Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit Tidak Rumit dan Berbelit-Belit

Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit Tidak Rumit dan Berbelit-belit
ilustrasi: Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit. Foto: Ist/net.

Cara menata dapur kontrakan sempit tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penghuninya. Hal tersebut juga bukanlah tantangan mudah, karena memaksa sang pemilik memutar otak dan menemukan ide-ide cemerlang, agar tempat memasaknya tersebut tetap nyaman dan enak dipandang. Meskipun berada pada paling belakang akan tetapi bukan berarti kita harus membiarkannya berantakan ya.

Rumah dengan ukuran minimalis tentunya memerlukan perhatian tersendiri untuk penataan ruangannya. Perabotnya juga harus memiliki ukuran kecil supaya bisa muat dan juga terkesan rapi.

Beberapa Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit Bisa Anda Coba

Kontrakan selalu menjadi solusi terbaik untuk seseorang yang belum memiliki rumah. Meskipun ukurannya kecil, namun setidaknya tempat tersebut dapat memberi perlindungan dari terik panas matahari dan juga derasnya air hujan.

Baa Juga: Desain Dapur Rustic Model Dulu yang Selalu Akan Membuat Rindu

Dapur sendiri merupakan tempat untuk memasak dan juga makan. Meskipun demikian, akan tetapi ruangan ini juga butuh sentuhan yang menyenangkan. Lalu bagaimana caranya menata agar terlihat rapi meskipun sempit?

Adanya Storage yang Sederhana

Jangan khawatir untuk bagaimana cara menata dapur kontrakan yang sempit milik anda. Karena ruangan tersebut akan tetap luas dan nyaman saat anda menghadirkan storage yang multifungsi. Hal ini karena memang pada kenyataannya tempat memasak ini mempunyai banyak perangkat dengan ukuran yang berbagai ragam.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi untuk ketersediaan storage saat ini juga sudah beragam. Bahkan, anda sendiri bisa lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan bagaimana interior ruangan tersebut. Dengan anda menggunakan storage juga akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih tertata.

Baca Juga: Dapur Bawah Tangga Tidak Akan Menjadi Penghalang Saat Masak

Menata Tempat Memasak Sesuai dengan Cara Kerja atau Habits

Dengan anda menggunakan cara menata dapur kontrakan sempit ini tentunya akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga mempermudah para penghuni untuk melakukan aktivitasnya.

Mengenai penataan, susunlah semua kabinet dalam ruangan ini secara berdekatan guna mempermudah anda untuk mengambilkan sesuatu.

Adanya Rak Vertikal Pada Dinding

Perlu anda ketahui cara menata dapur kontrakan sempit bisa juga dengan menggunakan rak vertikal. Kemudian, bisa juga memanfaatkan space yang masih ada. Rak ini juga akan membantu anda untuk menghemat tempat daripada dengan menggunakan rak dengan horizontal.

Baca Juga: Atap Terbuka Dapur Minimalis Simple yang Mudah dan Anti Sumpek

Sekiranya anda tidak mempunyai uang untuk menghadirkan rak tersebut, akan tetapi anda masih bisa memanfaatkan space yang ada dengan menggunakan paku juga bambu. Nantinya, anda bisa menggunakan rak tradisional tersebut untuk menyimpan peralatan makan, dapur dan yang lainnya.

Memanfaatkan Sudut Ruangan

Tujuan dari cara menata dapur kontrakan sempit dengan memanfaatkan sudut ruangan adalah hampir sama dengan sebelumnya tadi, yakni untuk mendapatkan celah. Celah tersebut tujuannya adalah untuk membuat ruangan tersebut menjadi lapang.

Pada kenyataannya meskipun ruangan anda sangatlah sempit, akan tetapi pasti masih ada beberapa celah yang masih bisa dimanfaatkan. Misalnya pada bagian bawah wastafel.

Pada celah tersebut bisa anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan tong sampah ataupun panci dengan ukuran yang besar. Bahkan bisa juga untuk menyimpan cairan sabun pembersih.

Memilih Menggunakan Furniture yang Tepat

Tentunya cara menata dapur kontrakan yang satu ini sangatlah penting. Pasalnya perabotan adalah unsur penting yang harus ada pada tempat memasak. Karena ukuran luasnya sempit, berarti anda harus memilih yang mempunyai ukuran mini juga.

Tentunya, saat anda memilih perabotan yang mempunyai ukuran besar, dampaknya membuat ruangan tersebut justru semakin sempit. Nah, itulah alasan mengapa kita juga harus memperhatikan sebelum menghadirkan semua perabotan dalam ruangan ini.

Selalu Menjaga Kebersihan Ruangan

Kebersihan ruangan tersebut juga termasuk dalam cara menata dapur kontrakan sempit. Mengapa demikian? Karena dengan anda mampu menjaga kebersihannya, maka kenyamanan akan selalu ada. Saat ruangan bersih, sudah pasti anda juga akan lebih menyukainya.

Selain itu, mengenai penggunaan cat juga menjadi hal yang sama halnya penting. Dengan anda menggunakan warna cat yang terang akan membuat suasana masak anda lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk hadirkan cerobong buang asap.

Untuk yang masih bingung mengenai bagaimana cara menata dapur kontrakan sempit, beberapa ide cemerlang tadi bisa memberikan anda perubahan besar. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang