Aplikasi Transkrip Suara ke Teks Terbaik, Ini Daftar Aplikasinya

Aplikasi Transkrip Suara Ke Teks
Ilustrasi Aplikasi Transkrip Suara Ke Teks. Foto: Ist/Net

Aplikasi transkrip suara ke teks sekarang ini sudah menjamur. Orang tak lagi kesulitan dalam mengubah audio ke teks secara otomatis. 

Terutama anda yang memiliki file audio berisi dialog narasumber atau bahkan mahasiswa yang mengerjakan skripsi dan malas mengetik, aplikasi tersebut sangat membantu anda. 

Perkembangan teknologi sekarang ini memang mempermudah dalam pekerjaan manusia. Terutama kecanggihan yang selalu tersedia mendukung aktivitas penggunanya. Namun dengan banyaknya aplikasi tersebut, terkadang orang bingung memilih terhadap aplikasi yang berkualitas dan berfungsi baik. 

baca juga: Aplikasi Tadarus Al Quran Terbaik Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Daftar Aplikasi Transkrip Suara ke Teks Terbaik

Anda dapat menggunakan salah satu rekomendasi aplikasi audio to text converter berikut untuk memudahkan berbagai pekerjaan anda. 

baca juga: Aplikasi Pocket Family Karaoke Entertainment Pertama Dunia, Ini Infonya

Google Keyboard

Daftar pertama adalah Google Keyboard. Sekarang ini banyak smartphone Android yang sudah berbekal aplikasi tersebut. Google Keyboard mendukung speech to text transcription. 

Bahkan aplikasi tersebut memiliki lebih dari 60 bahasa dan anda dapat mengunduhnya meski penggunaan offline. Kelebihan aplikasi ini memiliki voice typing lebih baik. 

Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store dengan mudah. Keunggulan dari aplikasi tersebut mudah digunakan dan banyak fitur tambahan. 

Meskipun awalnya dirancang untuk input fisik, namun aplikasi tersebut memiliki opsi menginput ucapan secara langsung dan mengubah menjadi teks. 

baca juga: Aplikasi Galeri Untuk Android yang Wajib Anda Ketahui, Ini Daftarnya

Speechnotes

Pada dasarnya Speechnotes hampir sama dengan Gkeyboard. Aplikasi transkrip suara ke teks tersebut memiliki teknologi pengenalan suara bawaan Google. Selain itu, dapat mengenali tanda baca dan penggunaannya juga lebih mudah. 

Menggunakan aplikasi tersebut sangat mudah karena tidak membutuhkan akun atau syarat lainnya. Anda cukup membuka dan menekan ikon mikrofon yang ada pada aplikasi tersebut. 

Bahkan anda dapat menambahkan tanda tangan atau nama dalam aplikasi dengan tombol khusus bawaannya. Perubahan ukuran font maupun teks hingga pembelian untuk fitur premium. 

Nuance Dragon Professional

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi untuk kelas bisnis, maka Nuance Dragon Professional ahlinya. Terutama untuk pengguna Pro, aplikasi tersebut berfungsi untuk mengedit dokumen, menjelajahi web, memberikan akses menentukan dan membuat spreadsheet. 

Kelebihan aplikasi transkrip suara ke teks ini adalah mampu mengetik dengan kecepatan 160 kata per menit. Bahkan dengan tingkat akurasi sebesar 99 persen. 

Dengan aplikasi tersebut, anda dapat mengimpor daftar data khusus dan fitur tambahan untuk menyalin file. 

Just Press Record 

Aplikasi ini memiliki fitur cloud dan multilingual. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mengubah audio ke teks dengan mudah. 

Dengan fitur terbaik dalam perekaman, aplikasi tersebut menawarkan layanan transkripsi yang sangat baik. Anda dengan mudah mengeditnya di dalam aplikasi karena tersedia 30 bahasa. 

Kecanggihan Aplikasi transkrip suara ke teks memiliki pengenalan tanda baca, sehingga memungkinkan anda mengakses catatan berbagai perangkat secara online. Anda dapat berbagi file audio dan teks ke aplikasi lainnya. 

Otter Voice Meeting Notes

Aplikasi ini dapat menyalin catatan suara secara langsung dari file audio yang sudah direkam sebelumnya. Terdapat fitur canggih berupa web app access, calendar syncing, kolaborasi tim dan lainnya. 

Evernote

Selanjutnya, adalah Evernote. Aplikasi ini juga mendukung pengubahan file audio ke teks. Bahkan lengkap dengan berbagai fitur andalannya. 

Transcribe

Aplikasi ini mendapat dukungan dari 80 bahasa dari seluruh dunia. Kelebihannya dapat mengimpor dari layanan dropbox. Hasil transkripsi aplikasi ini sangat berkualitas tinggi hanya dengan menekan satu tombol saja. 

Aplikasi transkrip suara ke teks ini mengadopsi kecerdasan buatan AI. Bahkan aplikasi tersebut mampu mengubah video dan audio menjadi teks berkat kecerdasan AI. 

Notulite

Aplikasi Notulite ini memudahkan anda dalam mengubah suara ke teks dengan waktu yang sangat cepat dan akurasi tinggi. Terdapat fitur menarik berupa diarisasi pembicara yakni mengenali karakteristik suara dan format teks dengan kinerja penerjemahan suara ke bentuk teks. 

Aplikasi ini sebenarnya cukup lama dan sudah banyak digunakan. Bahkan aplikasi ini dikembagkan oleh Google. Bahasa yang terdapat dalam aplikasi tersebut berupa Spanyol, Arab, China, Inggris dan masih banyak lagi. Tanpa mengetik, anda dengan mudah melakukan perintah suara menjadi teks. 

Dengan aplikasi transkrip suara ke teks tersebut, pekerjaan anda semakin ringan dan mudah sehingga menambah produktifitas dalam bekerja. (R10/HR-Online)