Bahaya Tidak Sarapan Pagi yang Perlu Anda Waspadai

bahaya tidak sarapan pagi
Begini bahaya tidak sarapan pagi. Foto: Ist/Net

Seberapa besar sih bahaya tidak sarapan pagi? Kenapa pula masalah makan pagi seperti begitu penting sehingga kita harus melakukannya? Ada banyak pernyataan bernada minor yang tak jarang kita dengar.

Sarapan pagi pada dasarnya bisa kita ibaratkan sebagai modal kita sebelum beraktivitas seharian. Banyak sekali orang yang mengabaikan sarapan pagi, sehingga mereka akan merasa lelah ketika beraktivitas. 

Jangan karena lupa untuk sarapan, malah membahayakan kesehatan kita. Kita tentunya perlu secara intensif dalam menjaga kesehatan. Kesehatan kata banyak orang mahal harganya. Bahkan tak tergantikan dengan harta sekalipun.

Ragam Bahaya Tidak Sarapan Pagi

Perlu Anda tahu bahwa sebenarnya terdapat bahaya tidak sarapan pagi yang harus Anda waspadai. Berikut adalah sejumlah bahaya yang mengancam orang yang tidak makan pada pagi hari beserta dampaknya bagi kesehatan.

Risiko Terkena Diabetes

Dalam keadaan perut kosong karena tidak sarapan dan kemudian Anda tiba-tiba makan siang dengan porsi banyak tidak baik untuk tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Baca Juga : Tahukah Anda, Sarapan dan Makan Pagi Ternyata Berbeda!

Hal ini bisa terjadi karena tubuh mengalami resistensi insulin. Sehingga tidak ideal jika sekali makan dengan porsi yang banyak. Mengingat diabetes adalah penyakit yang berbahaya, maka Anda harus senantiasa menjaga sarapan Anda.

Risiko Tinggi Penyakit Jantung

Dalam sebuah studi yang dilakukan Harvard University menyebutkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi akan meningkatkan 27 persen risiko terkena penyakit jantung.

Karena saat Anda melewatkan sarapan, maka tubuh akan bekerja lebih keras demi memenuhi metabolisme tubuh saat beraktivitas. Bahaya tidak sarapan pagi tidak akan mengkhawatirkan jika hanya sesekali saja.

Namun jika hal ini sering terjadi secara berulang, maka lama kelamaan dalam pembuluh arteri akan mengalami plak yang berisiko terjadinya permasalahan penyakit jantung

Berat Badan Melonjak

Banyak orang salah mengerti jika tidak sarapan akan dapat menurunkan berat badan. Orang yang melakukan diet juga umumnya beranggapan demikian. Padahal yang terjadi adalah justru sebaliknya.

Baca Juga : Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan atau Sebaliknya?

Berat badan orang yang tidak sarapan akan meningkat secara drastis. Hal ini bisa terjadi karena pada momen makan selanjutnya akan mengambil porsi yang lebih banyak. Sehingga tubuh mengalami penumpukan energi berlebihan.

Metabolisme Tubuh Kacau

Proses metabolisme dalam tubuh juga akan mengalami perubahan drastis karena bahaya tidak sarapan pagi. Kebiasaan buruk ini menyebabkan tidak ada sumber energi yang masuk saat beraktivitas pagi hari.

Pada saat kekurangan suplai energi, maka tubuh akan menerapkan sistem hemat energi. Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi lemah meskipun Anda ingin melakukan aktivitas yang banyak.

Kinerja Otak Menurun

Tanpa Anda sadari bahwa kinerja otak sebenarnya terpengaruh oleh aktivitas sarapan pagi. Dengan mengonsumsi makan pagi, maka otak akan menerima nutrisi yang akan membantu kita untuk berpikir.

Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa pelajar yang melakukan aktivitas sarapan sebelum memulai pembelajaran akan dapat menerima ilmu dengan jauh lebih baik.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Mudah Tersinggung

Dengan keadaan perut kosong atau lapar pasti orang akan lebih mudah emosi. Kondisi ini sama halnya dengan Anda jika melewatkan sarapan pagi. Karena ternyata bahaya tidak sarapan pagi juga berdampak pada psikologis kita.

Karena jika hal tersebut Anda lakukan tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon serotonin. Hormon ini akan memicu stres dan emosi sehingga dapat meningkat.

Bau Mulut yang Tidak Enak

Bau mulut bukanlah sebuah penyakit, namun hal ini sangat mengganggu, apalagi ketika kita akan berbicara dengan orang lain. Tentu hal ini harus kita hindari karena juga mempengaruhi rasa percaya diri kita.

Sebuah studi menyebutkan bahwa ternyata sarapan dapat merangsang kelenjar dalam mulut untuk memproduksi air liur. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa bakteri yang menempel pada lidah atau area lain dalam mulut.

Untuk menghilangkan bau mulut, sebaiknya sarapan menggunakan buah segar dan segelas air putih. Karena hasilnya kan lebih efektif dan bau mulut pun akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa bentuk risiko dan bahaya tidak sarapan pagi yang perlu kita pahami. Mencegah tentunya jauh lebih baik daripada mengobatinya. Dengan makan pagi yang bernutrisi tak hanya menyuplai energi namun juga menjaga kesehatan tubuh. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah