. 

Aplikasi pintar yang satu ini menyimpan salinan dokumen anda ke Google Drive sehingga data anda lebih aman. Kedepannya, meskipun pengguna tak lagi menggunakan aplikasi, dokumen tetap bisa anda akses lewat drive tersebut.

Hanya dengan mengekspornya, anda sudah dapat menggunakan dokumen. Faktanya aplikasi ini telah rilis di Amerika Serikat, namun tetap masih dalam tahap pengembangan.

Bahkan Christopher mengungkapkan bahwa perilisan masih tahap awal dan bisa salah. Oleh karena itu, tetap akan ada perbaikan secara terus-menerus hingga sempurna. 

Informasi Pengunduhan Stack

Menurut informasi, per 5 April 2021 ini, aplikasi Google Stack terunduh lebih dari 10 ribu kali. Bahkan telah dimutakhirkan terakhir pada 29 Maret 2021. Sedangkan versi untuk saat ini 1.5.36.5000750. 

Aplikasi tersebut memiliki kapasitas mentah yakni 67 MB dan kompatibel perangkat Android 7.0. Namun aplikasi Google Stack masih belum terungkap kapan peluncuran ke Indonesia.

Pengguna dapat menunggu hingga peluncuran aplikasi sambil menggunakan aplikasi lainnya yang sudah tersedia. Aplikasi yang dapat anda pakai saat ini berupa CamScanner, Simple Scan, Camera to PDF Scanner, dan Camera Scanner. 

Meski anda dapat menggunakan beberapa aplikasi, anda tetap memerlukan akses ke kamera. Hal ini untuk memindai maupun menyimpan hasil scan. Anda dapat mengizinkan akses dengan mengetuk Allow ketika menjalankan salah satu dari aplikasi yang tersedia. 

Aplikasi selain Google Stack, biasanya terdapat iklan yang cukup mengganggu anda dengan menawarkan pembelian item. Bahkan ada aplikasi yang menawarkan biaya berlangganan premium agar fitur terkunci.

Memang dari beberapa berkas tersimpan pada Google Drive. Penyimpanan secara online internet dapat anda ekspor kapan saja. 

Anda dapat mengunduh file drive saat ingin menggunakannya. Banyak manfaat yang tersimpan dalam Google Drive dan tidak hanya untuk pengolah kata atau persentasi saja. 

Anda dapat menggunakannya untuk mencatat hal penting menggunakan Google Keep. Bahkan anda bisa gunakan sebagai pengingat. Itulah mengapa Stack juga integrasi dengan Google Drive. Hal ini karena penggunaannya sangat mudah dan praktis. 

Di sana anda juga dapat menyimpan link tanpa perlu copy dan paste. Dengan menghubungkan Google Drive ke ekstensi browser Chrome anda, maka dokumen sudah dapat terakses kembali. Aplikasi Google Stack menjadi solusi yang membawa kemudahan untuk pengguna. (R10/HR-Online)