Cara Agar Cepat Tidur yang Mudah, Simpel Namun Efektif

cara agar cepat tidur
Begini cara agar cepat tidur. Foto: Ist/Met

Cara agar cepat tidur sering menjadi hal yang begitu sulit kita lakukan. Meskipun tubuh sangat lelah namun mata sering sulit kita ajak kompromi sehingga tidak bisa cepat tidur. Akibatnya, paginya tubuh lesu dan tak bersemangat.

Tidur merupakan cara tubuh kita melakukan istirahat dari segala aktivitas yang telah kita jalani selama seharian. Istirahat ini juga merupakan cara paling alami dan ampuh untuk proses regenerasi sel-sel tubuh.

Demi mengembalikan stamina untuk aktivitas esok hari, Anda perlu memastikan bahwa tidur Anda nyaman, nyenyak, dan cukup. Oleh sebab itu Anda perlu menerapkan tips agar bisa tidur untuk memastikan waktu istirahat yang cukup.

Tips Simpel Cara Agar Cepat Tidur

Tak sedikit orang yang sering mengeluh mengalami kesulitan tidur. Padahal mereka sudah berniat untuk mulai tidur. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan tak jarang memancing stres.

Selain waktu bagi Anda untuk beristirahat menjadi terganggu, Anda juga bisa berisiko mengalami insomnia. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah cara agar cepat tidur yang mudah dan simpel.

Baca Juga : Begini Cara Tidur Cepat dan Mudah!

Turunkan Suhu Kamar

Suhu kamar ternyata dapat mempengaruhi respon tubuh kita terhadap keinginan untuk istirahat. Oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan suhu kamar dengan suhu yang menjadi keinginan tubuh kita.

Suhu kamar yang paling baik dan efektif untuk mendukung aktivitas tidur adalah sekitar 15 hingga 23 derajat celcius. Ukuran ini tidak terlalu dingin namun juga tidak terlalu panas.

Selain itu kondisi kamar juga perlu kita perhatikan. Suasana kamar yang gelap, sejuk, dan nyaman tentunya akan sangat mendukung. Dengan begitu, Anda dapat tidur dengan lebih cepat.

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Terkait dengan penyesuaian suhu tubuh, mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dapat membantu cara agar cepat tidur. Hal ini karena ketika Anda melakukan metode ini suhu tubuh akan naik saat mandi.

Namun saat berpindah ke ruangan yang lebih sejuk, suhu tubuh akan kembali turun secara drastis. Perubahan suhu ini sangat berguna untuk membuat tubuh lebih rileks.

Baca Juga : Cara Cepat Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur Secara Alami

Pada situasi ini respon tubuh akan menjadi lebih rileks dan memperlambat proses metabolisme. Sehingga selanjutnya Anda akan lebih cepat mengantuk dan akhirnya terlelap.

Mendengarkan Musik yang Membuat Rileks

Musik adalah sarana yang bagus sebagai cara agar cepat tidur dan penghantar waktu istirahat yang baik. Hal ini karena musik bisa mengatur mood kita sesuai dengan genre yang kita dengarkan.

Oleh sebab itu Anda bisa melakukan metode ini. Cobalah sebelum istirahat Anda mendengarkan musik yang bergenre rileks, seperti musik klasik. Hal ini akan membuat tubuh tersugesti menjadi rileks.

Apabila tubuh merasa terbawa suasana yang rileks maka dengan sendirinya Anda akan tertidur. Tapi jangan lupa untuk mengatur berapa lama lagu akan berputar. Jangan sampai lupa mematikan lagu sehingga musik akan menyala hingga pagi.

Metode Mengatur Pernapasan

Cara agar cepat tidur lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengatur pernapasan sebelum istirahat. Hal ini ternyata juga efektif bisa membuat tubuh lebih rileks.

Respon tubuh akan membuatnya terbawa untuk lebih cepat terlelap. Karena cara ini terbilang sangat mudah, tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Baca Juga : Hormon Tidur Melatonin Bantu Jaga Pola Tidur Manusia

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam mengatur pernapasan juga mudah. Pertama tarik napas melalui mulut, kemudian tahan dan lanjutkan melalui hidung. Tahan selama 7 detik lalu hembuskan nafas sambil mengeluarkan suara.

Lakukan langkah ini beberapa kali sebelum berangkat ke ranjang. Dengan menerapkan metode pernapasan ini, tubuh akan lebih nyaman sehingga bisa lebih efektif. Tubuh yang rileks mendukung momen untuk istirahat.

Sembunyikan Jam

Alternatif lain cara agar cepat tidur adalah menyembunyikan jam. Tanpa kita sadar bahwa salah satu ciri orang yang susah istirahat adalah sering menatap jam sebelum tidur.

Mengapa begitu? Karena ketika Anda menatap jam terus menerus, Anda mengamati menit demi menit sehingga membuat stres. Inilah yang membuat sulit untuk istirahat.

Oleh karena itu, sebaiknya singkirkan jam dari pandangan Anda ketika akan istirahat. Terus-menerus menatap jam adalah hal yang menyebabkan Anda bertambah pikiran dan sistem saraf yang menginstruksikan untuk istirahat akan sulit merespon.

Itulah beberapa cara agar cepat tidur yang cukup efektif untuk mengembalikan tenaga. Cobalah untuk mempraktekkannya agar Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tubuh segar kembali keesokan harinya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah