Cara Aktifkan eSIM di iPhone Terbaru Secara Mudah, Simak Informasinya

Cara Aktifkan eSIM Di iPhone
Ilustrasi Cara Aktifkan eSIM Di iPhone : IST/NET

Cara aktifkan eSIM di iPhone dapat dilakukan secara mudah jika anda mengetahui langkah yang tepat. Perkembangan teknologi kearah digital membuat provider jaringan seluler tidak mau ketinggalan sehingga membuat eSim tersebut. 

Meninggalkan model yang lama, sekarang bentuk SIM semakin kecil, namun tetap dengan teknologi dan fitur yang semakin meningkat.

Baca Juga : Face ID iPhone Tidak Berfungsi, Ini Cara Mengatasinya  

Bahkan, kini hadir SIM card digital yang tidak memiliki bentuk fisik. SIM tersebut dapat langsung di install pada perangkat smartphone. Lalu, eSIM tersebut memiliki fungsi sim card konvensional. 

Cara Aktifkan eSIM Di iPhone Dengan Mudah

Kartu SIM tersebut dapat anda gunakan baik yang menggunakan HP Android maupun iOS. Meskipun keduanya memiliki sistem yang sangat berbeda namun cara mengaktifkannya tidak jauh berbeda. 

Sehingga, anda tetap dapat menerapkan eSIM tersebut ke Smartphone kesayangan anda. 

Mengaktifkan eSIM Pada HP iOS

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menyambungkan iPhone yang sudah mendukung eSIM ke internet. Anda dapat mengkoneksikan dari kartu SIM yang terpasang maupun wifi.

Langkah kedua cara Aktifkan eSIM pada iPhone, sebaiknya anda buka settingan atau pengaturan kemudian anda pilih cellular. Selanjutnya, anda pilih saja Add Cellular untuk mengaturnya. 

Langkah ketiga, anda akan mendapatkan permintaan untuk memindai kode QR. Kode tersebut yang selanjutnya akan anda pindai di kartu perdana eSIM. 

Tunggulah hingga ponsel anda terhubung dengan server. Cara aktifkan eSIM di iPhone hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk proses tersebut. 

Baca Juga : iPhone Dinonaktifkan Sambungkan ke iTunes? Atasi dengan Cara Berikut

Selanjutnya, ketika cara anda tersebut berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi berupa a Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to iPhone. Jika anda mendapatkan notifikasi tersebut, maka tekan saja tombol add cellular plan. 

Langkah berikutnya, tunggulah proses tersebut hingga terhubung ke jaringan smartfren. Bagi yang akan melakukan registrasi anda lakukan tahap selanjutnya. 

Kemudian cara aktifkan eSIM pada iPhone yaitu, isikan data diri secara lengkap dan valid sesuai dengan data asli anda untuk Registrasi. Kemudian, anda bisa kirimkan data tersebut ke 4444.

Dengan begitu, langkah selesai dan eSIM tersebut sudah bisa anda gunakan. 

Cara aktifkan eSIM di iPhone dan penggunaannya berlaku untuk model iPhone XS Max, iPhone XS, dan versi terbaru. Bahkan, anda tak perlu bingung lagi, karena anda dapat memasukkan lebih dari satu eSIM ke iPhone.

Teknologi eSIM Yang Paling Direkomendasikan

CEO Smartfren menjelaskan bahwa perangkat iPhone dapat menampung sampai 14 eSIM. Hal tersebut memungkinkan anda menggunakan nomor yang berbeda. Namun di Indonesia Kali ini baru menerapkan teknologi eSIM hanya Smartfren. 

Baca Juga : Compress Video di iPhone Tanpa Mengurangi Kualitas, Ini Caranya!

Bahkan, 14 negara telah menerapkan eSIM tersebut sehingga tidak perlu lagi kartu SIM fisik. Namun Smartfren akan menargetkan pengguna eSIM agar semakin bertambah, sehingga makin meluas. Nomor eSIM sebelum iPhone 11 masuk ke Indonesia Dapat dipergunakan di model iPhone X dan XR. 

Penargetan Smartfren adalah sekitar 100.000 hingga 200.000 pelanggan lebih. Terlepas dari itu, smartfren satu-satunya operator yang menawarkan eSIM yang berbasis software sehingga tidak memerlukan slot. 

Keuntungan Menggunakan eSIM 

Kecanggihan teknologi menjanjikan berbagai kemudahan serta kemudahan untuk para pengguna seluler. Sifatnya yang fleksibel serta tidak memakan tempat tersebut, memberikan keuntungan lebih. Begitu juga dengan cara aktifkan eSIM di iPhone bagi pengguna.

Selain itu, anda bisa menggunakan banyak nomor dalam satu smartfren. Namun perlu diingat bahwa penggunaannya tetap satu persatu. Bahkan dengan eSIM yang tidak berfisik, maka anda tidak perlu kuatir kehilangan kartu SIM yang sebelumnya berbentuk kecil. 

Keuntungan lain bagi anda adalah penawaran paket data yang lebih murah daripada kartu biasa. Tentu anda akan lebih menghemat dengan eSIM tersebut. 

Jika anda sudah tidak ingin menggunakan nomor tersebut dan menghapus salah satu nomor dapat melakukan penghapusan dengan cara cepat. 

Bagi yang akan menghapus nomor eSIM tersebut, anda juga akan lebih mudah yakni dengan cara membuka pengaturan. Kemudian anda klik seluler atau paket seluler dan klik paket yang anda ingin hapus dari smartphone anda.

Langkah terakhir adalah menghapus paket seluler tersebut. Dengan mengetahui cara aktifkan eSIM di iPhone, maka anda dapat mengaktifkannya dengan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto