Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bantu Kamu Tidur Lebih Cepat

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia
Cara Ampuh Mengatasi Insomnia. Foto: Ist/Net

Berikut cara ampuh mengatasi insomnia yang membantu kamu tidur lebih cepat. Kekurangan tidur tak hanya menjadi masalah serius bagi tubuh, tapi juga berpengaruh pada kondisi psikologis. Selain mudah capek dan lesu, orang yang kurang tidur cenderung lebih sensitif.

Oleh karena itu, tidur di jam yang tepat dengan waktu cukup akan membantumu hidup sehat. Tidur cukup di waktu yang tepat merupakan salah satu bentuk self love atau kecintaan pada diri sendiri. Jika bukan kamu yang mengurus dirimu, siapa lagi? Yuk simak tips berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Jangan Makan Sebelum Tidur

Pertama, cara ampuh mengatasi insomnia adalah menghindari makanan 45 menit sebelum tidur. Makanan membuat perut lebih aktif untuk mencerna sehingga kita kesulitan tidur. Maka dari itu hindari makanan berat di atas jam 8 malam.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Insomnia, Jenis, Gejala dan Cara Mengatasinya

Ritme di dalam tubuh akan terganggu jika kita makan terlalu larut. Ritme yang terganggu juga menyebabkan ketidak seimbangan hormon, penambahan berat badan, hingga risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bantu Kamu Tidur Lebih Cepat

Batasi Jam Tidur Siang

Ternyata tidur di siang hari juga bisa menyebabkan insomnia apabila kebablasan. Tidur siang memang menyenangkan, apalagi setelah kegiatan yang melelahkan. Namun jika tidak dibatasi, tidur siang dapat menyebabkan kamu kesulitan di malam hari.

Baca Juga: Obat Insomnia Alami dari Bahan Makanan

Tidur siang idealnya 30 menit saja pada jam istirahat. Atur alarm sebelum tidur atau mintalah orang rumah untuk membangunkan kamu agar bisa segera mengerjakan tugas berikutnya setelah istirahat sejenak.

Matikan Alat Elektronik

Cara ampuh mengatasi insomnia berikutnya matikan alat elektronik. Terkadang kamu menjadi sulit karena adanya elektronik yang masih menyala, seperti tv, ponsel, dll. Maka dari itu, disarankankan matikan elektronik yang masih menyala jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: Penyebab Susah Tidur dan Gejala Insomnia yang Wajib Anda Ketahui

Mematikan lampu saat tidur di malam hari juga membantumu lebih rileks. Tidur mengartikan gelap sebagai mati, dan cahaya sebagai hidup. Jika lampu kamarmu selalu menyala, kemungkinan itulah penyebab kamu mudah terbangun.

Hindari Konsumsi Kafein

Minum kopi atau teh memang nikmat, tetapi bisa menjadi penyebab insomnia. Hindari minuman yang mengandung kafein setidaknya 5 jam sebelum tidur. Karena kafein membuatmu tetap terjaga sehingga harus kamu hindari jika sudah mendekati jam-jam tidur.

Menurut Sleep Foundation, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat memblokir kimia pengontrol tidur di otak. Tak hanya itu, kafein juga meningkatkan produksi hormon adrenalin sehingga bisa sebabkan insomnia apabila kamu mengkonsumsi malam hari.

Karena itu, menjauhi minum kopi saat waktunya tidur bisa jadi salah satu cara ampuh mengatasi insomnia.

Selalu Berpikir Positif

Meski terdengar sederhana, namun berpikir positif bisa mengatasi insomnia. Mungkin kamu kesulitan tidur karena terus kepikiran masalah pekerjaan atau hubungan, dan tak ada siapa pun yang mau mendengar.

Ini saatnya berhenti membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tulis semua hal yang kamu banggakan, bila perlu minta maaf pada diri sendiri atas kesalahan di masa lalu.

Demikian cara ampuh mengatasi insomnia untuk membantu tidur nyenyak. Manajemen stress juga sangat diperlukan agar kamu tidak over thinking. Jika tubuhmu perlu istirahat, maka tidurlah, kamu akan mendapat ide keesokan paginya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu