Cara Menentukan Ukuran Celana Agar Mendapat yang Sesuai

Cara Menentukan Ukuran Celana, Agar Mendapat Ukuran yang Sesuai
Ilustrasi cara menentukan ukuran celana. Foto: Ist/Net

Cara menentukan ukuran celana, bisa dilakukan tanpa mencobanya. Setiap wanita pasti mempunyai celana di dalam lemarinya. Pemilihan celana tidak hanya nyaman, namun juga memiliki ukuran yang sesuai.

Sering kali tidak mengetahui ukuran dari pakaian yang digunakan. Hanya bergantung dengan ukurannya yang sudah ada atau pakaian yang telah jadi. Sebaiknya anda mengetahui cara mengukur celana anda.

Sehingga anda mendapatkan ukuran yang presisi pada celananya. Hal itu menghindari kesalahan saat membeli celana. Selain itu sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli celana.

Berikut Ini Cara Menentukan Ukuran Celana

Untuk menentukan ukuran celana, anda juga bisa tanpa mencobanya. Berikut ini beberapa cara mengukur celana.

Gunakan Leher Untuk Mengukur Lingkar Pinggang

Sebelum anda membeli celana tanpa mencobanya, anda bisa perhatikan bagian lingkar pinggang. Anda bisa mengukur lingkar pinggangnya dengan memakaikan ke leher. Untuk melakukannya cukup mudah, anda bisa memegang kedua ujung bagian pinggang celana.

Baca Juga : Tas Ransel Wanita Import, Item Fashion yang Populer Saat Ini

Kemudian lilitkan bagian pinggang tersebut ke sekeliling leher. Seperti halnya anda memakai kalung. Apabila bagian tepi ikat pinggang bertemu satu sama lain, maka celana tersebut pas di pinggang anda.

Namun apabila saat melilitkan tumpang tindih, celana tersebut bisa diartikan oversized. Saat terlihat ada celah yang terlalu banyak, bisa diartikan celana tersebut tidak pas.

Gunakan Lengan Tangan

Cara menentukan ukuran celana bisa menggunakan lengan tangan anda. Cara melakukannya cukup mudah. Anda bisa tekuk lengan dan kepalkan telapak tangan. Lengan anda harus masuk dengan mudah ke dalam ikat pinggangnya. Tentunya yang sudah diresleting.

Cara ini hanya berhasil apabila anda mengenakan celana dengan ukuran pinggang standar. Namun apabila celana dengan pinggang tinggi, maka lengan anda tidak boleh masuk sepenuhnya. Mengenai ukuran celana high waist bisa lebih kecil.

Gunakan Bahu

Cara lain ini bisa anda lakukan untuk mengukur celana. Anda bisa mengukur pinggul dengan memakaikan ke bahunya. Caranya dengan mencari bagian pinggul celana terlebar.

Kemudian samakan dengan panjang bahu anda. Apabila anda menemukan ukuran baju sama dengan ukuran pinggul celananya, maka harusnya celana tersebut pas untuk digunakan.

Baca Juga : Hijab Arrafi Terbaru, Lengkapi Gaya Berbusana dengan Item Fashion Ini

Namun apabila ukuran pinggul sedikit lebih lebar dari bahu, maka itu akan sangat pas digunakan. Saat ukuran pinggulnya jauh lebih lebar dari bahu, kemungkinan celana tersebut akan longgar di pinggul. Cara tersebut untuk menentukan ukuran celana yang mudah anda lakukan.

Ukur Panjang Celana dengan Tangan

Untuk mengukur panjang celana, anda bisa merentangkan kedua tangan. Apabila bagian tengah celana sudah berada di bawah dagu, kemudian kedua ujung celana pas dijangkau, maka ukurannya sudah sesuai dengan panjang kaki anda. 

Mengukur Bagian Bawah Kaki

Cara untuk menentukan ukuran celana juga bisa mengukur bagian bawah kaki. Hal itu agar ukuran di bagian bawah kaki lebih nyaman. Selain itu, juga tidak terlalu sempit. Anda tentunya bisa memeriksa kelonggarannya dengan memakai kepalan tangan anda.

Caranya, masukkan kepalan tangan mulai pinggang ke sisi paling bawah celana. Apabila kepalan tangannya bisa masuk tanpa kebesaran atau kesempitan, maka ukuran tersebut sudah pasti pas untuk kaki anda.

Cara Untuk Mengukur Bagian Pinggang Atau Kaki

Berikut ini cara untuk mengukur bagian pinggang atau kaki dengan meteran. Sehingga mendapatkan ukuran celana yang sesuai.

Baca Juga : Celana Boyfriend Jeans dengan Perpaduan Berbagai Item Untuk Style Kekinian

Bagian Pinggang

Cara ini untuk menentukan ukuran celana bagian pinggang. Caranya dengan mengukur lingkar pinggangnya. Lingkarkan meteran seperti mengenakan sabuk.

Saat mengukur, usahakan jangan sangat ketat. Anda perlu memberikan kelonggaran setidaknya 2 jari. Tentunya sesuaikan kebutuhan supaya celana tetap nyaman.

Bagian Front Rise

Pada bagian bentang dari titik tengah atas kancing celana sampai ujung selangkangan. Jangan lupa memberikan kelonggaran dalam mengukur bagian ini.

Bagian Paha

Pada bagian bentang dari ujung selangkangan anda sampai tepi luar celana.

Bagian Lutut

Pada bagian lutut adalah bentang dari tepi dalamnya hingga tepi luar celana.

Bagian Bukaan Kaki

Pengukuran dari ujung tepi dalam ke ujung tepi luar pada bagian bukaan kaki anda. Kini anda bisa mengetahui cara menentukan ukuran celana. Anda bisa mengukur celana dengan tangan maupun menggunakan meteran. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah