Buah yang Bagus untuk BAB Keras, Murah, Mudah dan Enak

buah yang bagus untuk bab keras
Pilihan buah yang bagus untuk BB keras. Foto: Ist/Net

Ada banyak jenis buah yang bagus untuk BAB keras. Mengonsumsi makanan ini bisa menjadi solusi praktis yang menyenangkan. Sebab selain murah harganya dan mudah mendapatkannya, buah ini umumnya memiliki rasa yang enak dan lezat.

Makanan yang mengandung serat tinggi sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat sangat baik kita mengonsumsinya secara rutin.

Kurang serat bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Salah satunya adalah susah buang air besar (BAB). Faktor utama penyebab terjadinya gangguan BAB adalah kurangnya kita mengonsumsi makanan berserat.

Kebanyakan jenis makanan yang kita santap cenderung didominasi dari jenis nasi dan makanan bertepung. Gaya hidup yang kurang sehat ikut memperburuk kondisi pencernaan sehingga terjadi gangguan BAB.

Sehingga tidak heran jika persentase orang yang kurang serat lumayan tinggi. Karena itu supaya BAB lancar, Anda sebaiknya mulai membiasakan diri dengan makan sayur dan buah.

Baca Juga : Beragam Penyebab Susah BAB yang Sering Tak Disadari

Rekomendasi Buah yang Bagus untuk BAB Keras

Buah umumnya merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi serat. Ada berbagai jenis buah-buahan yang berguna untuk menjaga pencernaan. Berikut adalah rekomendasi jenis buah yang bagus untuk BAB keras yang bisa Anda pilih.

Jeruk

Anda yang pencernaannya cukup sensitif pasti pernah mengalami perut mulas dan hendak BAB sesaat setelah mengonsumsi jeruk. Apalagi ketika perut kosong. Hal ini terjadi karena jeruk kaya akan serat dan vitamin C.

Selain serat dan vitamin C, jeruk juga mengandung flavonoid yang mampu mengatasi masalah seputar konstipasi. Rasa jeruk yang segar dan tinggi air mampu mengurangi dahaga ketika mengonsumsinya.

Harga jeruk juga cenderung murah sehingga tidak heran banyak orang yang mengonsumsinya untuk mencukupi kebutuhan serat. Selain serat, jeruk juga mengandung kalori sehingga bisa menambah kebutuhan energi.

Baca Juga : Susah BAB Saat Puasa? Lakukan Cara Ini Agar Lancar

Pepaya

Jenis buah yang bagus untuk BAB keras lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah pepaya. Pepaya juga menjadi buah favorit banyak orang karena rasanya manis dan daging buahnya yang tebal. Anak-anak hingga orang tua banyak yang menyukainya.

Anda mungkin sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Pepaya tumbuh subur di negara tropis. Buah ini bisa tumbuh bahkan tanpa perawatan sama sekali. Sehingga stok pepaya di negara kita terbilang melimpah.

Pepaya tinggi akan kandungan serat, mineral, dan vitamin C. Sehingga jika Anda mengalami susah BAB, Anda bisa makan buah pepaya. Tunggu beberapa saat dan BAB akan lancar kembali.

Cara mengonsumsinya juga sangat mudah, cukup kupas kulit bagian luar yang berwarna hijau. Setelah itu buang bijinya. Potong sesuai selera dan buah pepaya siap disantap.

Selain kaya manfaat dan penyajian yang mudah, harga buah pepaya juga sangat terjangkau. Tidak heran jika seseorang sulit BAB buah pertama yang hendaknya Anda konsumsi adalah pepaya.

Baca Juga : Makanan Penyebab BAB Berdarah dan Faktor Pemicu Lainnya

Apel

Buah yang bagus untuk BAB keras selanjutnya adalah apel. Apel mengandung pektin yang berfungsi untuk mempercepat pergerakan feses dalam usus. Sehingga buah ini berkhasiat untuk meredakan gejala susah BAB.

Untuk menjaga pencernaan dan mencegah susah BAB, Anda bisa mengonsumsi apel sehari satu buah. Dengan begitu pergerakan feses dalam usus akan lancar sehingga Anda terhindar dari masalah sulit BAB.

Menurut penelitian, dalam satu butir apel terkandung 4 gram serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kulit buah apel juga kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Tin

Alternatif lainnya jenis buah yang bagus untuk BAB keras adalah tin. Buah tin  terkenal bagi masyarakat Timur Tengah dan sekarang mudah kita jumpai di berbagai supermarket dan pasar tradisional.

Buah tin sangat kaya serat. Dalam satu buah tin segar terdapat 1,6 gram serat yang bisa menyehatkan pencernaan. Selain tinggi serat, buah tin juga mengandung enzim fisin yang bisa mendorong feses hingga sistem pembuangan.

Jika Anda sudah mengalami gangguan susah BAB dan tidak begitu suka pepaya, maka buah tin adalah alternatifnya. Makan secara rutin buah ini akan bisa menghentikan gangguan BAB yang Anda alami.

Itulah beberapa macam buah yang bagus untuk BAB keras. Bagaimanapun juga akan lebih baik untuk mencegah daripada mengobati gangguan pencernaan. Supaya tidak mengalami gangguan BAB, sebaiknya mulai biasakan konsumsi serat yang cukup. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah