Baju Tidur Tie Dye Lengan Panjang, Ketahui Motif dan Proses Pencucian

Baju Tidur Tie Dye Lengan Panjang, Ketahui Motif dan Proses Pencucian
Ilustrasi baju tidur tie dye lengan panjang. Foto: Ist/Net

Baju tidur tie dye lengan panjang kini sedang naik daun di masyarakat. Penggunaan motifnya yang berbagai macam. Sehingga memanjakan mata para penggunanya.

Mengingat motif satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Oleh karena itu, menimbulkan kesan eksklusif baju tidur yang digunakan.

Kenali Baju Tidur Tie Dye Lengan Panjang

Tie dye sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti. Kata tie yang berarti ikat, dan dye yang berarti celup dalam pewarna. Tie dye yang merupakan salah satu teknik dalam mewarnai kain. Namun teknik tersebut yang sebenarnya sudah cukup lama dipraktikkan.

Teknik tie dye ini membutuhkan bantuan pengikat kainnya. Biasanya yang menggunakan bantuan seperti karet. Setelah menggunakan bantuan karet, kain tersebut dicelupkan ke dalam cairan pewarna.

Dengan menumpahkan cairan pewarnanya pada beberapa sisinya. Hal itu agar warnanya menjadi beraneka ragam. Bahkan, teknik tie dye ini sudah ada sejak zaman dahulu di Indonesia. Khususnya untuk di pulau Jawa.

Teknik tie dye dalam budaya Jawa menyebutnya dengan jumputan. Hasil pewarnaan dari tie dye tersebut sebenarnya tidak cepat luntur dan menghilang. Anda perlu mempraktikkan cara mencuci tie dye tersebut dengan benar.

Baca Juga : Baju Tidur Kimono Hadir dengan Beragam Pilihan Bahan yang Nyaman

Pilihan Motif Baju Tidur Tie Dye Lengan Panjang

Motif spiral yang dapat dibuat dengan cara mengumpulkan semua kainnya. Selanjutnya masukan ke dalam sebuah gulungan sampai membentuk spiral.

Motif garis yang terdiri dari beberapa garis putih yang memanjang. Motif tie dye yang satu ini pembuatannya dengan cara menggulung kain. Kemudian mengikatnya di beberapa bagiannya.

Motif mawar yang pembuatannya dengan cara menjumput kainnya. Kemudian mengikat bagian dasar jumputannya dengan menggunakan tali karet. Garis tengah lingkarannya yang akan terbentuk pada motif tie dye. Sehingga dua kali tingginya jumputan kain.

Motif tie dye yang menyerupai marmer .Pembuatannya dengan cara mengerutkan kain secara tidak teratur. Apabila sudah mengikat kainnya secara kuat-kuat. Hal itu agar kerutan tidak lepas, untuk menghasilkan motif ceplok-ceplok putih.

Motif tie dye dengan pembuatan bentuk lingkaran. Dengan mengikat benda yang ukurannya seragam. Seperti halnya kelereng yang diikat dengan teknik ikatan mawar kecilnya.

Baca Juga : Baju Tidur Wanita Pilih Bahan Berkualitas dan Ukuran yang Pas

Inilah Cara Mencucinya yang Benar

Hal yang perlu dilakukan agar pewarnaan tie dye tidak cepat luntur. Anda bisa memperhatikan cara mencuci baju tidur tie dye lengan panjang berikut ini.

Pisahkan Dari Pakaian Lainnya

Cara mencuci baju tidur tie dye, pertama memisahkan dengan pakaian yang lainnya. Pewarna yang melekat pada baju tie dye yang berpotensi mudah luntur. Hal itu bisa menimbulkan pakaian lain ikut kelunturan.

Cuci Secara Manual

Anda sebaiknya mencuci baju tidur tie dye menggunakan tangan. Hal ini untuk menghindari rusaknya pada kain. Penggunaan mesin cuci untuk mencuci baju tidur tie dye lengan panjang, menjadikan penggunaan deterjennya menjadi tidak terkontrol.

Padahal penggunaan deterjen tersebut bisa saja berpotensi buruk pada baju tie dye. Pewarnaan pada baju tidur tie dye menjadi mudah luntur. Sehingga lama-kelamaan warnanya akan menghilang.

Jangan Kucek dan Peras Terlalu Keras

Baca Juga : Piyama Tie Dye, Hadir dengan Berbagai Kelebihan dan Kenyamanan

Hal tersebut bisa merusak serat pada kain baju tidurnya. Apabila mengucek dan memeras air yang masih ada pada baju tidur tie dye terlalu keras. Tentu bisa menyebabkan pewarna yang menempel justru luntur. Sebaiknya anda cukup mencuci dengan mencelupkannya. Kemudian angkat secara berulang.

Bersihkan Noda dengan Sikat Halus

Apabila ada noda membandel pada baju tidur tie dye lengan panjang. Sebaiknya membersihkan nodanya dengan sikat halus. Sikat halus tersebut seperti halnya sikat gigi. Untuk menggosok baju tidur tersebut tidak perlu terlalu keras dan bertenaga. Hal itu agar menghindari terjadinya kerusakan pada bajunya.

Bilas dengan Air

Apabila cara mencuci baju tidur tie dye di atas sudah selesai. Anda jangan lupa membilasnya dengan air bersih. Sebaiknya cukup mencelupkan baju tidur anda ke air bersih. Selain itu perlu ulangi beberapa kali.

Jangan Jemur Di Bawah Matahari Langsung

Saat sudah selesai membilasnya, jangan lupa untuk menjemurnya. Sebaiknya dengan cara diangin-anginkan saja. Tahap ini sebagai tahap terakhir dalam cara mencuci baju tidur tie dye. Pastikan untuk tidak menjemurnya di bawah matahari langsung. Panas matahari bisa menyebabkan warnanya menjadi  mudah pudar.

Kini anda bisa mengetahui tentang baju tidur tie dye lengan panjang. Pastikan mencuci baju tidur tie dye tersebut dengan benar. Sehingga baju tidur tie dye bisa lebih awet dan tidak mudah luntur. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah