Cara Mahasiswa Islam Ciamis Jaga Toleransi dengan Umat Kristiani

Cara Mahasiswa Islam Ciamis Jaga Toleransi dengan Umat Kristiani
Mahasiswa Islam dari berbagai organisasi dan universitas di Kabupaten Ciamis, melakukan aksi sosial berupa memberikan bunga kepada jemaah umat Kristiani Gereja St Yohanes Ciamis, yang sedang beribadah Paskah, Minggu (4/4/2021). Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan mahasiswa Islam dari berbagai organisasi dan universitas di Kabupaten Ciamis, melakukan aksi sosial berupa memberikan bunga kepada jemaah umat Kristiani Gereja St Yohanes Ciamis, yang sedang beribadah Paskah, Minggu (4/4/2021).

Pemberian bunga tersebut sebagai wujud tanda cinta dan kasih antar umat beragama. Puluhan umat Kristiani juga menyambut baik para mahasiswa yang telah memberikan bunga.

Mahasiswa dari beberapa universitas tersebut tergabung dalam beberapa organisasi, antara lain Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Kemudian, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Syariah IAID Darussalam, dan perwakilan ICMI Ciamis.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Irsal Muhammad mengatakan, aksi ini merupakan sebagai bentuk cinta dan kasih sayang antar umat beragama.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk belasungkawa atas terjadinya bom bunuh diri, di Gereja Katedral Makassar beberapa waktu lalu.

“Ini bentuk respon dan perhatian kami selaku mahasiswa Islam atas terjadinya kejadian, yang terjadi akhir-akhir ini di negara yang kita cintai,” katanya.

Menurutnya, aksi pemberian bunga tersebut memang dibuat secara sederhana. Namun dalam aksi ini, organisasi mahasiswa Islam Ciamis lebih mengutamakan jalinan persaudaraan antar umat beragama.

Supaya dapat menjaga keutuhan dan kesatuan negara dengan damai dan tentram sesama warga Indonesia.

“Semoga aksi kami ini dapat menginspirasi orang lain, untuk sama-sama merawat keutuhan Indonesia dengan baik, meskipun beda agama,” tuturnya.

Lebih lanjut Irsal menambahkan, aksi ini juga sebagai upaya untuk mengekspresikan Islam rahmatan lil alamin. “Dengan persaudaraan, persahabatan serta bergandengan tangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Gereja Katolik St Yohanes, Romo Mikael Adi Siswanto, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Islam Ciamis.

Menurutnya, aksi beberapa mahasiswa tersebut bukan hanya dilihat memberikan bunga saja. “Namun, itu merupakan sebuah ajakan untuk persaudaraan dan merawat toleransi serta merajut kebhinekaan Indonesia,” singkatnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto