Cara Mengatasi Perut Begah yang Paling Mudah Dilakukan

cara mengatasi perut begah
Begini cara mengatasi perut begah. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi perut begah sebenarnya tidak terlalu sulit. Pemahaman yang kurang terhadap gangguan ini menyebabkan penanganannya sering tidak manjur. Kondisi perut begah juga bisa kita cegah dengan beberapa langkah mudah.

Tahukah Anda seperti apa perut begah itu? Sebenarnya setiap orang seringkali mengalaminya, tetapi tidak paham jika itu adalah perut begah. Perlu Anda ketahui jika perut begah adalah kondisi saat perut terasa penuh dan sesak.

Biasanya gangguan ini akan Anda rasakan saat kekenyangan makan atau terlalu banyak minum. Dalam kondisi ini pastinya badan terasa tidak akan nyaman, sehingga butuh penanganan dengan cepat dan tepat.

Alternatif Cara Mengatasi Perut Begah

Dalam keadaan perut begah, melakukan berbagai aktivitas tentunya sangat merepotkan. Nah, maka dari itu penting sekali untuk mengetahui apa saja cara mengatasi perut begah sebagaimana ulasan berikut ini.

Baca Juga : Perut Terasa Penuh, Ternyata Ini Penyebab dan Gejalanya

Hindari Makan Terlalu Cepat

Buang jauh-jauh kebiasaan makan terlalu cepat karena dapat menyebabkan perut begah. Hal ini karena pada saat Anda makan terlalu cepat, udara yang masuk ke perut juga akan semakin banyak.

Maka dari itu lakukan kebiasaan makan yang baik dengan mengunyah makanan secara perlahan-lahan tanpa tergesa-gesa. Tak hanya menghindari perut begah, makan secara perlahan juga dapat memperlancar kinerja usus dalam mengolah makanan.

Coba saja anda bayangkan jika makanan yang tidak dikunyah hingga halus, organ pencernaan seperti usus akan sulit sekali untuk mengolahnya.

Kurangi Minuman Bersoda

Perlu Anda tahu bahwa mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan juga dapat menyebabkan perut begah. Dengan kata lain, cara mengatasi perut begah yang selanjutnya yaitu mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Alangkah lebih baik jika anda lebih banyak mengonsumsi air putih. Selain mengatasi perut begah, air putih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Hati-hati! Penyebab Perut Kembung Tak Hanya Akibat Masuk Angin

Air putih memang terkadang membuat kita tidak selera untuk meminumnya. Agar rasa tawarnya bisa tersamar, Anda bisa menambahkan beberapa irisan buah seperti mentimun atau jeruk lemon.

Selain akan mendapatkan manfaat dari air putih, minum ini juga membuat kita bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi buah tersebut.

Minum Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi perut begah yang paling mudah adalah dengan minum air putih. Pasalnya air putih ini dapat memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga perut begah dan perut kembung tidak akan pernah Anda rasakan.

Porsi minimal minum air putih yaitu 8 gelas dalam sehari. Selain terhindar dari perut begah, mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Apalagi banyak penyakit terjadi karena kekurangan air putih.

Hindari Konsumsi Banyak Garam

Makanan yang asin memang mampu meningkatkan selera makan. Padahal makanan yang terlalu asin tidak baik untuk konsumsi tubuh. Salah satu penyebab perut begah yaitu mengkonsumsi banyak garam.

Hal ini terjadi karena garam bisa menimbulkan retensi air yang berlebihan dalam tubuh. Dengan kata lain, banyaknya cadangan air yang tersimpan dalam tubuh bisa menyebabkan perut kembung atau begah.

Nah untuk cara mengatasi perut begah tentu saja bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Pasalnya makanan yang asin tidak hanya bisa menyebabkan perut begah namun juga banyak keburukannya.

Baca Juga : Aurel Hermansyah Idap Kista Ovarium, Kenali Gejala dan Perawatannya

Makanan asin antara lain dapat memicu datangnya berbagai penyakit seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Setidaknya dalam sehari pastikan anda hanya mengonsumsi garam sebanyak satu sendok teh saja.

Hindari Makanan Tertentu

Langkah yang paling mudah untuk mengatasi gangguan perut ini adalah dengan menghindari makanan tertentu. Pasalnya ada beberapa makanan yang memang dapat menyebabkan gangguan ini.

Salah satu makanan yang memungkinkan menyebabkan perut begah yaitu permen karet. Saat kita mengunyah permen karet, anda akan menelan banyak udara sehingga masuk ke dalam perut.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait apa saja makanan yang harus anda hindari agar tidak merasakan perut begah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya setiap orang terkadang memiliki cara yang berbeda untuk mencegah perut begah

Demikianlah beberapa pilihan cara mengatasi perut begah yang mudah dan bisa anda praktekkan. Dengan menghindari atau mengurangi jumlah konsumsi sejumlah makanan pantangan ini akan berguna mencegah perut mengalami begah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah