Bahaya Daun Bidara dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

bahaya daun bidara
kenali bahaya daun bidara. Foto: Ist/Net

Selain manfaatnya, ternyata ada bahaya daun bidara bagi kesehatan tubuh. Kandungan senyawa aktif herbal ini tidak boleh kita konsumsi secara berlebihan. Sejumlah efek samping daun bidara bahkan bisa menyebabkan kejang.

Daun bidara merupakan salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Khasiat daun bidara untuk kesehatan sudah cukup populer dan banyak yang sudah merasakannya.

Jika anda memiliki gangguan pada kesehatan, anda dapat mengonsumsi herbal yang berkhasiat ini. Anda bisa merebus daun bidara hingga mendidih dan meminumnya secara berkala.

Namun daun bidara tak hanya memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi tanaman herbal ini juga memiliki beberapa bahaya yang sebaiknya anda tahu.

Banyak orang yang belum mengetahui bahaya daun bidara. Jika anda salah mengolah daun bidara, anda akan merasakan efek samping yang tidak baik kesehatan tubuh.

Bagaikan pisau bermata dua jika anda salah mengolah daun bidara atau anda mengonsumsi terlalu banyak olahan herbal ini anda bisa merasakan efek samping yang bersifat negatif.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara, Mulai dari Mitos Pengusir Jin Sampai Berkhasiat untuk Kesehatan

Bukan manfaat yang anda rasakan malah hal negatif yang akan mengganggu kesehatan yang anda dapatkan. Oleh karena itu anda harus bijak dalam mengonsumsi daun bidara dan tepat dalam mengolahnya.

Efek Samping dan Bahaya Daun Bidara

Daun bidara memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun daun ini juga memiliki bahaya tertentu yang sebaiknya kita ketahui.

Nah, berikut ini adalah beberapa efek samping dan bahaya daun bidara yang dapat kita rasakan jika mengonsumsi herbal ini terlalu banyak. Karena itu batasi takarannya.

Mengantuk

Daun bidara dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan. Meminum daun bidara yang berlebihan akan menyebabkan rasa kantuk yang berat. Hal ini karena senyawa yang ada pada daun bidara dapat menyebabkan efek rileks yang berlebihan.

Baca Juga : Manfaat Buah Bidara untuk Otak, Anti Stres dan Menguatkan Tulang

Jika tidak hati-hati dalam mengonsumsi daun herbal ini maka akan mengakibatkan penyakit yang lebih serius lagi. Karena itu penting berkonsultasi dengan ahlinya sebelum mengonsumsinya.

Menyebabkan Mual

Daun bidara memiliki rasa yang pahit. Hal ini adalah penyebab utama banyak orang merasakan mual setelah mengonsumsi herbal daun bidara.

Rasa mual ini karena konsumsi yang berlebihan sehingga tubuh tak mampu lagi menahan rasa pahit. Selain itu cara pengolahan yang salah juga bisa menyebabkan rasa mual.

Alergi Kulit

Salah satu bahaya daun bidara karena adanya alergen bagi sebagian orang. Jika anda adalah salah satu orang yang memiliki alergi pada daun ini maka sebaiknya tidak mengonsumsi olahan tanaman ini.

Alergi kulit yang terjadi karena daun bidara akan menyebabkan kulit terasa gatal dan panas. Pada kasus yang lebih parah kulit anda akan melepuh dan membengkak.

Baca Juga : Tanaman yang Dibenci Jin dan Setan, Bisa Menangkal Santet dan Pelet

Lidah Terasa Pahit

Rasa pahit yang terdapat pada herbal daun bidara juga dapat menyebabkan lidah merasakan rasa pahit yang berkepanjangan. Hal ini karena sensor rasa yang ada pada lidah sudah tertutupi oleh rasa pahit tanaman ini.

Konsumsi berlebihan daun bidara juga dapat menyebabkan gangguan sensor rasa pada lidah. Akibatnya, anda tidak dapat merasakan rasa lain selain rasa pahit.

Kaku Pada Muka dan Leher

Bahaya daun bidara lainnya jug dari senyawa aktifnya yang ada pada herbal ini. Mengonsumsinya akan mempengaruhi sistem kerja otot dan saraf.

Jika anda mengkonsumsi daun bidara dalam jumlah yang banyak, maka anda akan merasakan kaku pada seluruh area muka dan juga leher.

Rasa kaku ini akan menjalar hingga ke seluruh area tubuh lainnya jika tidak segera mengambil tindakan pencegahan.

Napas Menjadi Pendek dan Kejang

Zat alergen yang ada pada daun bidara dapat menyebabkan anda kesulitan bernapas. Napas anda akan menjadi pendek. Bahkan yang lebih parahnya juga akan menyebabkan terjadinya kejang-kejang.

Karena itu penting menjadi bijak dalam memanfaatkan daun bidara. Anda harus mengonsumsi herbal ini dalam jumlah yang tepat agar hasilnya efektif dan terhindar dari segala efek sampingnya.

Itulah sejumlah bahaya daun bidara yang sebaiknya anda tahu. Namun karena manfaat herbal ini juga ampuh maka sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Sejumlah efek samping tanaman ini tidak baik bagi tubuh. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah