Baking Soda untuk Membersihkan Rumah dan Peralatan Dapur, Caranya?

Baking Soda untuk Membersihkan rumah dan peralatan dapur
Baking Soda untuk Membersihkan Rumah dan Peralatan Dapur. Foto: Ist/Net

Tak hanya dijadikan bahan membuat kue, ada juga manfaat baking soda untuk membersihkan rumah. Memastikan peralatan dapur tetap bersih juga bisa membuat kamu berada dalam suasana hati yang baik. Namun terkadang ada saja perabotan yang terkena kotoran membandel dan sulit dibersihkan.

Baca Juga: Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun, Panci Jadi Kinclong

Untungnya, baking soda bisa membantu kamu membersihkan peralatan dapur dan barang-barang lain yang ada di rumah.

Cara dan Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Rumah dan Peralatan Dapur

Apa aja sih manfaat baking soda yang belum kita ketahui? Lalu bagaimana caranya membersihkan rumah dan peralatan dapur dengan baking soda? Yuk simak penjelasan berikut untuk info selengkapnya.

Membersihkan Penggorengan

Wajan dan teflon bekas menggoreng terkadang sulit dibersihkan akibat dari minyak yang menempel. Akan tetapi, dengan bantuan baking soda kamu bisa membuatnya kembali bersih seperti baru.

Caranya, campur sabun cuci piring dengan taburan baking soda. Rendam air panas, soda kue, dan spons scrub untuk melarutkan minyak yang masih menempel pada perabotan. Lalu cuci seperti biasa dan perabotan akan bersih kembali.

Menyegarkan Spons yang Bau

Spons digunakan sebagai alat mencuci piring. Meski kondisinya masih baru, spons pencuci piring akan mengeluarkan bau busuk karena sisa-sisa kotoran dari piring berpindah. Menyegarkan spons agar tidak berbau adalah salah satu manfaat baking soda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kamar Berantakan, Cukup 10 Menit Saja

Rendam spons cuci piring dalam baking soda dan air. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dan peras. Setelah spons kembali segar, pastikan kamu menaruhnya di tempat yang kering.

Menghilangkan Bau Sepatu

Tak hanya menyegarkan spons yang bau, manfaat baking soda bisa kamu gunakan untuk merawat sepatu. Apalagi di masa pandemi banyak sepatu yang tak lagi digunakan. Taburkan baking soda ke dalam sepatu, lalu bersihkan sebelum dipakai. Maka bau sepatu akan hilang.

Membersihkan Dinding dari Crayon

Ada masanya anak-anak senang bereksplorasi dengan menggambar, sehingga dinding rumah pun mendadak jadi “galeri seni”. Tidak perlu memarahi anak karena itu akan memadamkan kreatifitas mereka. Dinding yang menjadi korban coretan crayon masih bisa kita bersihkan dengan baking soda.

Gunakan spons basah, taburi dengan baking soda. Gosok dinding yang terkena crayon. Cara ini lumayan ampuh membersihkan dinding agar kembali bersih.

Menghilangkan Bau Pengap Ruangan

Ruangan yang terlalu lama ditinggalkan, akan menjadi pengap karena udara dan sinar matahari tidak bisa masuk. Buka tirai, taburkan baking soda pada jendela. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan kembali.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca agar Bening dan Tidak Berdebu

Hilangkan Jamur dari Kamar Mandi

Bak mandi, ubin, wastafel dan tirai shower bisa menjamur seiring dengan berjalannya waktu. Untuk menghilangkan jamur, kamu bisa menggunakan spons basah yang diberi baking soda. Bilas dengan air dan permukaan menjadi berkilauan.

Mencerahkan Pakaian Kotor

Terkadang, detergen saja tidak cukup membuat baju menjadi kembali bersih. Apalagi pada kemeja putih yang terkena tumpahan kopi, noda akan lebih susah dihilangkan. Tambahkan secangkir soda kue ke dalam cucian. Kemudian beri detergen seperti biasa. Maka noda-noda membandel di pakaian akan hilang.

Mengatasi Saluran Pembuangan yang Tersumbat

Baking soda juga bisa kita gunakan untuk membersihkan saluran yang tersumbat, misalnya pada pembuangan wastafel. Sisa-sisa kotoran yang tidak terbawa sabun bisa menempel pada saluran sehingga arus air menjadi lambat.

Tuangkan setengah cangkir baking soda ke saluran, lalu beri cuka. Tutupi dengan kain basah dan tunggu sekitar 5 menit. Siram dengan air panas. Saluran pembuangan akan kembali lancar dengan arus air yang kencang.

Hapus Noda dari Wadah Makanan

Pada wadah makanan yang terbuat dari plastik, terkadang ada saja noda-noda membandel yang susah hilang meski sudah kita cuci berkali-kali. Rendam wadah dengan larutan 4 sendok makan baking soda dan 1 liter air hangat.

Rak dapur, kulkas, dan microwave akan tampak kotor karena terkena asap dari kegiatan memasak. Untuk membersihkannya, gunakan spons yang telah diberi baking soda. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu