Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Cara membersihkan throttle body motor bisa anda lakukan sendiri dengan mudah. Namun dalam pengerjaannya pastikan anda sudah ahli, dan mengenal dengan baik komponen pada motor. 

Throttle body merupakan bagian sistem yang mengatur jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin. Biasanya terletak diantara saringan udara dan intake manifold, dekat dengan sensor aliran udara.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong, Dijamin Ampuh

Seiring pemakaian kendaraan bermotor yang cukup lama, throttle body bisa saja kotor bahkan berkerak. Throttle body yang kotor mengakibatkan tarikan mesin lebih berat. Karena banyak debu atau kotoran, sehingga mengganggu bacaan sensor.

Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Benar

Throttle body motor yang kotor akan mempengaruhi mesin pada kendaraan anda. Hal ini bisa terjadi karena kotoran tidak tersaring secara sempurna oleh filter udara. Sehingga kotoran jadi mengendap dan menempel. Tapi tak perlu khawatir, kotoran pada throttle body ini bisa anda atasi.

Throttle body atau karburatornya mesin injeksi ini, berfungsi mencampur udara dan bahan bakar yang injektor semprotkan sebelum masuk ke dalam ruang bakar.

Baca Juga : Cara Membersihkan Busi Motor Tanpa Harus Bawa ke Bengkel

Salah satu indikasi saat throttle body kotor adalah ketika motor injeksi tidak langsam. Lalu, anda harus membuka saluran udara idle pada lubang Air Screw yang masuk kedalam mesin. Lubang tersebut yang sering terdapat banyak kotoran. Ini hanya perlu anda lakukan ketika terjadi stasioner mesin yang tidak langsung.

Lalu bagaimana jika karburator sampai kotor, seperti apa langkah-langkah yang harus anda lakukan? Beberapa bengkel ada yang menggunakan karburator cleaner, tapi ada juga yang membongkar karburator. Simak penjelasan berikut:

Menggunakan karburator cleaner

Cara membersihkan throttle body motor yang pertama dengan memakai cairan carburator cleaner. Cairan ini bisa anda dapatkan di bengkel terdekat. Biasanya anda bisa membeli dengan harga sekitar 30 ribu hingga 300 ribu, tergantung mereknya.

Anda perlu membuka filter udara dan menyalakan motor. Kemudian, semprotkan cairan tersebut ke dalam lubang filter udara yang menuju ke throttle body.

Cairan yang anda semprotkan ke throttle body akan berubah menjadi hitam ketika disemprot carburator cleaner. Cara ini cukup mudah dan efektif, tapi tidak semua rongga dalam throttle body dapat anda bersihkan dengan sempurna.

Membongkar Throttle Body

Selanjutnya cara membersihkan throttle body motor dengan membongkar throttle body dan manifold. Kami sarankan, pembongkaran ini anda lakukan pada motor yang berumur lebih dari 2 tahun. Pada motor injeksi, dengan umur motor lebih dari 2 tahun biasanya terdapat banyak kotoran yang menempel pada dinding.

Proses pembongkaran ini memerlukan waktu yang cukup lama dan cukup beresiko, jika anda salah melepas selang bahan bakar dari injektor. Pembongkaran ini harus anda lakukan dengan teliti dan hati-hati. Jika ragu, lebih baik bawa saja menuju bengkel terdekat.

Membersihkan Injektor Motor

Setelah membahas cara membersihkan throttle body motor, kini injektor motor yang harus dibersihkan. Karena pada lubang injektor yang sangat kecil bisa mampet. Biasanya karena bahan bakar yang anda gunakan kurang baik. Bisa juga karena adanya kotoran atau benda asing dalam tangki bahan bakar. Dalam hal ini mungkin saja tangki anda berkarat atau keropos.

Membersihkan injeksi motor ini bisa anda lakukan dengan 2 cara

Pertama menggunakan infus. Pada cara ini, infus akan kita isi dengan cairan khusus injector cleaner kemudian menyambungkan ke injektor. Jangan lupa soketan pompa bahan bakar harus anda lepas supaya tidak menyemprotkan bahan bakar.

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Tak hanya itu saja, alat ini memerlukan kompresor guna menekan bensin atau bahan bakar menuju injektor. Intinya untuk membersihkan injektor dengan cara ini anda harus punya alat itu dan juga kompresor.

Lalu, yang kedua langsung menuang cairan injector cleaner ke dalam tangki bahan bakar. Cara ini paling mudah dan juga aman anda lakukan. Namun dibanding dengan cara pertama, cara ini tidak cukup maksimal dalam membersihkan injektor.

Manfaat Membersihkan Throttle Body Motor

Membersihkan Throttle body motor akan meningkatkan performa mesin kendaraan anda. Selain itu juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar dan menghilangkan engine knocking.

Dengan memahami dan melakukan cara membersihkan throttle body motor di atas, anda tak perlu bingung ketika karburator perlu dibersihkan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img