Cara Mengatasi Rasa Malas, Jauhi Bantal yang Posesif

Cara Mengatasi Rasa Malas
Cara mengatasi rasa malas, jauhi bantal yang posesif. Foto: Ist/Net

Mencari cara mengatasi rasa malas? Kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda lebih produktif dan mencapai target. Terkadang kita hanya perlu menyingkirkan beberapa alasan kecil untuk bekerja lebih giat, atau belajar tekun.

Bersantai sesekali boleh saja, tapi jika kelewat santai? Lama-lama malah bisa mengganggu karir, bahkan beberapa orang mengaku bahwa ‘kaum rebahan’ sangat berkaitan erat dengan cemilan.

Baca Juga: Rambut Beruban Lebih Cepat, Kenali Beberapa Faktor Pemicunya!

Rebahan dan ngemil ibarat kombo menaikkan berat badan, yang kemudian berkontribusi pada gangguan kesehatan tubuh.

Jenis Kemalasan dan Cara Mengatasi Malas

Ada beberapa jenis malas yang biasanya orang rasakan, berikut penjelasannya sekaligus cara agar kembali bersemangat.

Malas Karena Kelelahan Fisik

Ada beberapa jenis rasa malas, dan kelelahan fisik adalah yang paling umum. Biasanya disebabkan oleh hari-hari yang sibuk bekerja, sekolah, kuliah, dan lain-lain. Akan ada satu titik saat Anda merasakan malas karena lelah fisik.

Jika Anda merasakan malas sekaligus sakit kepala, nyeri otot, nafsu makan kurang dan lelah berkepanjangan maka tak ada cara mengatasi rasa malas selain cuti atau istirahat sejenak. Biarkan tubuh Anda mengisi kembali tenaga dengan tidur.

Idealnya, bekerja tak boleh lebih dari 8 jam per hari. Jika terus dipaksakan maka tak hanya lelah fisik, tapi kejenuhan juga mulai datang.

Baca Juga: Minum Kopi Malah Ngantuk, Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Malas Karena Depresi

Perasaan malas ini terasa dalam dan intens. Bahkan malas karena depresi bisa terjadi tanpa alasan, dan disertai rasa sedih. Beberapa orang berpendapat bahwa sumber kemalasan karena depresi terjadi karena kurangnya motivasi.

Jika Anda merasakan situasi ini, cara mengatasi rasa malas adalah dengan menghubungi ahli kesehatan mental. Depresi bisa sembuh jika Anda bersungguh-sungguh. Berkonsultasilah pada ahlinya sebelum kondisi semakin rumit.

Saat ini telah tersedia aplikasi kesehatan mental yang menyediakan fasilitas konsultasi via chat dengan psikolog dan psikiater bersertifikat. Manfaat teknologi tersebut jika tidak memungkinkan untuk datang ke tempat praktek.

Malas Akibat Cuaca

Tidak sedikit orang akan merasa malas karena cuaca. Seperti di Indonesia misalnya, ketika sedang musim hujan, orang-orang cenderung malas untuk keluar rumah. Cuaca yang mendung dan sering turun hujan membuat orang malas bepergian.

Baca Juga: Aroma Parfum Sesuai Zodiak, Maksimalkan Karakteristik Anda

Walaupun sulit, kegiatan tetap harus berjalan. Pekerjaan Anda menunggu dan sekolah tidak selamanya libur. Mengenakan pakaian tebal dapat membuat Anda tetap hangat ketika berada di luar ruangan.

Cara mengatasi rasa malas karena cuaca juga bisa dilakukan dengan membuat makanan atau minuman hangat. Secangkir kopi di pagi hari dapat membuat Anda lebih bersemangat untuk memulai aktifitas.

Malas Karena Cerdas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang cerdas cenderung malas. Orang-orang malas di golongan ini memiliki banyak ide kreatif untuk dikembangkan, namun tak tahu harus mulai dari mana. Namun, orang cerdas tidak akan membuang waktunya untuk hal yang sia-sia.

Jika Anda merasa ada banyak ide-ide yang menunggu untuk dikembangkan, tak ada salahnya memulai dengan langkah kecil. Buat target-target jangka pendek yang bisa Anda penuhi setiap minggunya, cara mengatasi rasa malas ini cukup efektif mengubah hidup Anda.

Yuk saatnya kejar kembali mimpimu, jangan sia-siakan waktu yang terbuang! Semakin cepat kamu memulai, maka pekerjaan jadi lebih mudah selesai. Anda pun mendapat waktu ekstra untuk bersama keluarga. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu