Cara Membersihkan Kaca agar Bening dan Tidak Berdebu

Cara Membersihkan Kaca
Cata membersihkan kaca agar bening dan bebas debu. Foto: Ist/Net

Agar kaca di rumah tampak bening dan tidak berdebu maka kita perlu mengetahui cara membersihkan kaca. Jendela merupakan jalur masuk udara dan cahaya matahari ke dalam ruangan, sehingga keberadaan kaca dapat membuat terasa lebih luas.

Namun, ada kalanya kaca menjadi kotor karena terkena debu sehingga tidak enak dilihat. Agar kaca di rumah tampak bening kembali, yuk manfaatkan waktu luang untuk membersihkannya!

Baca Juga: Merawat Perabotan Rumah dengan Minyak Zaitun, Panci Jadi Kinclong

Berbagai Cara Membersihkan Kaca

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kaca di rumah. Dijamin kaca jadi kinclong dan bebas debu.

Gunakan Sarung Tangan

Kamu bisa menggunakan sarung tangan dari silikon. Tujuannya untuk melindungi kulit agar tidak terjadi reaksi alergi dari produk pembersih yang kita gunakan. Sarung tangan bahan silikon dapat mencegah cairan sabun mengenai kulit.

Untuk membersihkan kaca, pilih sarung tangan silikon yang tidak bergerigi. Karena sarung tangan silikon dengan telapak tangan bergerigi lebih cocok untuk kegiatan cuci piring. Ketika bersih-bersih kita lebih membutuhkan sarung tangan yang tipis agar tangan lebih leluasa bergerak namun cukup kuat untuk melindungi kulit. 

Lakukan Saat Cuaca Redup

Sebaiknya lakukan bersih-bersih kaca saat pagi atau sore hari. Tujuannya agar sabun tidak cepat kering, sehingga kaca akan bersih sempurna. Berbeda halnya ketika siang hari, sabun yang kita semprotkan ke kaca akan cepat menguap dan kita harus menyemprotkannya berulang-ulang.

Baca Juga: Cara Menata Kamar Mandi yang Sempit Mudah dengan Hasil Luas

Bisa Menggunakan Wiper

Wiper merupakan alat pembersih kaca dengan ujung karet yang tidak meninggalkan bekas air. Wiper menjadi pilihan karena bentuknya yang pipih memanjang dapat membantu kamu, karena lebih hemat waktu dan tenaga. Hanya dengan sekali usap dari atas ke bawah, debu dan kotoran di kaca langsung hilang seketika.

Biasanya petugas kebersihan di perkantoran, hotel, atau mall menggunakan wiper untuk mempersingkat pekerjaan. Kaca-kaca pada jendela memang rentan sekali berdebu, jika kaca terlihat kotor, itu akan menciptakan kesan buruk dari pengunjung. Oleh karena itu wiper merupakan salah satu cara membersihkan kaca agar terlihat baru.

Memanfaatkan Kaos Lama

Jika kamu memiliki kaos lama yang sudah tidak layak pakai, gunakan saja untuk mengelap kaca. Cara menggunakan kaos lama sebagai lap kaca hampir sama seperti wiper, mulailah dari bagian atas ke bawah.

Agar kamu membersihkan kaca dengan efektif, mulailah dari bagian atas terlebih dulu. Semprotkan campuran sabun pembersih dengan air ke kaca, biarkan cairan mengalir ke bawah. Cara ini dapat membuatmu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Gunakan Cotton Bud

Untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dijangkau, gunakan cotton bud. Semprotkan sabun pembersih di area tersebut, lalu gosok dengan cotton bud. Ukurannya yang kecil bisa menyerap cairan sekaligus mengangkat kotoran yang menempel di area sudut.

Cotton bud tak hanya berguna untuk keperluan make up. Ternyata, untuk kegiatan bersih-bersih pun lumayan membantu. Salah satunya mempermudah kamu membersihkan area sudut yang sulit dijangkau oleh lap.

Itulah cara membersihkan kaca agar menciptakan suasana ruangan yang bersih dan nyaman untuk kamu tempati. Dengan menggunakan wiper, kaos lama, dan cotton bud pekerjaanmu akan jadi lebih mudah. Jangan lupa kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan, ya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu