Cara Mengatasi Kamar Berantakan, Cukup 10 Menit Saja

Cara Mengatasi Kamar Berantakan
Cara mengatasi kamar berantakan. Foto: Ist/Net

Ternyata kondisi ruangan juga bisa mempengaruhi mood, maka ketahuilah cara mengatasi kamar berantakan. Ruangan yang seperti kapal pecah cenderung membuat pikiran kacau, apalagi jika deadline semakin dekat. Oleh karena itu, pastikan ruangan tidurmu tetap rapi, ya!

Berikut ini adalah kiat untuk menjaga ruangan tetap rapi. Kamarmu adalah tempat pribadi yang sakral karena dapat mengisi ulang energi sekaligus mengistirahatkan pikiran. Ruangan yang tertata dengan baik akan membuatmu tetap berpikir positif.

Cara Mengatasi Kamar Berantakan, Atur Setiap Partisi

Bagilah kamar sesuai dengan fungsinya, jangan ada space yang terbuang percuma. Pisahkan dengan jelas bagian untuk tidur, meja rias, meja belajar, hingga tempat untuk menaruh barang. Jadi nantinya kamu tidak akan dandan di meja belajar atau belajar di tempat tidur.

Baca Juga: Gorden Rumah Minimalis Nyatanya Tidak Selalu Warna Netral Saja

Cobalah untuk lebih peka dengan kebutuhan sendiri. Jika kamu memiliki banyak tas selempang, maka kamu perlu sediakan tempat khusus untuk menggantungnya. Begitu pula untuk kamu yang memiliki banyak make up, maka meja rias dengan laci akan mencegah produk terkena debu.

Isi Ruang Kosong

Gunakan seluruh space sebagai cara mengatasi kamar berantakan. Bila ada sudut ruang yang tak punya fungsi jelas, kemungkinan akan jadi sasaran kemalasan (seperti tumpukan buku atau baju kotor). Membuat rak buku bisa membantu Anda memanfaatkan space kosong. Selain itu, koleksi buku bisa dijadikan dekorasi ruangan yang cantik.

Apabila sudut kamar memiliki pencahayaan yang baik, bisa kita jadikan tempat bercermin. Dengan memasang cermin seluruh badan, maka kamu bisa tersenyum puas dengan outfit yang dipakai.

Jika kamar ditempati oleh anak, maka sudut yang kosong bisa dijadikan tempat menyimpan mainan.

Sediakan Box Penyimpanan

Barang-barang yang tak terpakai juga harus diperhatikan. Bisa saja menghilang entah kemana saat kita membutuhkannya. Sehingga kamu perlu memiliki box penyimpanan sebagai cara mengatasi kamar berantakan.

Baca Juga: Cara Menata Dapur Kontrakan Sempit Tidak Rumit dan Berbelit-Belit

Bila perlu, miliki beberapa box untuk menyimpan barang-barang yang berbeda. Misalnya box untuk baju tak terpakai dan aksesoris yang sudah ketinggalan jaman. Jika dalam waktu 6 bulan kamu tidak memakainya, mungkin itu pertanda kamu memang tidak membutuhkannya.

Sediakan Tempat Sampah

Saat malas melanda, terkadang sampah bisa berserakan di kamar. Selain mengundang lalat, sampah-sampah bekas cemilan juga bisa jadi sarang bakteri! Maka dari itu, salah satu cara mengatasi kamar berantakan adalah menyiapkan tempat sampah kering di sudut kamar.

Usahakan tempat sampah ini tidak mencolok ya, seperti di pinggir meja belajar atau meja rias. Sehingga kertas-kertas bekas nantinya tinggal dibuang dan tidak membuat meja berantakan.

Baca Juga: Cara Menata Ruang TV Lesehan Mengajak Berkreasi Bersama Keluarga

Rapikan Kamar 10 Menit per Hari

Luangkan waktu 10 menit per hari untuk membereskan kamar. Setiap orang punya kesibukan yang berbeda, mungkin kamu tidak sempat membereskan ranjang jika buru-buru berangkat kerja. Maka waktu yang tepat adalah malam hari sebelum tidur supaya bisa bobo nyenyak dan mimpi indah.

Jika di kamar terdapat komputer dengan kabel yang mulai terseok-seok tak karuan, segera bereskan agar kamar tidak terlihat berantakan. Bekerja sama dengan tata letak, fungsi, dan bentuk dapat mengatasi kamar yang berantakan.

Yuk mulai sekarang pastikan ruang tidurmu selalu rapi dan bersih agar semakin nyaman ditempati. Kamar yang nyaman membantumu mendapatkan tidur berkualitas, menjaga kesehatan mental, dan menghindarkan diri dari penyakit. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu