Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruBadan Terasa Sakit Semua, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Badan Terasa Sakit Semua, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernah Anda merasa ketika bangun tidur badan terasa sakit semua? Banyak orang yang mengalami hal ini sehingga tentu mencari cara bagaimana agar badan bugar dan tidak lagi merasa sakit saat bangun tidur.

Banyak orang, terutama mereka yang melakukan pekerjaan fisik sangat berat mengalami sakit badan. Badan seolah retak dan juga pegal sehingga sulit sekali melakukan banyak aktivitas.

Kerja berat juga menjadi salah satu faktor badan akan terasa lelah dan sakit, maka dari itu Anda harus tahu mengenai keadaan tubuh Anda sendiri. Anda dapat memperkirakan kapan harus berhenti bekerja jika terasa lelah badan.

Penyebab Badan Terasa Sakit Semua

Gangguan pada tubuh tentunya akan menyebabkan pekerjaan menjadi terhambat bukan? Banyak faktor yang menjadi sebab mengapa seseorang dapat mengalami sakit badan seperti pegal, linu dan tidak sehat.

Baik dari jenis aktivitas yang kita lakukan maupun adanya serangan penyakit tertentu. Apa saja faktor yang menyebabkan badan terasa sakit semua dan bagaimana cara mengatasinya, mari simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Sakit? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab mengapa seseorang bisa mengalami sakit badan. Hal pertama ketika badan kekurangan waktu tidur adalah merasa lemas, lelah dan tidak bertenaga. Kondisi tersebut tentu menjadi faktor terbesar saat badan Anda merasa sakit.

Untuk mengatasinya cobalah untuk memiliki jam tidur yang teratur. Jangan bekerja sampai larut malam hingga begadang dan menyebabkan Anda terjaga dan jam tidur menjadi kurang.

Saat jam tidur kurang, Anda juga akan mudah mengalami stress dan juga pegal pada badan. Kondisi ini juga akan menurunkan imunitas tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

Penyakit Flu

Saat sakit flu, seperti batuk dan pilek, maka tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga untuk menghalau penyakit tersebut. Itulah mengapa badan terasa sakit semua saat Anda mengalami flu.

Banyak minum air putih akan membuat flu Anda menjadi lebih baik dan sakit segera hilang. Banyak lakukan olahraga ringan dan sering berjemur di bawah sinar matahari agar badan Anda segera bugar lagi.

Baca Juga : Punggung Sakit saat Hamil, Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Stres

Pernahkah Anda berpikir bahwa stress akan semakin memperparah keadaan tubuh anda? Orang yang mengalami stress akan membuat imun tubuh turun drastis. Kondisi ini menyebabkan segala penyakit dapat datang dengan mudah.

Secara tidak langsung stres juga akan membuat tubuh Anda lemah dan mudah lelah. Kelelahan pikiran juga akan membuat badan terasa sakit semua dan tubuh menjadi lelah.

Untuk mengatasinya cobalah untuk mengurangi stress untuk kesehatan Anda pribadi. Lakukan perjalanan atau liburan jika otak dan badan Anda sudah tidak mampu melakukan pekerjaan.

Selain itu konsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Lakukan gerakan tubuh yang teratur juga akan mampu meredakan stress di tubuh anda.

Kurang Vitamin D

Tentunya Anda sudah tahu bahwa Vitamin D sangat baik untuk tulang dan tubuh Anda bukan? Saat tubuh Anda mengalami kekurangan Vitamin D, maka akan cepat merasa lelah dan sakit badan.

Vitamin D yang rendah akan menyebabkan Anda mengalami kekurangan kalsium, Sehingga kondisi ini akan membuat tubuh Anda lemah dan rentan terhadap serangan penyakit.

Baca Juga : Tulang Ekor Sakit, Beragam Penyebab dan Cara Meredakannya

Banyak makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh Anda mendapat kalsium dan Vitamin D yang cukup. Ini berguna untuk membantu Anda terhindari dari keluhan badan terasa sakit semua.

Salah Tidur

Salah tidur menjadi salah satu faktor yang paling sering menyerang dan terjadi pada banyak orang. Ketika salah tidur, maka otot dan sendi akan menjadi tegang dan menjadikan badan terasa sangat sakit untuk kita gerakkan.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah sebelum tidur Anda benar benar memperhatikan bagaimana posisi tidur Anda yang benar dan nyaman.

Anda juga bisa melakukan beberapa peregangan kecil untuk membuat otot Anda lemas saat tidur nanti. Banyak minum air putih agar membuat sel sel darah Anda juga lancar sehingga tidur tidak akan membuat Anda pegal pegal.

Itulah informasi tentang kondisi badan terasa sakit semua beserta faktor yang menyebabkannya. Untuk cara mengatasi kondisi ini tidak sulit dan bisa anda sesuaikan dengan gejala yang timbul. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img