Cara Cabut Aki Mobil yang Benar Dimulai Dari Terminal Negatif

Cara Cabut Aki Mobil yang Benar
Ilustrasi Cara Cabut Aki Mobil yang Benar. Foto: Ist/Net

Cara cabut aki mobil yang benar perlu anda lakukan dengan hati-hati agar tidak muncul masalah baru. Aki merupakan cadangan listrik utama yang berfungsi memenuhi semua kebutuhan listrik dalam mobil.

Keadaan aki yang bermasalah akan sangat menghambat mobilitas ketika berkendara. Akibatnya akan timbul beberapa masalah seperti mesin tidak stabil, AC jadi tidak sejuk, bahkan mobil tidak bisa menyala.

Baca Juga : Aki Mobil Tekor, Kenali Apa Saja Penyebab yang Sering Terjadi

Apabila timbul permasalahan seperti ini, anda perlu melakukan pengecekan pada aki. Anda harus mengeluarkan aki dari tempat semua untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Jika kedapatan aki sudah soak, mau tidak mau anda harus mengganti aki lama dengan aki baru.

Ketahui Cara Cabut Aki Mobil yang Benar, Cegah Kerusakan Baru

Sebagai sumber daya untuk memenuhi kebutuhan elektrik mobil, aki harus mendapat perawatan. Apabila aki soak, mesin tidak akan bisa menyala karena daya listriknya lemah sehingga aki harus anda ganti.

Untuk bisa melepas aki mobil, pastikan anda melakukan dengan tahapan yang benar. Jika anda asal melepas aki, bisa menimbulkan permasalahan baru yang akan menyebabkan beberapa kerusakan lainnya.

Melepas aki mobil tidaklah semudah melepas aki pada kendaraan bermotor. Terlebih untuk mobil keluaran terbaru saat ini yang lengkap dengan perangkat canggih seperti ECU dan Immobilizer.

Anda bisa saja mencari bantuan dengan membawa mobil ke bengkel terdekat. Namun jika bisa melakukannya sendiri, beberapa langkah cara cabut aki mobil yang benar berikut dapat anda lakukan.

Kunci Kontak Dalam Keadaan Off

Cara cabut aki mobil yang benar adalah dengan memastikan kunci kontak ada dalam posisi off. Hal ini untuk menjaga keselamatan anda agar tidak terjadi percikan bunga api.

Aki mobil terdiri dari 2 jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Jika menggunakan aki kering, bisa langsung anda pasangkan saja. Namun untuk aki basah, terlebih dahulu isi dengan air zuur sesuai dengan indikator maksimalnya.

Fokus pada Bagian Kutub Negatif

Seperti pada umumnya, komponen untuk memberi daya listrik, aki memiliki kutub positif dan negatif. Untuk langkah awal cara cabut aki mobil yang benar, perhatikan pada kutub negatifnya.

Anda bisa memulai untuk melepas kabel, baut, dan klem pada bagian kutub negatif. Tujuannya agar tidak ada arus pendek yang berbahaya untuk aki dan sistem mobil anda.

Baca Juga : Daftar Harga Aki Mobil Berbagai Merek Terkenal di Indonesia

Dengan mencabut kabel negatif, secara otomatis akan memutuskan hubungan arus listrik pada body mobil. Sehingga jika terdapat benda logam jatuh pada terminal, tidak akan mengalami permasalahan seperti korsleting.

Lepas Bagian Kutub Positif

Apabila anda sudah melepas seluruh bagian kutub negatif, saatnya beralih ke kutub positif. Anda hanya tinggal melepas semua kabel dengan mudah.

Pastikan semua kabel dan klem tidak ada yang terhubung dengan aki mobil. Jika sudah melepas semua bagian ini, maka cara cabut aki mobil yang benar telah anda lakukan dengan baik.

Anda bisa memeriksa pada kabel dan klem, apakah berkarat atau tidak. Bila terdapat karat, gunakan cairan anti karat untuk membersihkan atau menggosoknya hingga karat hilang. Karat dan kotoran yang menempel pada bagian ini akan menjadi penghalang masuknya aliran listrik.

Angkat Aki Dengan Posisi Tegak Lurus

Pastikan semua kabel dan klem pada bagian kedua kutub tidak ada yang tersambung dengan bagian lainnya. Selanjutnya anda bisa memulai mengangkat aki mobil dengan perlahan dan posisi tegak lurus.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor 

Alasan harus tegak lurus adalah untuk menghindari cairan aki tumpah ke luar. Dengan mengangkat aki keluar dari mobil, tahap ini berarti sudah selesai dan anda bisa menggantinya dengan aki baru.

Cara Memasangkan Aki Baru

Pertama, letakkan aki pada dudukannya secara tegak lurus. Lalu pasangkan kabel positif baru, kemudian pasang kabel negatif. Hal ini bisa mencegah munculnya percikan api pada kutub positif.

Ketika memasang kabel positif lalu berlanjut ke kabel negatif, biasanya akan muncul percikan api. Namun anda tidak perlu khawatir, jika kepala aki sudah terpasang dengan sempurna, percikan tersebut akan hilang.

Pastikan semua bagian kabel dan klem telah terkunci dengan sempurna. Setelah itu, coba nyalakan mesin mobil anda. Apabila semua berjalan baik, anda bisa menutup kap mobil. Langkah ini merupakan kebalikan dari cara cabut aki mobil yang benar diatas. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto