Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Agar Cepat Haid yang Mudah, Murah, Alami dan Efektif

Cara Agar Cepat Haid yang Mudah, Murah, Alami dan Efektif

Cara agar cepat haid penting untuk menjaga siklus bulanan kaum hawa ini. Menstruasi atau haid normalnya datang setiap bulan. Namun tak jarang tamu ini bisa datang terlambat. Kondisi ini ternyata mengindikasikan adanya suatu gangguan.

Haid atau menstruasi adalah suatu siklus yang terjadi secara alami pada wanita. Namun tak sedikit kaum hawa yang sering mengeluh karena siklus menstuasi yang tak kunjung datang, selesai atau berlangsung dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu penting mempercepat menstruasi yang terlambat. Selain untuk menjaga siklus bulanan, hal ini juga untuk menjaga kesehatan organ intim kaum hawa.

Selain itu mempercepat menstruasi juga penting untuk sejumlah kalangan. Khususnya terkait aktivitas ibadah atau pekerjaan. Sebab dengan siklus haid yang lancar akan memudahkan wanita merencanaklan aktivitasnya.

Cara Agar Cepat Haid yang Patut Anda Coba

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan demi mempercepat siklus haid. Tentu anda pasti akan lebih suka dengan cara-cara yang alami. Selain terjamin keamanannya, cara ini tentunya juga lebih murah dan lebih ampuh.

Baca juga: Penyebab Telat Haid dan Solusinya yang Sebaiknya Wanita Tahu

Lantas apa saja langkah itu? Berikut ini beberapa cara agar cepat haid yang wajib anda tahu. Pilihan ini juga bisa anda lakukan dengan mudah namun cukup efektif.

Mengurangi Stres

Stres mengakibatkan dampak buruk bagi pikiran maupun kondisi tubuh. Hal ini terjadi karena stres mengganggu sistem kerja pada otak dan darah. Saat situasi seperti ini, justru tubuh memproduksi kortisol dalam jumlah yang berlebih.

Hormon kortisol memiliki dampak buruk bagi siklus menstruasi. Karena hormon ini justru menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam menjaga siklus haid sesuai dengan jadwal.

Dengan cara mengurangi stress akan membuat siklus haid Anda akan baik-baik saja. Cobalah untuk istirahat sejenak dari lika-liku kehidupan anda, dengan begitu cara agar cepat haid akan tercapai dengan mudah.

Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan kunci dari hidup sehat. Karena itu tak heran aktivitas ini juga mempengaruhi siklus haid.

Dengan tetap menjaga aktivitas olahraga, maka keadaan hormon yang ada dalam tubuh akan seimbang. Jika hal ini terjadi siklus haid akan berlangsung sesuai dengan jadwal.

Minum Air Mineral

Mengonsumsi air mineral tentu berdampak baik bagi tubuh anda. Selain untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh ternyata ini juga cara agar cepat haid yang cukup efektif.

Hal ini terjadi karena air berperan dalam menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Jika metabolisme seimbang maka siklus menstruasi juga akan berlangsung sesuai jadwal.

Jus Wortel

Wortel mempunyai peranan dalam menjaga kesehatan, terutama mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Baca juga: Penyebab Nyeri Haid Berlebihan, Waspada Dismenore dan Penyakit Berat

Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa wortel juga memiliki andil dalam menjaga siklus haid. Ini karena dalam sayuran ini terdapat iron yang berfungsi menjaga hormon agar tidak mengalami gangguan.

Air Kelapa Hijau

Selain terkenal sebagai minuman pelepas dahaga, ternyata air kelapa hijau memiliki khasiat yang begitu banyak. Seperti sebagai anti racun, anti bakteri, bahkan anti virus.

Dengan minum air degan ini juga berguna untuk menjaga kondisi kesehatan anda. Menjaga kesehatan tubuh juga merupakan cara agar cepat haid yang cukup ampuh. Sehingga siklus haid akan berjalan dengan lancar.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan perlu senantiasa kita jaga agar tetap ideal. Kondisi tersebut mempengaruhi proses ovulasi yang terlambat datang. Ovulasi adalah proses peluruhan dinding rahim yang jika tidak segera terjadi maka haid juga tak kunjung tiba.

Menjaga berat badan tetap ideal tidak hanya sekedar berolahraga, namun anda juga harus senantiasa mermperhatikan asupan makanan. Hal ini sebaiknya anda konsultasikan dengan ahli gizi supaya mendapatkan metode diet yang tepat.

Konsumsi Jahe

Rempah-rempah yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi telinga kita. Jahe memang memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh karena memiliki banyak kandungan.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita Pasca Haid yang Akurat

Kandungan jahe yang terkenal antara lain minyak atsiri, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, lemak, serat, karbohidrat, sodium, zat besi, kalsium, fosfor, niasin.

Dengan begitu banyak kandungan zat yang bermanfaat dalam jahe, ternyata jahe juga dapat mempercepat proses siklus haid. Caranya adalah dengan mengonsumsi secara rutin air rebusan jahe dan madu.

Itulah beberapa cara agar cepat haid yang bisa anda lakukan dan praktekan dengan mudah. Menjaga kelancaran siklus haid merupakan hal penting bagi wanita. Sebab terganggunya siklus ini bisa mengindikasikan adanya gangguan tertentu. (R11/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img