Senin, Februari 6, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAsisten Virtual Spotify Android Resmi Diluncurkan, Ini Cara Menggunakan

Asisten Virtual Spotify Android Resmi Diluncurkan, Ini Cara Menggunakan

Asisten virtual Spotify Android kini meluncur dengan nama Hey Spotify. Sesuai informasi yang beredar, Hey Spotify mulai hadir di Android pada 6 April lalu. Bahkan juga di iOS.

Fitur tersebut memungkinkan anda untuk memutar album, lagu, bahkan playlist dengan voice command. Sebenarnya hampir mirip dengan asisten digital Google, Alexa maupun Siri. 

Fitur tersebut dapat anda temukan pada pengaturan atau setting aplikasi. Berbekal pembaharuan yang semakin cerdas, fitur tersebut bisa menebak judul lagu yang sedang anda putar. 

Cara Menggunakan Asisten Virtual Spotify Android ‘Hey Spotify

Penggunaan fitur tersebut cukup mudah dan hampir sama dengan Google. Anda dapat mengaktifkannya cukup dengan kalimat “Hey Spotify” yang diiringi judul lagu yang ingin anda putar. 

Baca Juga: Spotify Wrapped 2020, Cara Membuat dan Membagikannya ke Medsos

Meskipun hampir sama dengan Virtual Siri atau Google Assistant, namun perintah yang dapat anda lakukan di fitur asisten Spotify Android ini tidaklah banyak. 

Hey Spotify dapat melakukan perintah dasar berupa mencari lagu dan memutar lagu. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, secara siaga akan menerima perintah suara. 

Aplikasi tersebut hanya akan menangkap perintah setelah penggunanya mengucapkan kunci “Hey Spotify”. Anda dapat menggunakan fitur dan aktif hanya dalam kondisi tertentu. 

Hal ini ketika kondisi layar anda masih menyala dan aplikasinya terbuka. Oleh sebab itu, jika tidak dalam kondisi menyala seperti yang sudah dijelaskan, maka pengguna tidak dapat mengaktifkan fitur pengendali suara ini. 

Namun asisten virtual Spotify Android tidak dapat mengerjakan perintah lainnya seperti menutup aplikasi maupun memutar lirik. Pihak Spotify menyampaikan bahwa hanya ada penyimpanan rekaman serta data pencarian sesuai kata perintah dari pengguna.

Hal ini demi menjaga hak privasi pengguna. Fitur tersebut belum tersedia di Indonesia. Kabarnya aplikasi bakal diluncurkan secara berkala pada Android dan iOS. 

Secara singkat anda dapat menggunakan aplikasi setelah mengizinkan akses microphone. Kemudian anda aktifkan Hey Spotify melalui pengaturan yang ada pada beranda Spotify. 

Anda lanjutkan dengan klik tab Voice Interactions. Kemudian aktifkan toggle Hey Spotify. Apabila toggle tersebut telah aktif, maka secara otomatis anda dapat menikmati aplikasinya. Anda dapat mencari lagu, album, podcast, dan lainnya. 

Fakta Peluncuran Assistant Virtual Spotify

Asisten Virtual Spotify Android tidak benar-benar menambahkan fungsi selain memungkinkan pencarian suara itu sendiri. Kemungkinan dari Spotify sendiri mengharapkan pengguna lebih fokus terhadap pencarian suara bawaan. 

Bahkan beberapa bulan yang lalu, Spotify mengumumkan berbagai hal baru untuk meningkatkan tingkat langganan Hifi. Selain itu, menggabungkan musik dan podcast di halaman yang sama dengan desain baru yakni di Mac, iOS, maupun aplikasi lainnya. 

Baca Juga: Receiptify di Spotify, Struk Lagu Favorit yang Cukup Viral di Medsos

Oleh karena itu, tidak banyak yang kita dapat dari fitur tersebut selain meminta hal yang ada dalam aplikasi. Karena kehadirannya cukup baru, maka tidak banyak orang yang mengetahui cara mengaktifkan maupun penggunaannya. 

Kini anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan mengucapkan kata bangun untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan. Selain untuk pencarian suara, sebelumnya aplikasi ini tersedia bagi para pelanggan Premium. 

Ketika anda mengucapkan frasa kunci saat pencarian, maka layar Spotify menyala dan akan terus mendengarkan. Hal tersebut yang sering dikhawatirkan karena tidak ada privasi. 

Kelebihan menggunakan asisten virtual Spotify Android, memudahkan anda dalam memutar lagu serta bisa mencari koleksi lagu yang beragam dan gratis.

Baca Juga: Aplikasi YouTube Music Rilis di Indonesia, Layanan Musik Streaming Mirip Spotify 

Berbagai genre musik bisa anda nikmati melalui Spotify hingga podcast eksklusif yang ada di dalam aplikasi tersebut. Kini anda tak lagi ribet mengetikkan judul lagu.

Hanya dengan perintah suara tersebut, anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan. Tentu saja sangat praktis bukan? Sayang untuk anda lewatkan.

Perlu untuk anda pahami, memanfaatkan fitur hanya dapat dilakukan ketika aktif saja. Anda dapat menonaktifkan secara default dengan mengakses pengaturan aplikasi, yakni dengan menekan roda gigi yang terletak pada sudut kanan atas di halaman utama. 

Selanjutnya mengakses interaksi suara hingga saklar Hey Spotify. Dengan mengetahui adanya fitur dan cara menggunakan asisten virtual Spotify Android, anda semakin mudah menggunakannya. Maka dari itu, jangan ragu untuk memanfaatkan aplikasi canggih yang satu ini. Dengan penggunaan yang mudah, anda akan merasakan segala kemudahannya. (R10/HR-Online)