Aurel Hermansyah Idap Kista Ovarium, Kenali Gejala dan Perawatannya

Aurel Hermansyah Idap Kista Ovarium Kenali Gejala dan Perawatannya
Foto: Instagram @attahalilintar

Aurel Hermansyah idap kista ovarium sebelum menikah. Ibundanya, Ashanty, telah memeriksakan Aurel ke Dokter. Setelah pemeriksaan, baru tahu jika ada kista ovarium yang bersarang di rahim.

Aurel dan Atta Halilintar resmi menikah serta menyandang status suami istri. Banyak publik figur dan tokoh penting yang menghadiri pernikahannya. Misalnya saja Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Fakta Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Disiarkan Live!

Reaksi Krisdayanti Tahu Aurel Hermansyah Idap Kista Ovarium

Aurel Hermansyah melakukan medical check up sebelum menikah. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Aurel Hermansyah idap kista ovarium.

Dokter kandungan yang memeriksa memastikan jenis kista apa yang ada dalam perut Aurel. Namun sang dokter memintanya untuk tidak khawatir.

Semua berharap bahwa kista tersebut hanyalah hormonal saja. Untuk itu, belum ada obat yang perlu dikonsumsi. Pemeriksaan akan berlanjut setelah menstruasi dengan harapan bisa hilang.

Aurel dan Atta sangat antusias ingin segera memiliki anak. Mereka juga memeriksakan diri untuk mengandung anak kembar dengan memeriksakan kesehatan.

Meskipun divonis memiliki kista ovarium, keadaan anak Anang Hermansyah tersebut sangat sehat. Ibu kandung, Krisdayanti sudah mengetahui jika Aurel Hermansyah idap kista ovarium dari umur 16 tahun.

Karena Krisdayanti atau lebih akrab dengan sapaan KD sudah pernah memeriksakan putrinya ke klinik. Kista ovarium berbentuk kantong yang berisi cairan dan muncul di ovarium. Kista ovarium membuat cemas para perempuan, namun kebanyakan bersifat jinak dan non kanker.

Penanganan kista tidak harus dengan cara operasi. Semua tergantung dari jenisnya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah gejala, usia, dan ukuran dari kista.

Ada sederet mitos yang perlu anda ketahui mengenai kista ovarium. Tidak semua kista ovarium berbahaya. Banyak kasus jika kista mempunyai ukuran kecil, sembuh dengan sendirinya dan tidak bersifat kanker.

Operasi hanya saat ukuran kista membesar secara tidak normal. Kista juga tidak membuat wanita mandul. Namun bisa menyebabkan komplikasi yang memicu kemandulan.

Banyak juga kasus kista ovarium yang berubah jadi sel kanker, namun ada yang tidak bersifat kanker. USG merupakan alat untuk membantu mendiagnosa jenis kista.

Baca Juga: Iffan Seventen dan Citra Monika Resmi Tunangan Hari Ini, 6 April 2021

Perawatan Penderita Kista Ovarium

Pengobatan Aurel Hermansyah idap kista ovarium bisa melakukannya dengan periksa ulang beberapa bulan. Apakah kista masih ada apa sudah hilang. Selain itu, pengobatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pil KB atau rekomendasi kontrasepsi hormonal.

Hal tersebut guna mencegah kista ovarium berulang. Akan tetapi, bila kista sudah ada, maka pil KB tidak mampu mengecilkannya.

Apabila kista sudah berukuran besar, maka perlu pengangkatan. Pembedahan bila kista tidak terlihat seperti fungsional dan tumbuh berlanjut. Pertumbuhannya lewat dua atau tiga siklus menstruasi sehingga menyebabkan rasa sakit.

Banyak kista yang terangkat tanpa mengganggu ovarium. Namun ada juga beberapa kasus yang mengharuskan ovarium yang terkena diangkat. Sementara untuk ovarium lainnya, dibiarkan tetap utuh atau ooforektomi.

Dokter akan memberikan rujukan ke spesialis ginekologi bila massa kistik bersifat kanker. Rahim, ovarium, dan saluran tuba akan terangkat. Kemungkinan lain adalah menjalani kemoterapi atau radiasi.

Baca Juga: Jessica Iskandar Gandeng Pria Bule Menghadiri Pernikahan Atta – Aurel

Kenali Gejala Kista Ovarium

Banyak wanita yang idap kista ovarium, salah satunya Aurel Hermansyah. Dalam beberapa bulan, biasanya kista akan hilang. Jika tidak hilang, maka akan menyebabkan komplikasi.

Namun, pada umumnya kista tidak mempunyai gejala. Bahkan akan hilang dengan sendirinya. Kista ovarium yang cukup parah mempunyai gejala-gejala seperti nyeri panggul yang datang dan pergi.

Biasanya akan menyebar hingga punggung bawah dan paha. Selain itu, haid tidak teratur dan sulit buang air besar. Saat buang air besar kadang terasa sakit.

Gejala lain, perut akan bengkak dan terasa kembung. Kondisi perut juga merasa kenyang meskipun cuma makan sedikit. Hal ini membuat perut tidak nyaman dan sangat begah. Bagi yang sudah bersuami, biasanya penderita kista ovarium akan merasa nyeri saat berhubungan badan.

Aurel Hermansyah idap kista ovarium dan berharap hanya kista hormonal saja. Penyanyi berusia 22 tahun tersebut tetap dalam keadaan yang cukup baik. Namun sang ibunda, Ashanty, merasa sangat khawatir.