Disbudpora Ciamis Targetkan Buku Situs Budaya Selesai Akhir 2021

Disbudpora Ciamis Targetkan Buku Situs Budaya Selesai Akhir 2021
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Iing Rahmat Rifai. Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengakui bahwa sampai saat ini belum ada buku yang menyangkut tentang jumlah situs budaya di Ciamis.

“Kita akui hingga sekarang belum ada buku tentang jumlah keseluruhan situs budaya,” ucap Kepala Bidang Kebudayaan, Iing Rahmat Rifai, kepada HR Online, Senin (5/4/2021).

Akan tetapi, pihaknya menargetkan akhir tahun 2021 ini akan membuat buku mengenai informasi situs budaya di Ciamis.

Lebih lanjut Iing menuturkan, bahwa buku tersebut nantinya akan memuat informasi-informasi jumlah situs yang berada di Ciamis.

“Selain itu, kami juga akan menyertakan foto situs dan juga keterangannya,” tuturnya.

Sementara untuk menggali informasi terkait situs yang berada di Ciamis, pihaknya juga akan membentuk relawan Pamong Budaya. “Relawan ini salah satu organisasi kepanjangan tangan dari dinas,” katanya.

Sedangkan jumlah anggota binaan yang pihaknya beri tugas sebanyak 30 anggota. Nanti, 30 orang tersebut menggali sebuah informasi mengenai situs, dan membuat sebuah karya dokumenter.

“Kemudian informasi mengenai keberadaan situs yang berada di Kabupaten Ciamis tersebut dibuat buku,” ucapnya.

Lanjut Iing menambahkan, saat ini jumlah situs di Ciamis yang terdata atau tercatat sebanyak 280 termasuk juru pelihara yang sudah diberi SK oleh dinas.

“Bisa dibilang ada ratusan ataupun ribuan situs budaya yang belum terjamah oleh kita. Sehingga penggalian informasi mengenai situs sangat perlu,” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto