Cara Membuat Konten Menarik di Medsos, Promosi Makin Laris

Cara Membuat Konten yang Menarik di Medsos
Cara membuat konten menarik di Medsos. Foto: Ist/Net

Jika saat ini Anda sedang menjalankan bisnis atau membangun personal branding, maka perlu tahu cara membuat konten menarik di media sosial (Medsos).

Tips ini akan membantu Anda menampilkan post yang beragam untuk menarik calon pembeli atau advertiser. Sehingga sayang sekali jika dilewatkan.

Baca Juga: Cara Siaran Langsung di FB Untuk Jualan dan Membangun Branding

Hal-hal yang Anda butuhkan tentunya adalah smartphone, akses internet, dan ketekunan dalam menjalankan promosi. Jika Anda bisa melakukan hal kecil secara terus menerus, maka itu akan memberi dampak yang besar!

Beberapa Cara Membuat Konten Menarik di Medsos

Berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti untuk promosi jualan ataupun menarik calon pengiklan:

Rajin Posting

Cara membuat konten menarik yang pertama adalah rutin posting, minimal 1 post dalam 1 hari. Membuat konten lebih banyak dapat meningkatkan peluang untuk dilihat banyak orang. Mereka akan mengingat Anda di bidang yang sedang ditekuni. 

Konten ini bisa berupa artikel blog, feed Instagram, update Facebook atau Twitter. Jika tidak memungkinkan memakai semua jenis sosmed, pilih saja satu yang paling cocok bagi Anda. Lakukan update secara rutin dan terjadwal, maka orang-orang akan mengingat Anda dari apa yang Anda bagikan.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Lewat HP, Dapatkan Uang dari Hobi Menulis

Semisal jika Anda curhat masalah rumah tangga di sosial media sebanyak 4 kali dalam seminggu, maka follower atau teman facebook akan mengingat Anda sebagai ‘ratu drama’.

Namun berbeda halnya ketika Anda membagikan tips seputar relationship dalam frekuensi yang sama, maka Anda berkesempatan menjadi influencer, bahkan mendapatkan job endorsement.

Bagikan ke Sosial Media Lain

Bila sudah terbiasa rutin update di satu jenis sosmed, selanjutnya bagikan konten ke platform lain. Saat ini sudah ada fitur mengaitkan akun, jika Anda membuka akun Instagram dan Facebook dengan satu email yang sama, maka keduanya bisa saling terhubung. Ini berguna untuk mempersingkat pekerjaan Anda, karena bisa menjangkau beberapa audience sekaligus.

Cara membuat konten menarik selanjutnya, Anda harus menyesuaikan post dengan setiap platform. Mungkin sedikit rumit di awal-awal karena setiap platform memiliki resolusi gambar berbeda. Misalnya untuk post di blog/website, gambar dengan mode landscape lebih ramah pembaca. Sedangkan untuk post di Instagram, setiap gambar akan lebih menarik dengan bentuk kotak.

Komunikasi

Rajin-rajinlah berinteraksi dengan orang lain. Beritahu orang-orang di Whatsapp, bagikan url posting, minta pendapat mereka dan jalin kedekatan personal.

Selebgram memiliki banyak follower karena mereka disukai tak hanya dari penampilan saja, tetapi karena mereka juga mau berinteraksi dengan siapapun termasuk haters.

Balas setiap komentar dan pesan yang masuk, kalau bisa ucapkan terima kasih atas kesediaan mereka memberi respon.

Trik ini tak hanya menunjukkan kepribadian yang ramah, tapi juga membuat posting Anda semakin naik ke atas dan muncul di beranda orang lain.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Google Adsense Tanpa Blog yang Mudah

Jangan lupa gunakan emoji warna-warni agar interaksi terasa lebih hidup dan berkesan. Ini juga bisa membantu menarik perhatian.

Konten Informatif dengan Ciri Khas

Trending konten yang memiliki ciri khas akan lebih menarik banyak peminat. Jangan membanding-bandingkan Anda dengan orang lain, tetaplah percaya diri apa adanya karena yang seperti itu lebih disukai.

Jika Anda fokus membeli produk-produk dengan harga terjangkau, lanjutkan saja. Tidak perlu berinvestasi pada produk mahal yang belum tentu bagus.

Bisa saja review produk yang Anda buat akan membantu orang lain yang memiliki keluhan sama. Dengan budget yang tidak terlalu besar, Anda membantu mereka berhemat. Selain itu, cara membuat konten menarik juga harus menggunakan opini yang jujur namun tetap sopan.

Foto Harus Terang, Jelas, dan Nyata

Pastikan orang lain melihat foto Anda sejelas mungkin, bila perlu, posting dari beberapa angle dan detail lainnya yang perlu ditunjukkan.

Foto baju yang menampilkan bagian depan, belakang, dan samping lebih cepat laku daripada foto baju lain yang hanya menampilkan bagian depan saja. Beri watermark agar foto tidak dicuri orang, namun jangan sampai merusak keindahan gambar.

Gunakan Fitur Tagging

Informasi produk akan langsung terlihat dengan memakai tagging yang tepat dan kekinian. Ini membantu konten Anda lebih mudah ditemukan orang lain karena sosial media menganggapnya sebagai posting terkait dari satu topik. Gunakan fitur ini agar konten Anda semakin banyak dilihat orang.

Itulah cara membuat konten menarik di sosial media yang bisa Anda praktekkan untuk promosi bisnis atau jasa. Dengan meluangkan waktu satu jam per hari, maka Anda berkesempatan untuk menarik minat orang atau mendapatkan job. Jangan lupa tentukan target pasar Anda sebelum memulai. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu