Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Cara Membersihkan AC Mobil
Ilustrasi Cara Membersihkan AC Mobil. Foto: Ist/Net

Cara membersihkan AC mobil tidak harus anda lakukan dengan pergi ke bengkel, anda dapat membersihkannya sendiri di rumah. Mengingat AC ini sangat penting, sehingga anda perlu melakukan perawatannya sendiri secara rutin.

AC berfungsi menjaga suhu dalam kabin agar tetap terjaga, sehingga penumpang tidak akan kegerahan saat berada di dalam mobil. Seiring penggunaan yang secara terus-menerus, maka evaporator akan lebih cepat kotor.

Evaporator ini berfungsi untuk mengurai freon ke selang-selang kecil yang selanjutnya mendinginkan ruangan. Dengan kata lain, evaporator bertujuan untuk menjaga suhu udara yang melaluinya supaya tetap dingin.

Inilah Cara Membersihkan AC Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

AC memiliki peran sangat penting dalam menjaga keberlangsungan sirkulasi udara di dalam mobil. Selain itu, membuat suhu udara dalam kabin menjadi stabil dan sejuk. Perjalanan jauh pun akan terasa nyaman apabila mobil sudah lengkap dengan AC.

Baca Juga : Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Karena pentingnya AC, maka anda perlu lakukan perawatan. Tak perlu ke bengkel, anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Biasanya komponen yang sering bermasalah pada AC mobil yaitu evaporatornya. Sebelum membahas cara membersihkan AC mobil, sebaiknya anda harus tahu terlebih dulu penyebab AC cepat kotor.

Mematikan Mesin Ketika AC Masih Menyala

AC mobil yang kotor biasanya sering terjadi karena beberapa hal yang anda anggap sepele. Misalnya saja ketika AC masih menyala, namun anda tidak sadar dan langsung mematikan mesin mobil.

Dengan begitu, pada saat anda ingin menyalakan kembali mobil, secara otomatis AC juga akan langsung menyala. Hal ini akan mengakibatkan aki bekerja dua kali keras dari biasanya sehingga kemampuan kerja aki tidak optimal.

Membuka Jendela Mobil

Penyebab selanjutnya, biasanya ada saja penumpang yang membuka jendela pada saat AC menyala. Jendela yang terbuka akan menyebabkan debu dan kotoran dengan mudah masuk dalam mobil. Sehingga kompresor akan bekerja lebih berat agar suhu tetap ideal. Pada akhirnya, AC justru akan cepat rusak.

Baca Juga : Pembersih AC Mobil, Cukup Ampuh Hilangkan Debu dan Kotoran

Dengan begitu, sebaiknya anda menghindari kebiasaan tidak baik tersebut. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, sekarang akan kita bahas mengenai cara membersihkan AC mobil yang kotor.

Bongkar dan Bersihkan Evaporator AC

Cara membersihkan AC mobil yang pertama dengan membongkar Evaporator AC. Sebelum membongkar, parkirkan mobil pada tempat yang bersih dan tidak berdebu.

Tujuannya agar sirkulasi udara dari luar kabin dapat masuk dengan baik ke dalam mobil. Setelah itu, anda dapat mempersiapkan alat-alat yang akan anda butuhkan, seperti brush dan cairan pembersih evaporator.

Selanjutnya anda perlu mengetahui letak saluran masuk udara atau blower pada bagian glove box. Buka glove box lalu ambil bagian filter AC dan periksa kondisi bagian tersebut. Kemudian sikat secara menyeluruh.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Untuk Membersihkan AC Mobil

Siasat lain cara membersihkan AC mobil yaitu dengan menggunakan pembersih khusus AC mobil. Dengan menggunakan cairan ini, anda bisa melenyapkan kotoran yang ada pada AC mobil dengan maksimal.

Untuk mendapatkan cairan ini cukuplah mudah, karena banyak tersedia di bengkel AC. Cairan ini berbentuk spray yang memiliki kandungan foam. Cara menggunakannya juga tidaklah sulit, anda cukup menyemprotkannya saja.

Kocok dahulu kaleng spray agar kandungan foam tercampur dengan merata. Dekatkan spray pada blower mobil, lalu semprotkan tepat pada posisi blower AC.

Baca Juga : Service Kompresor AC Mobil, Simak Tahapan Caranya Berikut Ini

Setelah blower anda semprot, hidupkan mesin agar AC menyala. Hal ini bertujuan agar permukaan evaporator bisa mengeluarkan embun.

Menguras Debu dari Evaporator AC

Jika anda sudah melakukan proses pembersihan menggunakan cairan khusus, maka selanjutnya anda harus memastikan kondisi evaporator AC.

Dengan begitu, sisa debu atau kotoran tidak akan menyumbat ventilasi AC. Untuk membersihkannya, cukup anda pastikan selang ventilasi bebas dari sumbatan dengan cara menyikatnya.

Hidupkan mesin untuk memastikan apakah suhu AC pada kabin terasa atau tidak. Apabila hembusan AC sudah kembali dingin dan normal, maka tandanya cara membersihkan AC mobil berjalan dengan baik.

Setelah itu, anda harus memasang filter udara yang sudah bersih pada kotak glove box yang berada di sisi dashboard mobil. Dengan begitu, AC sudah siap anda gunakan seperti sedia kala. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto