Buah Pining Bawang di Pangandaran Jadi Buruan Anak-anak

Buah pining
Buah pining bawang di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menjadi buruan anak-anak saat ngabuburit menunggu berbuka puasa. Foto: Enceng/JR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Buah pining bawang di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menjadi buruan anak-anak saat ngabuburit menunggu berbuka puasa.

Buah dari jenis tanaman rumpun yang masih keluarga jahe-jahean itu memiliki rasa yang manis keasaman. Di wilayah Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, buah tersebut disukai oleh kalangan anak-anak dan remaja. Sehingga tak heran kalau buah tersebut menjadi buruan saat bulan Ramadhan.

Herli, salah seorang warga Kecamatan Langkaplancar mengatakan, dari dulu buah pining selalu menjadi buruan anak-anak karena rasanya yang manis keasaman.

Baca Juga : Tokoh Penting Dalam Penyebaran Islam di Langkaplancar Pangandaran

“Saat ini pohon pining lagi musim berbuah, namun buahnya masih muda. Biasanya memasuki bulan Ramadhan buah pining bawang mulai masak. Makanya kalau bulan Ramadhan, buah ini menjadi buruan anak-anak sambil ngabuburit,” katanya, Rabu (31/03/2021).

Lebih lanjut Herli mengatakan, buah pining bawang bermanfaat untuk mengobati sariawan. Saat puasa Ramadhan, biasanya buah ini diolah menjadi manisan untuk makanan takjil.

Pohon pining sendiri tumbuh di hutan atau kebun secara liar. Lebih suburnya pada area yang lembab dan kaya akan humus. Menurut Herli, membudidayakan tanaman ini sebenarnya mudah, namun saat ini masih langka.

“Meskipun masih jarang orang yang membudidayakan, tapi pohon pining masih gampang kita jumpai pada daerah pegunungan atau perbukitan seperti di Langkaplancar ini,” pungkas Herli. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah