Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisDiguyur Hujan, Benteng Sekolah di Sukadana Ciamis Ambruk Tutup Jalan

Diguyur Hujan, Benteng Sekolah di Sukadana Ciamis Ambruk Tutup Jalan

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Hujan deras mengguyur wilayah Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakibatkan benteng sekolah SMPN 1 Sukadana ambruk tutup jalan kabupaten, Kamis (15/4/2021) malam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun akses jalan utama Sukadana tertutup material benteng yang ambruk. Kendaraan roda empat tidak bisa melintas karena sebagian badan jalan nyaris tertutup. 

“Ya benar benteng SMPN 1 Sukadana ambruk tutup jalan utama Sukadana. Petugas sudah ada di lokasi dari TNI-Polri juga ada di lokasi kejadian,” ungkap Ade Ristiawan, warga setempat. 

Wakasek SMPN 1 Sukadana Unang Herlan pun membenarkan kejadian benteng sekolah ambruk dan tutup jalan. Menurutnya benteng ambruk ini akibat guyuran hujan. Kondisi benteng juga cukup tua. 

“Benteng longsor menimbun jalan. Ada dua ruangan sekolah yakni laboratorium komputer terancam longsor karena lokasinya dekat yang ambruk,” ujar Unang.

Pihak sekolah pun kini sudah melaporkannya kepada pihak BPBD Ciamis agar segera melakukan penanganan. Benteng ini kondisinya sangat membahayakan, dalam membereskan longsor ini Unang menyebut membutuhkan alat berat.

“Ketinggian benteng sekitar 4 meter panjang yang longsor sekitar 12 meter. Untuk mengevakuasinya membutuhkan alat berat karena kalau orang melakukan secara manual itu membahayakan,” tegasnya.

Menurut Unang, benteng sekolah ambruk yang tutup jalan ini adalah tempat parkir motor para siswa. Beruntung ini terjadi saat tidak ada kegiatan belajar mengajar mengingat masih suasana pandemi. 

“Kami berharap agar penanganannya secepatnya. Rencananya pada pertengahan bulan Ramadhan ini mulai uji coba sekolah tatap muka. khawatir benteng ambruk semakin luas dan mengancam pada siswa,” pungkasnya. (R9/HR-Online/Editor: Dadang)

- Advertisment -