Cara Menata Kamar Mandi yang Sempit Mudah dengan Hasil Luas

Cara Menata Kamar Mandi yang Sempit Mudah dengan Hasil yang Luas
Ilustrasi Cara Menata Kamar Mandi yang Sempit. Foto: Ist/Net

Cara menata kamar mandi yang sempit bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan mudah. Pasalnya, kita sebagai pengguna sekaligus pemilik harus memutar otak guna menemukan caranya. Hal tersebut faktanya mempunyai tujuan yakni mendapatkan ruangan yang luas dan rapi juga nyaman saat digunakan.

Kamar mandi juga termasuk dalam salah satu bagian ruang yang mempunyai unsur penting. Pasalnya, kalau tidak ada kamar mandi pada hunian anda, maka aktivitas yang berkaitan dengan kamar mandi harus anda lakukan di mana? Masa terus-terusan numpang tetangga. Kan nggak mungkin banget.

Beberapa Cara Menata Kamar Mandi yang Sempit

Bukanlah menjadi suatu masalah meskipun anda hanya mampu menghadirkan tempat mandi dengan ukuran yang kecil. Hal yang paling penting adalah bisa digunakan sebagaimanamestinya.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Etnik Memberikan Kesan Terbaik, Unik dan Menarik

Meskipun banyak juga yang kebingungan untuk cara menatanya. Tapi tenanglah, berikut ini beberapa cara menata kamar mandi yang terbatas yang bisa anda contoh.

Hadirkan Penggunaan Cermin

Nggak taukan kalau kehadiran cermin juga merupakan salah satu cara menata kamar mandi yang sempit? Hal yang demikian itu nyatanya justru akan memberikan kesan luas pada ruangan tersebut. Mengapa demikian? Karena adanya pantulan cahaya juga sisi ruangan yang berada tepat di hadapannya.

Inilah alasan mengapa banyak toko-toko kecil yang suka menggunakan cermin pada sisi sebelah kanan maupun kiri. Karena memang dapat memberikan kesan luas, bahkan dua kali lipatnya lho.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur, Tetap Aman dan Nyaman

Apalagi seperti sekarang ini sudah banyak model cermin yang dijual. Maka anda juga akan mudah memilih untuk menyesuaikannya dengan desain interior tempat mandi anda tersebut.

Mudah bukan cara menatanya? Tinggal anda tempelkan saja pada dinding. Tetapi perlu anda ingat juga, tempat tersebut harus menghadap menuju ke arah angin. Dengan begitu, tempat mandi kecil anda juga akan mewah.

Memanfaatkan Sudut Ruang yang Ada

Salah satu cara menata kamar mandi yang sempit adalah dengan memanfaatkan space sudut. Banyak orang yang masih kurang begitu perhatian dengan hal ini.

Sudut tersebut bisa anda manfaatkan sebagai rak unik yang fungsinya untuk menyimpan barang-barang keperluan saat mandi. Meskipun kecil, dengan anda pandai memanfaatkan space, maka hasilnya tetap akan rapi juga luas lho. Nggak percaya, buktikan sendiri aja deh.

Baca Juga: Kamar Mandi Outdoor Modern Memberikan Kesan Relaksasi Sempurna

Perhatikanlah Ukuran Bathup yang Ingin Anda Gunakan

Mungkin nggak sih kalau ukuran kamar mandi yang kita miliki saja kecil, terus kita menghadirkan ukuran bathup yang gede. Mungkin-mungkin saja, akan tetapi itu bukan termasuk dalam cara menata kamar mandi yang sempit.

Apabila anda tidak mau untuk kehilangan space ruangan hanya untuk bathup, alangkah lebih baiknya jika bathup yang anda gunakan mempunyai ukuran yang selaras.

Selain bisa menghemat ruangan, tempat mandi tersebut juga akan terlihat rapi tidak semrawut barang-barang lainnya. Salah satu bathup yang bisa anda pilih adalah yang mempunyai panjang kurang lebih 5 kaki. Kendati demikian, model dinding yang juga harus anda gunakan adalah model rendah.

Gunakan Model Wastafel yang Menempel

Dengan anda menggunakan model wastafel yang demikian ini, maka cara menata kamar mandi yang sempit milik anda sudah sangat efektif. Hal tersebut juga akan membantu anda untuk menghemat ruang.

Sebenarnya bukan hanya wastafel saja, misalnya anda ingin menghadirkan meja rias. Pilihlah juga yang modelnya sama dengan wastafel tersebut. Selain menghemat ruang, anda juga akan lebih mudah untuk membersihkannya.

Sesuaikan Warna Plafon dan Lantai

Bukan hanya pemilihan warna yang netral, tetapi menyelaraskan warna plafon dengan lantai itu juga termasuk dalam cara menata kamar mandi yang sempit. Plafon dan lantai merupakan bagian yang penting dalam ruangan tersebut.

Jika anda menggunakan cat dengan warna yang berbeda, terlebih arahnya kontras lagi dengan lantai, hal tersebut akan merusak tempat mandi anda tersebut.

Pasalnya, bukan luas, tetapi justru malah pendek. Jadi, untuk menghindari hal yang demikian itu, lebih baik anda memilih untuk menggunakan warna putih atau krem pada tempat mandi anda tersebut.

Gabungkan Antara Pintu dan Gantungan

Cara menata kamar mandi yang terbatas satu ini merupakan cara paling recommended. Bahkan juga bukan termasuk dalam hal yang asing.

Dengan demikian pula, anda sangat akan terbantu dalam menghemat ruangan. Menjadikan satu antara pintu dengan gantungan juga akan membantu anda dalam menata ruangan agar terlihat rapi.

Karena saat tempat mandi tersebut dibuka, maka tetap akan rapi dan tidak terkesan berantakan karena banyak baju yang menggantung. Nah, beberapa cara menata kamar mandi yang sempit bisa menjadi inspirasi juga rekomendasi untuk anda. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang