Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruAsteroid GW4 2021 Seukuran Mobil Mendekati Bumi

Asteroid GW4 2021 Seukuran Mobil Mendekati Bumi

Asteroid GW4 2021 mendekati bumi, berada pada jarak 12.324 mil atau sekitar 19.833 km. Lebih tepatnya berada di titik terdekat hari Senin pagi waktu Pasifik.

Hal tersebut merupakan pernyataan dari astronom Harvard Jonathan McDowell.

Asteroid GW4 2021, Jarak Terdekat  dengan Bumi dan Beberapa Satelit

Mengutip cnet.com, sebuah batu luar angkasa yang mempunyai ukuran sebesar mobil mendekati Bumi. Namun tidak terlalu mengintimidasi keberadaannya. 

Kejadian tersebut terjadi pada Senin pagi hari. Asteroid jauh berada dalam cincin. Dimana banyak satelit buatan yang mengorbit Bumi. Pada ketinggian kurang lebih 22.236 mil atau 35.786 kilometer.

Satelit terdekat adalah geostasioner dengan orbitan 22.000 mil atau 35.786 kilometer di atas Bumi.

Kondisi ini masih beruntung, karena masih ada ruang kosong pada ketinggian tersebut. Satelit paling dekat dengan Asteroid GW4 2021 adalah GPS militer. Perkiraan jaraknya sekitar 1.243 mil atau 2.000 kilometer.

NASA telah memperkirakan diameter asteroid tersebut antara 11 sampai 25 kaki. Bila dalam hitungan meter berarti sekitar 3,5 dan 7,7 meter. Asteroid sangat kecil, sehingga jika bertabrakan dengan atmosfer Bumi maka akan terbakar.

GW4 2021 awal mulanya terlihat pada awal April oleh Mt. Lemmon Survey di Arizona. Batuan antariksa seperti asteroid tersebut sering ditemukan beberapa jam sebelum lintasan terdekatnya. Bahkan sudah terlihat dari planet Bumi.

Sepanjang tahun 2021 ini, hanya ada dua asteroid yang mendekati Bumi. Namun, semua objek yang ada di sekitar kosmik tidak pernah menjadi ancaman nyata. 

Kunjungan Asteroid GW4 2021 sedekat ini kemungkinan akan datang pada abad berikutnya. Hal tersebut merupakan perhitungan NASA awal dari orbit objek. Lingkaran orbit hampir dua tahun dalam mengelilingi matahari. 

Baca Juga: Asteroid 1999 RM45 Terlacak NASA Melintasi Bumi, Intip Faktanya

Asteroid Bertenaga Tinggi

Asteroid merupakan benda luar angkasa dengan ukuran lebih kecil daripada planet. Pada umumnya lebih besar daripada meteorit. 

Secara visual, asteroid berbeda dengan komet. Bila komet tampak ekor, namun  asteroid tidak memilikinya.

Ada berjuta-juta asteroid, mengorbit pada sabuk asteroid, yakni antar planet Mars dan Jupiter. Namun terdapat populasi yang signifikan, termasuk asteroid yang mendekati Bumi.

Saat Asteroid GW4 2021 pertama kali terlihat oleh para astronom, hal tersebut merupakan proyek penemuan asteroid bertenaga tinggi. Para astronom menyebutnya Catalina Sky Survey. 

Pusat Studi Objek Dekat Bumi telah mengidentifikasi adanya asteroid lebih dari 500 tahun ini.

Sampai saat ini asteroid yang mendekati bumi sudah lebih dari 25.500. Tetapi tidak perlu khawatir, karena sebagian besar ukuran asteroid sangat kecil. Jadi, bukan ancaman bagi planet Bumi. 

Asteroid GW4 2021 melintas terdekat dengan bumi pada kilometer 26.200. Jarak tersebut hampir sama dengan jarak sepersepuluh antara Bulan dan Bumi. Jarak rata-rata antara Bulan dan Bumi sekitar 384.400 kilometers.

Baca Juga: Asteroid 2020 TB12 Dekati Bumi, NASA Menyebutnya ‘Berpotensi Bahaya’

Pengamatan Objek

Batuan luar angkasa atau asteroid bergerak pada kecepatan 18.706 mil per jam. Jadi, relatif terhadap Bumi 30.104 km per jam.

Asteroid tidak bisa terlihat dengan mata telanjang. Harus menggunakan teleskop dan dalam jangkauan kamera.

Pengamat dapat menangkap asteroid GW4 2021 yang melewati M95. Letaknya berada di garis lintang dekat dengan ekuator Bumi. Sementara pengamat di AS harus menangkap asteroid yang melintas tepat di bawah galaksi. 

Asteroid seukuran mobil tersebut sangat dekat dengan galaksi Leo. Sekitar tengah malam antar matahari terbenam setempat batuan tersebut dapat terlihat. 

Batuan melintas begitu dekat dengan Bumi. Sehingga astrofotografer yang berada di lintang akan melihat batuan sedikit lebih dekat. Efek tersebut terkenal sebagai paralaks. Penyebabnya adalah perspektif dan kedekatan objek yang beda. 

Pergerakan cepat Asteroid GW4 2021 dapat dilacak dengan teleskop. Asteroid akan terlihat seperti titik cahaya yang tajam dan terang pada gambar. Kemudian akan mendapat sebuah tanda. 

Saat melihat asteroid, keadaan langit mendung waktu itu. Namun beruntungnya gambar yang terekam mempunyai kualitas bagus. 

Asteroid yang besar jarang datang dengan jarak yang relatif dekat. Namun pendekatan tersebut dapat dipastikan aman.

Dahulu, jarak minimum dengan besaran objek sama dengan asteroid tersebut memberikan dampak pada Bumi. Asteroid dapat menghasilkan semburan udara dan fragmen yang mencapai tanah.

Asteroid GW4 2021 tidak memberikan resiko sama sekali terhadap planet kita. Meskipun jarak minimumnya sekitar 20.000 km dengan ukuran 3,5 sampai 7,7 meter. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img