Cara Mengecek Akun ShopBack yang Dilaporkan Alami Kebocoran Data

Mengecek Akun
Cara mengecek akun ShopBack yang dilaporkan alami kebocoran data. Foto: Net/Ist.

Cara mengecek akun ShopBack bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah akun Anda bocor atau tidak. Pasalnya, baru-baru ini sebuah situs bernama Have I Been Pwned sebagai pengungkap kebocoran data, membagikan informasi mengenai adanya kebocoran data baru.

Kasus kebocoran data kali ini terjadi pada aplikasi ShopBack. Total kebocoran datanya hingga mencapai 20 jutaan akun.

Lewat unggahan Twitter hari Senin 26 April 2021 menyebutkan bahwa, kebocoran data tersebut terjadi pada bulan September 2020. Diketahui data akun ShopBack yang mengalami kebocoran meliputi nama pemilik akun, negara dan tempat tinggal, nomor telepon, hingga kata sandi.

Menurut situs Have I Been Pwned, data yang bocor sudah ada sebanyak 20.529.819 akun. Tetapi data yang masuk baru sekitar 60 persen.

Baca Juga : Mengintip Data Domain, Ini Tools Rahasianya!

Begini Cara Mengecek Akun ShopBack Bocor atau Tidak

Apabila Anda pengguna ShopBack dan ingin memastikan data Anda aman atau bocor, pastikan mengecek terlebih dahulu akun email Anda. Hal ini untuk membuktikan apakah data akun ShopBack Anda termasuk dalam data 20 juta orang yang bocor atau tidak.

Adapun cara untuk mengeceknya sebagai berikut:

1. Buka situs HaveIBeenPwned.com

2. Kemudian masukan email Anda pada kolom tersebut

3. Setelah itu situs tersebut akan menampilkan email Anda apakah pernah dibocorkan atau tidak.

Kalau data pengguna akun ShopBack tidak bocor, maka situs tersebut akan menampilkan tanda warna biru dalam kolom status. Namun sebaliknya, bila data email Anda ternyata bocor, maka situs tersebut akan memberitahunya dengan tanda berwarna merah dalam kolom status.

Cara mengecek akun ShopBack melalui situs tersebut juga akan menampilkan data yang beragam. Dari mulai alamat email, nama lengkap, lokasi negara, nomor telepon, hingga password.

Baca Juga : Aplikasi Go SMS Pro, Waspadai Kerentanan Pencurian Data Pengguna

Ganti Password Akun

Apabila akun pengguna termasuk ke dalam daftar 20 juta akun yang bocor, maka situs tersebut menyarankan agar pengguna mengaktifkan two factor authentication atau mengganti password akunnya.

Sampai saat ini, situs pengungkap kebocoran data, Have I Been Pwned sudah diakses lebih dari 11 miliar akun para pengguna ShopBack.

Tak hanya ShopBack, situs tersebut juga menampilkan sejumlah web yang sebelumnya pernah mengalami kasus serupa, seperti Tokopedia, Facebook, dan Wattpad.

ShopBack sendiri merupakan salah satu platform agar bisa mendapatkan cashback setelah berbelanja pada e-commerce yang telah terdaftar dalam ShopBack.

Saat ini aplikasi Shopback menjadi salah satu aplikasi terpopuler dalam Google Play Store untuk kategori belanja online. Bahkan, hingga kini aplikasi tersebut telah terunduh 10 juta kali lebih.

Adapun cashback yang bisa pengguna dapatkan dari aplikasi ShopBack ini cukup beragam, mulai kurang dari 1 persen sampai 30 persen. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Berita ini sudah tayang di suara.com dengan judul Lebih dari 20 Juta Akun ShopBack Dilaporkan Bocor, Ini Cara Ceknya