Cara Blokir SMS Spam, Penipuan, Iklan, dan Undian Berhadiah di Android

Cara Blokir SMS
Ilustrasi Cara Blokir SMS. Foto: Ist/Net

Cara blokir SMS sering diterapkan sebagian orang karena merasa kesal dan terganggu. SMS spam, penipuan, hingga undian berhadiah tentu membuat jengkel.

Hampir 15 SMS yang masuk setiap harinya menggunakan embel-embel pinjaman dan lain sebagainya. Jika kita abaikan setiap hari, maka kotak masuk atau inbox kita bisa cepat penuh.

Baca Juga : Fitur Verifikasi SMS Terbaru dari Google Atasi Spam

Spam tersebut semakin hari malah semakin banyak bermunculan dan sangat mengganggu. Tentu saja hal ini membuat anda bingung.

Inilah Cara Blokir SMS Spam Dengan Mudah

Anda tentu berusaha menyingkirkan semua pesan spam dengan memblokirnya. Beberapa cara untuk memblokir pesan spam sebagai berikut.

Mengelola Spam

Ketika anda menerima berbagai SMS maupun pesan spam di inbox dari operator, maka anda dapat mencoba mengirimkan teks dengan isi pesan “STOP”. Kata tersebut paling umum untuk berhenti dari SMS marketing. Terutama bagi anda yang sebelumnya berlangganan.

Anda tidak perlu bersusah payah melakukan cara blokir SMS melalui operator. Jika anda memiliki pesan teks dengan tanda tangan yang otomatis ke bodi teks, maka sebaiknya anda menghapus atau menonaktifkan sebelum dikirim.

Hindari Membalas Iklan No Tak Dikenal

Beberapa iklan otomatis dalam bentuk teks dikirim secara acak ke banyak nomor telepon. Jangan membalas pesan meskipun hanya dengan kata STOP.

Dengan membalas pesan, berarti anda memberitahukan kepada program bahwa nomor tersebut adalah nomor anda. Sebaiknya anda abaikan saja dan hapus secara manual. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Melaporkan Spam

Operator AS memungkinkan anda untuk melaporkan pesan spam dengan gratis dan mudah. Anda dapat melakukan cara blokir SMS dengan menyalin pesan teks kemudian mengirimkannya ke 7726 dalam kata SPAM. Layanan tersebut membantu anda dalam menghilangkan gangguan SMS yang masuk ke HP anda.

Memblokir Pesan di Android Message

Cara manual yang dapat anda lakukan adalah membuka aplikasi Android Message. Kemudian anda tap dan tahan pada SMS spam tersebut.

Tap ikon stop yang muncul pada sudut kanan atas untuk memblokir pesan dari nomor yang sudah anda pilih. Lakukan hal yang sama pada nomor-nomor yang tak dikenal lainnya sehingga tidak mengganggu anda.

Membuka Kotak Masuk SMS

Cara blokir SMS yang dapat anda lakukan adalah membuka kotak masuk pesan anda dan pilih SMS yang tidak anda inginkan. Sorotlah selama 3 detik, kemudian akan muncul menu popup.

Anda pilih Register as spam number. Kelebihan cara ini adalah SMS dari nomor tersebut akan diteruskan ke folder spam dan anda tidak akan menerima pemberitahuannya.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Menerima SMS, Inilah Cara Mengatasinya!

Cara tersebut dapat anda terapkan. Namun versi Android berbeda-beda. Jika tidak terdapat opsi tersebut, anda dapat mencari aplikasi pemblokir SMS.

Membuka Fungsi Phone

Anda dapat memilih menu, kemudian anda Call Setting. Langkah selanjutnya adalah Call Rejection. Anda dapat merejek dengan Auto Reject List.

Menambahkan nomor yang terblokir dengan pilih Create. Anda memiliki opsi untuk memblokir panggilan maupun pesan dari semua nomor tak dikenal dengan mencentang Unknown.

Mengunduh Aplikasi Pemblokir SMS

Sekarang ini Google Play Store telah menyediakan berbagai aplikasi yang menawarkan cara blokir pesan. Anda dengan mudah memilih aplikasi yang gratis.

Baca Juga : Aplikasi Pelacak Nomor HP Anonim, Bisa Mengetahui Identitas Penelepon Misterius

Aplikasi tersebut berupa SMS and Call Blocker Plugin, SMS Blocker Award Winning, Call and SMS Blocked Plugin, dan Dead2Me Call and Text Blocker.

Memblokir SMS pada iOS

Cara termudah jika anda menerima teks spam dan masih tersimpan di riwayat pesan, maka anda dapat memblokir pengirimnya. Pilih SMS, kemudian pilih kontak. Jika sudah, anda bisa lanjutkan dengan klik info. Anda gulirkan ke bawah, kemudian pilih Block This Caller.

Kelebihan cara yang satu ini yaitu pengganggu anda tersebut akan menerima notifikasi pesan telah terkirim, namun anda tidak akan menerima pesan tersebut. Hal ini tentu saja menguntungkan anda bukan?

Cara blokir SMS adalah dengan memblokir SMS dari pengirim, namun bukan pengirim di riwayat teks anda. Scroll ke bawah, kemudian pilih Phone dan Blocked. Setelah itu, anda pilih saja Add New. Carilah orang yang akan anda blokir dalam kontak ponsel anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto