Atur Pola Tidur Saat Puasa, Tips Agar Tidak Lemas dan Tetap Produktif

Tips atur pola tidur saat puasa
Tips atur pola tidur saat puasa. Foto: Ist/Net

Tips atur pola tidur saat puasa dapat membantumu mendapat istirahat cukup sambil tetap menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Di bulan suci ini, terjadi perubahan aktifitas dengan sahur yang mengharuskan kamu bangun lebih awal dan banyak beribadah di malam hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Malas, Jauhi Bantal yang Posesif

Perubahan tersebut terkadang membuat kita mengantuk ketika bekerja, terutama bagi kamu yang tidak memiliki jam tidur teratur.

Begini Tips Atur Pola Tidur Saat Puasa

Agar tetap produktif di siang hari, berikut ini tips atur pola tidur saat puasa yang bisa kamu ikuti.

Periksa Makanan

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, disarankan tidak mengkonsumsi makanan 90 menit sebelum tidur.

Kamu sebaiknya menjauhi makanan berlemak. Begitu juga dengan makanan olahan susu harus kamu jauhi. Hal ini karena tubuh akan kesulitan mencerna kedua kandungan tersebut.

Jika sudah mengkonsumsi makanan berat, kamu pasti tidak bisa tidur hingga waktu sahur tiba. Mungkin bukan masalah besar jika kamu menekuni pekerjaan di sektor industri kreatif yang memiliki jam fleksibel. Tetapi jika kamu memiliki setumpuk tugas menanti di hari esok, begadang bisa merusak harimu.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bantu Kamu Tidur Lebih Cepat

Tidur Siang

Apabila kamu kurang tidur saat malam hari, keesokan harinya saat kamu berpuasa, tubuhmu akan lemas seharian.

Kamu bisa mengganti jam tidur malam kamu dengan tidur pada siang hari selama 30-60 menit. Jangan terlalu lama tidur siang, karena saat terbangun biasanya kita akan sangat haus.

Mencoba Power Nap

Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikan kesegaran dan stamina tubuh. Berbeda dengan tidur siang biasa, power nap dilakukan lebih singkat dengan memutus siklus sebelum masuk ke tidur nyenyak. Melakukan power nap juga dapat meningkatkan daya ingat.

Meskipun power nap bisa menjadi tips atur pola tidur saat puasa, namun tidak bisa menggantikan kebutuhan tidur yang utama. Orang dewasa umumnya butuh waktu 90-120 menit untuk meremajakan sel-sel tubuh saat tidur. 

Baca Juga: Makanan Sehat Sehari-hari, Ini Daftarnya yang Perlu Dikonsumsi

Perhatikan Lingkungan Tidur

Agar tidur menjadi lebih berkualitas, pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Jika memungkinkan, pakai earplug untuk mengurangi bising atau masker mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat. Suara bising dari elektronik juga sebaiknya dimatikan agar kamu bisa tidur dengan mudah.

Tubuh mengartikan cahaya sebagai waktunya bangun. Oleh karena itu, menutup tirai jendela kamar saat ingin melakukan tidur siang juga dapat membantumu terlelap. Melakukan tidur siang juga bisa menghindari resiko mengantuk saat mengemudi kendaraan.

Itulah tips atur pola tidur saat puasa yang bisa kamu coba. Tetap penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup, karena tubuh cenderung mudah lemas saat dehidrasi. Mengurangi junk food juga bisa lho membantu meningkatkan kualitas tidur. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu